MATRIKULASI
- Matematika dan Statistika Terapan
Mata kuliah Matematika dan Statistika Terapan (MST) bertujuan : 1) memberikan penyegaran bagi mahasiswa yang telah pernah mendapatkan pelajaran dasar-dasar matematika dan statistika terapan, 2) memberikan pengetahuan dasar untuk mengetahui mata ajaran Metode Kuantitatif untuk Manajemen, serta 3) memberikan landasan untuk menggunakan matematika dan statistika terapan sebagai analisis dalam masalah-masalah manajemen dan bisnis. Mata kuliah ini mencakup dasar-dasar teori, konsep, dan prosedur matematika dan statistika yang diperlukan sebagai landasan untuk mempelajari dan menggunakan metode kuantitatif untuk manajemen.
- Teori Ekonomi
Mata kuliah Teori Ekonomi (TE) bertujuan membekali kemampuan dasar mengenai teori ekonomi kepada mahasiswa, yang mencakup teori ekonomi mikro dan ekonomi makro. Teori ekonomi mikro membahas mengenai Perilaku permintaan dan penawaran, Mekanisme pembentukan harga dalam pasar, sedangkan teori ekonomi makro membahas mengenai Peranan pemerintah dalam mekanisme pasar, Keseimbangan ekonomi dan pendapatan nasional serta perubahannya, dan Kebijaksanaan pemerintah di bidang ekonomi.
- Sistem Biobisnis
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan dasar tentang bisnis dan industri berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika secara holistik dan terintegrasi. Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian, ruang lingkup, potensi dan permasalahan bisnis, elemen-elemen dan lembaga-lembaga pendukung bisnis maupun kunci sukses dalam mengelola bisnis. Mahasiswa juga akan diperkenalkan tentang pengetahuan produk dalam memahami lingkungan bisnis atau industri yang dinamik.
- Fundamental of E-Bisnis
Fundamental E-Business memberikan pemahaman mengenai Prinsip dasar dan konsep sistem informasi manajemen, Peranan sistem informasi dalam manajemen dan bisnis, Teknologi sistem informasi, Aplikasi suatu sistem informasi manajemen, Pengembangan dan rekayasa sistem informasi, Sistem manajemen basis data, serta Pengelolaan sumberdaya informasi.
MATAKULIAH SEMESTER
- Metode Kuantitatif untuk Bisnis
- Ekonomi Manajerial dan Strategi Bisnis
Mata kuliah membahas aplikasi teori dan alat-alat analisis ekonomi mikro dalam pengambilan keputusan majarial di bidang ekonomi dan bisnis, sehingga organisasi bisnis dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.
- Inovasi dan Kewirausahaan
Matakuliah Inovasi dan Entrepreneurship bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap kepada mahasiswa mengenai proses inovasi dan elemen penting yang terlibat, memberikan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses inovasi, serta cara di mana faktor-faktor ini berinteraksi dan bentuk hasil prosesnya serta menumbuhkan motivasi berusaha sebagai langkah awal menjadi wirausaha baru ke depannya. Hal ini membuat lebih mudah untuk memahami bagaimana proyek bisnis dapat terwujud dengan sukses. Beberapa elemen penting yang membentuk bagian sentral dari mata kuliah ini adalah teori inovasi, organisasi kepemimpinan, strategi serta manajemen pengetahuan. Mahasiswa juga dapat memperoleh wawasan pembiayaan, pemasaran legislasi, dan teknologi. Di akhir perkuliahan, mahasiswa ditugaskan untuk menyusun business plan yang inovatif dan layak ditujukan pada pengembangan bisnis praktis.
- Pemasaran Strategik
Pemasaran strategik memberikan pengetahuan dan keahlian manajerial yang berkaitan dengan aspek prosedural dan substantif manajemen pemasaran, mempertajam keahlian dalam berpikir analitis dan kritis, serta meningkatkan ketrampilan komunikasi yang efektif, melatih kemampuan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, analisis, membuat alternatif dan merekomendasikan pemecahan masalah. Secara spesifik MP membahas mengenai : Konsep manajemen pemasaran, Lingkungan pemasaran, Riset pemasaran, Strategi dan taktik pemasaran, Nilai-nilai pemasaran, Formulasi strategi dan implementasi, Manajemen penjualan dan tenaga penjual, Pemasaran jasa, serta Strategi seleksi dan portofolio.
- Manajemen Finansial
Manajemen Finansial (MF) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang hubungan antara investasi, pembelanjaan, kebijaksanaan deviden terhadap tujuan perusahaan serta memberikan pemahaman tentang berbagai teknik analisis di dalam penyelesaian masalah-masalah yang berhubungan dengan manajemen keuangan. Matakuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar yang difokuskan pada lingkungan ekonomi (termasuk pasar uang), resiko, proses penilaian. Selain itu dibahas pula tentang teknik-teknik khusus dalam pengambilan keputusan untuk memaksimumkan nilai investasi perusahaan.
- Manajemen Strategik
Manajemen Strategik (MS) bertujuan untuk : 1) memberikan kemampuan mengenali isu strategik di dalam organisasi bisnis/perusahaan, 2) mampu melakukan analisis dan memformulasikan strategi sesuai dengan tuntutan lingkungan, serta 3) mampu mengenali faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan strategi serta menciptakan iklim organisasi yang tanggap terhadap perubahan.
