Dalam Program Degree yang diselenggarakan oleh SB-IPB, salah satu diantaranya adalah Program Studi Magister (S2) yang senantiasa berperan secara aktif dalam menciptakan tenaga-tenaga profesional di bidang manajemen berlandaskan ilmu pengetahuan, etika dan moral yang tangguh. Program studi Magister (S2) SB-IPB menawarkan beberapa program antara lain:

  1. Konsentrasi Manajemen dan Bisnis
  2. Konsentrasi Manajemen Syariah
  3. Konsentrasi Manajemen Pendidikan Tinggi
  4. Konsentrasi lain yang bersifat tailor-made

MATRIKULASI

  • Matematika dan Statistika Terapan

Mata kuliah Matematika dan Statistika Terapan (MST) bertujuan :  1) memberikan penyegaran bagi mahasiswa yang telah pernah mendapatkan pelajaran dasar-dasar matematika dan statistika terapan, 2) memberikan pengetahuan dasar untuk mengetahui mata ajaran Metode Kuantitatif untuk Manajemen, serta 3) memberikan landasan untuk menggunakan matematika dan statistika terapan sebagai analisis dalam masalah-masalah manajemen dan bisnis.  Mata kuliah ini mencakup dasar-dasar teori, konsep, dan prosedur matematika dan statistika yang diperlukan sebagai landasan untuk mempelajari dan menggunakan metode kuantitatif untuk manajemen.

  • Teori Ekonomi

Mata kuliah Teori Ekonomi (TE) bertujuan membekali kemampuan dasar mengenai teori ekonomi kepada mahasiswa, yang mencakup teori ekonomi mikro dan ekonomi makro.  Teori ekonomi mikro membahas mengenai Perilaku permintaan dan penawaran, Mekanisme pembentukan harga dalam pasar, sedangkan teori ekonomi makro membahas mengenai Peranan pemerintah dalam mekanisme  pasar, Keseimbangan ekonomi dan pendapatan nasional serta perubahannya, dan Kebijaksanaan pemerintah di bidang ekonomi.

  • Sistem Biobisnis

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan dasar tentang bisnis dan industri berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika secara holistik dan terintegrasi. Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian, ruang lingkup, potensi dan permasalahan bisnis, elemen-elemen dan lembaga-lembaga pendukung bisnis maupun kunci sukses dalam mengelola bisnis. Mahasiswa juga akan diperkenalkan tentang pengetahuan produk dalam memahami lingkungan bisnis atau industri yang dinamik.

  • Fundamental of E-Bisnis

Mata kuliah E-Bisnis membahas teknologi yang diperlukan untuk menunjang kesuksesan penerapan e-bisnis. Pembahasan mata kuliah mencakup Model-model E-Bisnis, Internetworking, Teknologi wireless, Perencanaan dan pengembangan aplikasi berbasis web yang efektif, Manajemen website e-bisnis, Security, dan berbagai tantangan e-bisnis ke depan.

MATAKULIAH SEMESTER

  • Metode Kuantitatif untuk Manajemen                                                                                     

Metode Kuantitatif untuk Manajemen (MKM) bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep/teori/teknik dan penerapan metode kuantitatif sehingga mahasiswa mampu menggunakan “Pendekatan Kuantitatif” sebagai “alat bantu” dalam “proses pengambilan keputusan”.  MKM mencakup konsep, teori dan metode/teknik statistika dan riset operasi.  Topik bahasan meliputi:  Analisis non parametrik, Regresi, Deret waktu, Peramalan bisnis dan Pengambilan keputusan (Statistika) serta Model program linear dan Model variasinya (Riset operasi).  Sistematika setiap topik secara bertahap membahas Proses identifikasi masalah, Formulasi model, Analisis/solusi model dan Interpretasi hasil dari suatu fenomena (sistem) bisnis dan manajemen.

  • Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial (EMA) bertujuan memberikan kemampuan aplikasi teori dan alat-alat analisis ekonomi dalam pengambilan keputusan untuk membantu menentukan bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan dengan cara yang efisien dan efektif.  Mata kuliah EMA membahas mengenai Ruang lingkup EMA, Analisis permintaan dan penawaran, Konsumsi, Produksi, Biaya, dan Struktur pasar, serta aplikasinya dalam pengambilan keputusan manajerial.

