Frequently Asked Question (FAQ) 

Beberapa pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan yang berhubungan dengan Sarjana, Magister, dan Doktor

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Sarjana
FAQ SARJANA BISNIS
Q : Sekolah Bisnis IPB itu dimana?Apakah itu di Darmaga juga?
A : SB-IPB bertempat di Gedung SB-IPB, Jl. Raya Pajajaran Bogor, bukan di Darmaga.
Q : Lho…bukannya itu kampus Manajemen dan Bisnis IPB (MB-IPB)?
A : Ya, SB-IPB merupakan elevasi dari MB-IPB yang sebelumnya menyelenggarakan Program Magister Manajemen (MM) dan Doktor Manajemen dan Bisnis (DMB). Dengan dijadikannya MB-IPB menjadi SB-IPB yang fokus pada bidang ilmu bisnis, maka SB-IPB sejak tahun 2015 ini menyelenggarakan program multi strata yaitu S1, S2 dan S3 dalam bidang bisnis. Sarjana Bisnis, Magister Bisnis dan Doktor Bisnis.
Q : Apa beda Program Studi Sarjana Bisnis dengan program studi yang sudah ada di IPB ?
A : Yang pertama beda adalah rumpun ilmunya. Rumpun ilmu SB-IPB adalah bisnis, fokusnya pada bidang bisnis yang bersifat practical approach. Kedua, metode pengajaran SB-IPB didasarkan atas perspektif teori yang diperkaya dengan penyelesaian masalah dan studi kasus, orientasi solusi, implikasi manajerial dan berorientasi knowledge. Ketiga aspek kesejarahan, awalnya SB-IPB adalah Program Magister Manajemen Agribisnis yang didirikan pada tahun 1991 yang menyelenggarakan satu Program S2 yang disebut Magister Manajemen Agribisnis IPB (MMA-IPB). Lalu pada tahun 2005, MMA-IPB dielevasi menjadi MB-IPB yang menyelenggarakan MM dan DMB. Lalu melihat kompetensi internal IPB dan peluang ekternal di masyarakat, maka IPB mengelevasi MB-IPB menjadi SB-IPB. Keempat, learning outcomesnya, dst. Intinya, masing-masing program di IPB memiliki keunggulan dalam bidangnya. Demikian juga dengan SB-IPB.
Q : Akreditasinya bagaimana?
A : Kita mulai dari program yang sudah berjalan baik dulu ya… Program MM sejak pertama kali didirikan hingga saat ini selalu mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, demikian juga dengan Program DMB yang juga tidak kalah keren. Akreditasinya A juga.  Selain itu..SB-IPB juga sudah terakreditasi internasional oleh ABEST21. Kalau S1nya, begitu kita selenggarakan maka sebelum meluluskan para sarjana terbaiknya, S1 Bisnis akan segera diakreditasi seperti dua program SB-IPB lainnya. SB-IPB juga tersertifikasi ISO 9001:2008. Hal ini merupakan komitmen organisasi dalam penjaminan mutu juga. Sekolah Bisnis menduduki rengking pertama pada pemeringkatan webometric?. Berdasarkan pemeringkatan webometrics 2014 untuk kategori sekolah bisnis, kami mendapatkan peringkat pertama di CIVETS (Columbia, Indonesia, Vietnam, Egypt, Turky and South Africa), peringkat ke-2 di Asia Tenggara, peringkat ke-6 Asia dan peringkat ke-50 dunia.
Q : Informasi lebih lanjut lagi tentang SB-IPB kemana ya?
A : silahkan..bisa berkunjung langsung ke kampus SB-IPB di Jl. Raya Pajajaran Bogor. Divisi Pemasaran kami siap memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan, atau jika belum sempat mampir bisa juga menghubungi Telp 0251-8313813, berkunjung ke website SB-IPB di www.sb.ipb.ac.id,
Q : Apa bedanya Prodi Sarjana Bisnis dengan Prodi Manajemen?