- Metode Riset Bisnis
Mata Kuliah ini dirancang untuk mempersiapkan peserta melakukan tugas akhir dalam bentuk penelitian untuk menulis Tesis. Untuk itu, kuliah diawali dengan prosedur dan proses penyelesaian tugas akhir di SB-IPB dan pemilihan dosen pembimbing. Setelah itu, peserta dibekali dengan proses pelaksanaan riset yang baik dan benar mulai dari pengertian riset sampai teknis melakukan riset di lapangan. Selain itu, peserta juga dibekali dengan teknik mengkomunikasikan hasil risetnya kepada orang lain. Seluruh proses tersebut dilatih dengan keharusan peserta membentuk kelompok yang ditugaskan untuk menulis proposal penelitian secara riil dan menyajikannya di hadapan peserta lainnya.
- Komunikasi Bisnis dan Diplomasi Korporat
Komunikasi Bisnis dan Diplomasi Korporat (KBDK) dirancang untuk memberikan pemahaman teori dan kemampuan bagi para mahasiswa bagaimana berkomunikasi secara efektif dan meningkatkan kompetensi individu maupun bagian dari anggota suatu organisasi bisnis. Pengetahuan dan keahlian yang diperoleh dari mata kuliah ini membantu para mahasiswa dalam mencapai performa puncak dalam karirnya di masa mendatang. Mata kuliah ini juga membahas beberapa praktek dan kemampuan dasar untuk berhubungan antar individu maupun kelompok seperti bagaimana memahami bekerja dengan orang lain maupun bekerja di dalam tim. Dibahas juga beberapa materi penting mengenai Pengantar kemampuan komunikasi secara efektif dan mempersiapkan komunikasi bisnis yang efektif, Kemampuan komunikasi antar individu, serta Kemampuan menulis untuk bisnis dan diplomasi perusahaan.
- Hukum dan Etika Bisnis
Hukum dan Etika Bisnis (EB) bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai konsep dan teori tentang hukum dan etika yang berkaitan langsung terhadap bisnis, karena pemahaman terhadap sendi-sendi hukum dan etika bagi seorang pelaku bisnis sangat penting sebagai pedoman dalam membuat keputusan. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pendekatan interdisipliner dengan penekanan pada dua topik utama, yaitu hukum dan etika bisnis serta tanggung jawab social (social responsibility). Di samping itu, kebijakan dan isyu terpilih akan digunakan sebagai ilustrasi tentang pentingnya komponen etika dalam penyusunan keputusan bisnis; untuk memberikan pemahaman mengenai berbagai teori tentang konflik, serta mengatasi konflik dalam organisasi. Dibahas juga tentang penanganan konflik, gaya manajemen konflik serta tim intervensi.
- Kapita Selekta Manajemen dan Bisnis
Kapita Selekta Manajemen dan Bisnis (KSA) bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa mengenai manajemen dan bisnis dengan mengundang profesional, pakar, dan praktisi yang terkait dengan manajemen dan bisnis. KSA dilaksanakan dalam bentuk rangkaian CEO and Entrepreneurship Development Forum (ceramah tamu) dan kunjungan ke berbagai objek manajemen dan bisnis. Para mahasiswa diwajibkan menyusun deskripsi dan pembahasan terhadap ceramah tamu dan kunjungan.
Manajemen Kinerja Sumberdaya
Manajemen Pengetahuan
Pembelanjaan Perusahaan
Manajemen Investasi dan Portofolio
Riset Pasar dan Konsumen
Bisnis International
Teknik-teknik Perencanaan Strategik
Manajemen Perubahan Strategik
Rantai Nilai dalam Sektor Pertanian
Kewirausahaan Lembaga untuk Bisnis Berkelanjutan
Data Manajemen & DSS
Manajemen Support System
Inovasi Bio Bisnis
Start Up Bio Bisnis
Teknik dan Manajemen Logistik
Integrated SCM
KARYA AKHIR
- Kolokium
Kolokium merupakan salah satu media komunikasi ilmiah bagi mahasiswa IPB untuk mengemukakan substansi dan permasalahan yang akan dijadikan subyek penelitian serta menambah wawasan keilmuan. Kolokium merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan dengan bobot 1 (satu) SKS dan dimaksudkan untuk (1) mengkomunikasikan rencana penelitian, (2) mendapatkan masukkan dalam rangka penyempurnaan substansi penelitian, dan (3) menguji kesiapan mahasiswa untuk melaksanakan penelitian.
- Seminar
Seminar merupakan salah satu media komunikasi ilmiah. Seminar yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan penyajian hasil-hasil penelitian tesis di dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana. Seminar bertujuan : (1) mendiseminasikan hasil penelitian, baik secara tertulis maupun secara lisan, (2) menyerap masukkan dari forum untuk penyempurnaan tesis, (3) menambah wawasan ilmiah, dan (4) meningkatkan kopetensi komunikasi ilmiah. Seminar wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa IPB dengan bobot 1(satu) sks.
- Publikasi Ilmiah
Tesis yang telah disusun harus dapat dipublikasikan di jurnal yang sudah akreditasi nasional DIKTI maupun jurnal Internasional. Publikasi ilmiah merupakan salah satu syarat agar mahasiswa dapat melaksanakan ujian tesis. Bobot publikasi ilmiah adalah 2 SKS.
- Ujian Tesis
Ujian Tesis merupakan evaluasi akhir setelah mahasiswa program magister melakukan kegiatan penelitian, penulisan tesis, seminar, dan publikasi ilmiah. Pada ujian tesis, mahasiswa akan diuji oleh komisi pembimbing dan dua penguji luar komisi yang kompeten di bidangnya.
- Tesis
Tesis adalah bentuk akhir dari penelitian mahasiswa bersama komisi pembimbing yang penulisannya mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang telah ditentukan oleh IPB. Tesis merupakan salah satu syarat akhir untuk memperoleh Gelar MM di SB-IPB.