  • Organisasi dan Manajemen Sumberdaya Manusia          

Organisasi dan Manajemen Sumberdaya Manusia (OSDM) bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dan teknik analisis yang berkaitan dengan individu, kelompok dan organisasi; peran kepemimpinan, desain, struktur dan budaya organisasi; memahami arti OSDM strategik dan lingkungan eksternal global yang mempengaruhinya, memahami fungsi-fungsi OSDM dalam perusahaan dan kaitannya dengan strategi perusahaan, serta menganalisis fungsi-fungsi OSDM untuk penggunaan pemecahan masalah-masalah di dalam perusahaan.  Dengan demikian, mata kuliah ini menguraikan bagaimana individu maupun kelompok berinteraksi di dalam organisasi;  bagaimana suatu perusahaan selalu dihadapkan persoalan manusia seperti bagaimana perusahaan memperoleh karyawan, memanfaatkannya, memberikan penghargaan, sampai pada waktunya berpisah.  Juga diuraikan bagaimana keterkaitan antara tugas-tugas departemen SDM dengan departemen lainnya untuk mencapai dua kepentingan yaitu untuk perusahaan dan karyawan.  Secara sistematik diuraikan pula beberapa tipe fungsi MSDM mulai dari rekrutmen, seleksi sampai fungsi manajemen kompensasi dan sebagainya.  Secara spesifik diutarakan pula, integrasi seluruh fungsi MSDM dengan strategi global perusahaan yang lebih efektif dan efisien termasuk kepuasan karyawan.

  • Inovasi dan Kewirausahaan                                                                                                        

Matakuliah Inovasi dan Entrepreneurship bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap kepada mahasiswa mengenai proses inovasi dan elemen penting yang terlibat, memberikan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses inovasi, serta cara di mana faktor-faktor ini berinteraksi dan bentuk hasil prosesnya serta menumbuhkan motivasi berusaha sebagai langkah awal menjadi wirausaha baru ke depannya. Hal ini membuat lebih mudah untuk memahami bagaimana proyek bisnis dapat terwujud dengan sukses. Beberapa elemen penting yang membentuk bagian sentral dari mata kuliah ini adalah teori inovasi, organisasi kepemimpinan, strategi serta manajemen pengetahuan. Mahasiswa juga dapat memperoleh wawasan pembiayaan, pemasaran legislasi, dan teknologi. Di akhir perkuliahan, mahasiswa ditugaskan untuk menyusun business plan yang inovatif dan layak ditujukan pada pengembangan bisnis praktis.

  • Pemasaran Strategik

Pemasaran strategik memberikan pengetahuan dan keahlian manajerial yang berkaitan dengan aspek prosedural dan substantif manajemen pemasaran, mempertajam keahlian dalam berpikir analitis dan kritis, serta meningkatkan ketrampilan komunikasi yang efektif, melatih kemampuan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, analisis, membuat alternatif dan merekomendasikan pemecahan masalah. Secara spesifik MP membahas mengenai : Konsep manajemen pemasaran, Lingkungan pemasaran, Riset pemasaran, Strategi dan taktik pemasaran, Nilai-nilai pemasaran, Formulasi strategi dan implementasi, Manajemen penjualan dan tenaga penjual, Pemasaran jasa, serta Strategi seleksi dan portofolio.

  • Manajemen Finansial

Manajemen Finansial (MF) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang hubungan antara investasi, pembelanjaan, kebijaksanaan deviden terhadap tujuan perusahaan serta memberikan pemahaman tentang berbagai teknik analisis di dalam penyelesaian masalah-masalah yang berhubungan dengan manajemen keuangan.  Matakuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar yang difokuskan pada lingkungan ekonomi (termasuk pasar uang), resiko, proses penilaian.  Selain itu dibahas pula tentang teknik-teknik khusus dalam pengambilan keputusan untuk memaksimumkan nilai investasi perusahaan.

  • Manajemen Strategik

Manajemen Strategik (MS) bertujuan untuk : 1) memberikan kemampuan mengenali isu strategik di dalam organisasi bisnis/perusahaan, 2) mampu melakukan analisis dan memformulasikan strategi sesuai dengan tuntutan lingkungan, serta 3) mampu mengenali faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan strategi serta menciptakan iklim organisasi yang tanggap terhadap perubahan.

  • Metode Riset Bisnis         

Metode Riset Bisnis (MRB) dirancang untuk meningkatkan ketrampilan dan apresiasi dalam penyelenggaraan penelitian dan pengembangan sebagai masukan dalam pengambilan keputusan bisnis.  MRB memfokuskan pembahasan pada Perumusan masalah dan tujuan, Membuat kerangka pemikiran konseptual, Formulasi hipotesis, Metodologi penelitian, Teknik  pengambilan contoh, Teknik pengambilan data dan analisis data, Teknik perujukan sumber pustaka, Pertimbangan pemilihan alat analisis, serta Teknik presentasi prima.

