http://sb.ipb.ac.id

Logo_ipb
Home » Prosedur Pendaftaran

Panduan

Untuk Pendaftaran mahasiswa Sarjana Bisnis IPB (S1) dapat dilihat di website http://admisi.ipb.ac.id
 
Pendaftaran calon peserta (calon mahasiswa) di Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (MB-IPB) dapat dilakukan secara online maupun secara offline. Penerimaan mahasiswa dibuka sepanjang tahun namun periode tes penerimaan dibuka pada periode-periode tertentu. Jadwal dapat dilihat pada menu periode pendaftaran.

Proses dan panduan setiap tahapan pada pendaftaran online akan dijelaskan sebagai berikut:

Akses Menu Pendaftaran Online

Calon peserta yang hendak mendaftar secara online sebagai mahasiswa/peserta pada Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor bisa langsung mengisi formulir yang diakses melalui menu Pendaftaran Online di situs web MB-IPB.  Sebelum mengisi formulir, Calon Peserta sebaiknya sudah mengetahui pilihan kelas yang hendak diikuti. Apabila belum mengetahui pilihan kelas yang hendak dituju silakan akses menu program MM atau DMB atau silahkan meminta informasi yang dibutuhkan di sini.

Setelah melakukan Pendaftaran Online, Anda akan menerima email berisi data-data Anda yang sudah Anda kirimkan kepada kami sebagai konfirmasi disertai pula dengan tambahan informasi berupa biaya pendaftaran, biaya tes seleksi penerimaan calon peserta dan cara melakukan pembayaran. Selain itu, Anda akan menerima sebuah kode pendaftaran yang disebut ID TICKET. Simpan baik-baik email ini dan ID TICKET milik Anda.

Akses Menu Konfirmasi Pembayaran

Setelah pembayaran biaya Anda lakukan melalui Bank yang ditunjuk, Anda harus memberitahukannya kepada kami. Proses pemberitahuan ini dapat dilakukan dengan mengakses menu Konfirmasi Pembayaran pada website ini atau dengan mengklik link yang kami sediakan di email yang Anda terima.

Apabila Anda melakukan konfirmasi tidak dengan mengklik link yang tersedia pada email, maka dalam proses konfirmasi pembayaran ini, Anda akan ditanya kepemilikan Anda atas ID TICKET. Pilih jawaban "Yes" kemudian masukkan ID TICKET yang sudah Anda miliki.  Pilihan "No" hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin melakukan pendaftaran online bersamaan dengan Konfirmasi Pembayaran dan sebelumnya belum pernah mendapatkan ID TICKET. Anda akan memperoleh ID TICKET apabila Anda sebelumnya telah lebih dahulu mendaftar secara online melalui menu "Pendaftaran Online".

Setelah selesai mengikuti tahapan konfirmasi dengan mengisi semua kolom isian yang dibutuhkan termasuk Metode Pembayaran, Nomor Rekening Pengirim, Jumlah yang Dibayar, Tanggal Pembayaran, serta menyertakan tanda bukti setor; Anda akan menerima email konfirmasi bahwa data Konfirmasi Pembayaran Anda telah masuk ke dalam sistem kami.

Lakukan Login ke Dalam Sistem

Setelah konfirmasi pembayaran, maka dalam 1 atau 2 hari kemudian, kami akan mengirimkan USERNAME dan PASSWORD ke alamat email Anda apabila memang data konfirmasi pembayaran yang Anda laporkan benar.

Melalui link yang kami berikan dalam email tersebut atau melalui link login, Anda dapat melakukan login dengan memasukkan USERNAME dan PASSWORD yang telah diberikan pada email Anda tersebut, untuk kemudian mengisi Formulir Resmi Calon Peserta Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB sesuai dengan program yang telah dipilih.

Isi secara lengkap Formulir Resmi Calon Peserta tersbut beserta file-file kelengkapan yang diperlukan.  Setelah lengkap, Anda harus mencetaknya melalui tombol "Print" yang telah tersedia di halaman pengisian Formulir tersebut.  Setelah Anda bubuhi tanda tangan Anda, Anda harus membawanya secara langsung ke Panitian Penerimaan Calon Peserta, pada Divisi Pemasaran MB-IPB.