A : Bedanya banyak..dimulai dari rumpun ilmunya..SB-IPB rumpun ilmunya adalah bisnis, sedangkan manajemen rumpun ilmunya sosial (ini bisa cek di UU No 12 tahun 2012, ada pembahasan ttg rumpun ilmu), organisasinya juga beda antara SB-IPB dan Manajemen. Manajemen berada di bawah Fakultas Ekonomi Manajemen, sedangkan Sarjana Bisnis berada di bawah Sekolah Bisnis. Fokus keilmuan methods of delivery dan nantinya gelarnya juga beda. Berdasarkan ketentuan terbaru Prodi Manajemen gelar untuk sarjananya adalah Sarjana Manajemen, sedangkan untuk SB-IPB gelar sarjananya adalah Sarjana Bisnis.
Q : Bagaimana peluang kerja untuk lulusan Sarjana Bisnis?
A : Dari hasil pembelajaran di Sarjana BIsnis, lulusan Sarjana BIsnis diharapkan memiliki 4 kriteria berikut. 1) sociopreneurship sebagai agen pemberdaya masyarakat, 2) edupreneurship sebagai agen pendidikan masyarakat, 3) intrapreneurship sebagai profesional bisnis di perusahaan swasta/negara dan 4) business entrepreneurship yaitu operasional bisnis yang memiliki keahlian membuat bisnis dan melakukan inovasi bisnis. Dengan empat kriteria yang dimiliki lulusan Sarjana BIsnis pastinya terbayang dong berbagai peluang kerja yang mungkin diraih oleh lulusan Sarjana Bisnis.
Q : Pendaftarannya lewat snmptn&sbmptn atau ada jalur sendiri?
A : untuk pendaftaran Sarjana Bisnis bisa melalui SNMPTN, SBMPTN, UTMI dan berbagai jalur yang ada di IPB. Sama seperti seluruh program yang ada.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Magister
FAQ Magister Manajemen Bisnis
Q : Apakah sajakah persyaratan menjadi mahasiswa di Magister Manajemen-Institut Pertanian Bogor (MM-IPB)?
A : Secara prinsip persyaratan pendaftaran bagi calon peserta Magister Manajemen (MM)adalah lulus S1 dan mengikuti tes penerimaan.  Adapun persyaratan teknis dapat dilihat pada informasi pendaftaran MM-IPB.
Q : Apakah MM-IPB menerima mahasiswa dengan gelar kesarjanaan S1 dari jurusan non ekonomi?
A : Program MM-IPB pada Sekolah Bisnis – IPB dapat menerima calon mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, hal ini dikarenakan manajemen dan bisnis dikatagorikan ke dalam multi disiplin ilmu.  Oleh karena itu, untuk memberikan dasar-dasar ilmu dan penyamaan persepsi, sebelum masuk pada perkuliahaan harus mengikuti terlebih dahulu program matrikulasi.
Q : Apakah periode penerimaan mahasiswa MM-IPB lebih dari sekali dalam satu tahun?
A : Ya.  Dalam setahun program MM-IPB membuka 2 kali penerimaan mahasiswa untuk kelas pagi maupun kelas sore, yaitu setiap periode Juni  dan November.  Adapun tes penerimaan baik untuk diselenggarakan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April  dan September setiap tahunnya. Lebih rincinya dapat dilihat pada kalender akademik MM-IPB.
Q : Berapakah biaya studi program MM-IPB hingga lulus?
A : Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti program MM-IPB tergantung dari kelas mana yang dipilih. Untuk kelas pagi biaya perkuliahan sebesar Rp. 70.000.000,-, sedang untuk kelas sore sebesar Rp. 90.000.000,-. Biaya tersebut bisa dibayarkan per semester atau per triwulan. Biaya tersebut berlaku mulai dari Matrikulasi sampai dengan lulus,
Q : Berapa lama pendidikan di MM dapat diselesaikan?
