beranda » haabipb » profil Mail5 pdf word print Bookmark and Share
HIMPUNAN ALUMNI SEKOAH BISNIS IPB
(HA SBIPB) 
 
Pada awal mulanya Sekolah Bisnis IPB bernama Magister Manajemen Agrisbisnis IPB atau biasa disingkat MMA-IPB. MMA-IPB memiliki Lembaga Kealumnian yang bernama Ikatan Alumni Magister Manajemen Agribisnis (IAMMA) yang mewadahi alumni Program Magister. Transformasi MMA-IPB pada tahun 2005 menjadi Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis (MB-IPB) memperluas portofolio program yang diselenggarakan yaitu tidak saja Program Magister tetapi juga Program Doktor. Namun demikian, lembaga kealumnian IAMMA hingga saat ini dirasa belum menjadi organisasi yang mampu merangkul alumni MB-IPB, khususnya untuk alumni Program Doktor.
 
Peningkatan tuntutan internal MB-IPB dan IPB serta tantangan yang semakin besar dari lingkungan eksternal, menjadikan IPB melalui SK Rektor No. 5/IT3/OT/2015 merubah MB-IPB menjadi Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB). SB-IPB mendapatkan mandat untuk menyelenggarakan program multi strata yaitu S1 Sarjana Bisnis, S2 Magister Bisnis dan S3 Doktor Bisnis. SB-IPB berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, sehingga menghasilkan para alumni yang berkualitas baik dari segi akademik maupun non-akademik.
 
Perkembangan jumlah alumni SB-IPB yang begitu pesat harus didukung dengan sebuah lembaga kealumnian yang mampu mempererat tali silaturahmi semua alumni dari berbagai strata pendidikan, mampu mendayagunakan alumni SB-IPB untuk memberikan sumbangsih alumni bagi institusi dan bangsa, serta mampu menggerakkan alumni dalam jejaring yang kuat dan menjadi wadah penyaluran daya cipta dan karsa para alumni SB-IPB.
 
Didasarkan atas latar belakang tersebut menjadikan SB-IPB bersama para alumni memprakarsai pada tanggal 31 Oktober 2015 untuk membentuk sebuah lembaga kealumnian SB-IPB yang mewadahi alumni SB-IPB dari mulai S1 hingga S3 dan dilajutkan dengan agenda Pra Musyawarah Nasional (Pra MUNAS) pada tanggal 28 Februari 2016. Adapun proses pembentukkan lembaga kealumnian ini diwujudkan dalam Musyawarah Nasional (MUNAS) Pertama SB-IPB pada tanggal 21 Mei 2016, bertempat di IPB International Convention Center (IICC), Bogor.