beranda » dmb » Mail5 pdf word print Bookmark and Share

Doktor Manajemen Bisnis

Program Doktor Manajemen Bisnis merupakan program yang berlandaskan penelitian dan pengembangan aspek-aspek manajemen, dengan tujuan meningkatkan kapasitas manajerial sekaligus memberikan kontribusi asli bagi praksis dan/atau ilmu manajemen. Program tersebut pada satu sisi mengandung ciri tradisional program doktor, yang antara lain mencakup kokoh dalam penguasaan teori dan konsep serta akurat dalam berfikir dan menganalisis. Pada sisi lain, Program Doktor Manajemen Bisnis juga menekankan pentingnya penerapan teori dan hasil analisis tersebut guna memecahkan masalah-masalah praktis yang dihadapi dunia bisnis.

Tujuan Program Doktor Manajemen Bisnis ialah:

  • Menyediakan kesempatan belajar pada jenjang doktoral dalam bidang manajemen dan bisnis bagi peminat yang memiliki pengalaman dan kualifikasi yang sesuai.
  • Membekali peserta dengan pengetahuan teori yang luas dan bersifat interdisiplin, yang relevan dengan aspek-aspek manajemen dan bisnis kontemporer, baik pada sektor swasta maupun sektor publik.
  • Merangsang peserta agar secara inovatif dan kreatif berespons terhadap tantangan-tantangan bisnis.
  • Mengarahkan peserta agar lebih memperhatikan strategi jangka panjang yang berkelanjutan daripada semata-mata mengambil keputusan jangka pendek yang bersifat ad-hoc.
  • Mendidik peserta agar mampu menerapkan metode ilmiah guna memecahkan masalah-masalah manajemen dan bisnis, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada kelompoknya, kelompok yang lebih luas, maupun masyarakat.
  • Mengkaitkan secara langsung pendidikan formal yang ditempuh peserta dengan pengalaman yang diperolehnya di tempat kerjanya.
 
Akreditasi
Program Doktor Manajemen Bisnis, SB-IPB memperoleh akreditasi A dari BAN PT dengan nomor 008/BAN-PT/Ak-XI/S3/VII/2012