A : Untuk kelas pagi dapat diselesaikan antara 18 – 27 bulan, dengan rincian 3 bulan matrikulasi, 12 bulan (2 semester) perkuliahaan, penyelesaian tesis  12 bln.  Sedangkan untuk kelas sore dapat diselesaikan antara 21 – 30 bulan, dengan rincian  3 bulan matrikulasi, 18 bulan (3 semester) perkuliahaan, penyelesaian tesis 12 bln.
Q : Apakah Sekolah Bisnis-IPB memiliki Kantor Perwakilan di Jakarta?
A : Saat ini kami belum memiliki  kantor perwakilan di Jakarta
Q : Apabila saya pertama mengambil Program MM kelas pagi kemudian ingin berpindah ke kelas sore apakah bisa? Kalau bisa bagaimana prosedur pembayarannya?
A : Bisa, prosedur biaya diawal perkuliahan mengikuti biaya untuk kelas pagi, pada saat pindah ke kelas sore biaya mengikuti biaya untuk kelas sore.
Q : Untuk kelas sore, apakah ada kelas yang diadakan khusus hari sabtu saja?
A : Kelas sore terbagi dua kelas perkuliahan: Kelas Sore Bogor diselenggarakan setiap hari Senin s/d Kamis pukul 18.30 – 22.00 WIB di Gedung SB-IPB, Jl.Raya Pajajaran-Bogor, sedang Kelas Sore Jakarta diselenggarakan sore hari pukul 18.30 – 22.00 WIB pada hari Kamis dan Jum’at di Gedung YTKI, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan dan hari Sabtu pukul 08.00-16.15 Wib di Gedung SB-IPB Bogor.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Doktor
FAQ Doktor Manajemen Bisnis
Q : Apakah sajakah persyaratan menjadi mahasiswa di Program Doktor Manajemen Bisni s – Institut Pertanian Bogor (DMB-IPB)?
A : Adapun untuk program DMB-IPB, calon peserta harus lulusan S2 dan selanjutnya mengiikuti tes penerimaan. Persyaratan lainnya dapat dilihat pada informasi pendaftaran DMB-IPB.
Q : Apakah DMB-IPB menerima mahasiswa dengan gelar kesarjanaan S1 dan S2 dari jurusan non ekonomi?
A : Program DMB-IPB pada Sekolah Bisnis – IPB  dapat menerima calon mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, hal ini dikarenakan manajemen dan bisnis dikatagorikan kedalam multi disiplin ilmu.  Oleh karena itu, untuk memberikan dasar-dasar ilmu dan penyamaan persepsi, sebelum masuk pada perkuliahaan harus mengikuti terlebih dahulu Pre Doctoral Course..
Q : Apakah periode penerimaan mahasiswa DMB-IPB lebih dari sekali dalam satu tahun?
A : Untuk penerimaan Program DMB-IPB dilakukan dua kali dalam setahun dimana kelas baru dimulai pada bulan November .  Adapun untuk Seleksi Penerimaannya dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu setiap periode April dan September. Lebih rincinya dapat dilihat pada kalender akademik DMB.
Q : Berapakah biaya studi Program DMB-IPB hingga lulus?
A : Total Biaya pendidikan Program DMB-IPB adalah Rp 185 juta atau per semester Rp. 46.250.000,- per semester (dibayarkan sampai dengan semester ke-4).
Q : Bagaimana dengan lama pendidikan di Program DMB-IPB ?
A : Program DMB dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun, dengan perincian 3 bulan pre doctoral course, 18 bulan perkuliahan ( 3 semester) dan penelitian selama 18 bulan (3 semeste).
Q : Bagaimana Proses seleksi untuk Program Doktor Manajemen Bisnis – IPB?
A : Proses seleksi di bagi atas dua tahap:  Seleksi Berkas (semua berkas persyaratan akan direkap), lalu Tahap Wawancara (hasil rekap persyaratan akan di berikan kepada tim wawancara dan akan menjadi bahan pada saat seleksi wawancara)