  • Komunikasi Bisnis dan Diplomasi Korporat                                                                                 

Komunikasi Bisnis dan Diplomasi Korporat (KBDK) dirancang untuk memberikan pemahaman teori dan kemampuan bagi para mahasiswa bagaimana berkomunikasi secara efektif dan meningkatkan kompetensi individu maupun bagian dari anggota suatu organisasi bisnis. Pengetahuan dan keahlian yang diperoleh dari mata kuliah ini membantu para mahasiswa dalam mencapai performa puncak dalam karirnya di masa mendatang. Mata kuliah ini juga membahas beberapa praktek dan kemampuan dasar untuk berhubungan antar individu maupun kelompok seperti bagaimana memahami bekerja dengan orang lain maupun bekerja di dalam tim. Dibahas juga beberapa materi penting mengenai Pengantar kemampuan komunikasi secara efektif dan mempersiapkan komunikasi bisnis yang efektif, Kemampuan komunikasi antar individu, serta Kemampuan menulis untuk bisnis dan diplomasi perusahaan.

  • Hukum dan Etika Bisnis

Hukum dan Etika Bisnis (EB) bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai konsep dan teori tentang hukum dan etika yang berkaitan langsung terhadap bisnis, karena pemahaman terhadap sendi-sendi hukum dan etika bagi seorang pelaku bisnis sangat penting sebagai pedoman dalam membuat keputusan. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pendekatan interdisipliner dengan penekanan pada dua topik utama, yaitu hukum dan etika bisnis serta tanggung jawab social (social responsibility). Di samping itu, kebijakan dan isyu terpilih akan digunakan sebagai ilustrasi tentang pentingnya komponen etika dalam penyusunan keputusan bisnis; untuk memberikan pemahaman mengenai berbagai teori tentang konflik, serta mengatasi konflik dalam organisasi. Dibahas juga tentang penanganan konflik, gaya manajemen konflik serta tim intervensi.

  • Kapita Selekta Manajemen dan Bisnis

Kapita Selekta Manajemen dan Bisnis (KSA) bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa mengenai manajemen dan bisnis dengan mengundang profesional, pakar, dan praktisi yang terkait dengan manajemen dan bisnis. KSA dilaksanakan dalam bentuk rangkaian CEO and Entrepreneurship Development Forum (ceramah tamu) dan kunjungan ke berbagai objek manajemen dan bisnis. Para mahasiswa diwajibkan menyusun deskripsi dan pembahasan terhadap ceramah tamu dan kunjungan.

Manajemen Kinerja Sumberdaya

Manajemen Pengetahuan

Pembelanjaan Perusahaan

Manajemen Investasi dan Portofolio

Riset Pasar dan Konsumen

Bisnis International

Teknik-teknik Perencanaan Strategik

Manajemen Perubahan Strategik

Rantai Nilai dalam Sektor Pertanian

Kewirausahaan Lembaga untuk Bisnis Berkelanjutan

Data Manajemen & DSS

Manajemen Support System

Inovasi Bio Bisnis

Start Up Bio Bisnis

Teknik dan Manajemen Logistik

Integrated SCM

KARYA AKHIR

  • Kolokium

Kolokium merupakan salah satu media komunikasi ilmiah bagi mahasiswa IPB untuk mengemukakan substansi dan permasalahan yang akan dijadikan subyek penelitian serta menambah wawasan keilmuan. Kolokium merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan dengan bobot 1 (satu) SKS dan dimaksudkan untuk (1) mengkomunikasikan rencana penelitian, (2) mendapatkan masukkan dalam rangka penyempurnaan substansi penelitian, dan (3) menguji kesiapan mahasiswa untuk melaksanakan penelitian.

  • Seminar

Seminar merupakan salah satu media komunikasi ilmiah. Seminar yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan penyajian hasil-hasil penelitian tesis di dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana. Seminar bertujuan : (1) mendiseminasikan hasil penelitian, baik secara tertulis maupun secara lisan, (2) menyerap masukkan dari forum untuk penyempurnaan tesis, (3) menambah wawasan ilmiah, dan (4) meningkatkan kopetensi komunikasi ilmiah. Seminar wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa IPB dengan bobot 1(satu) sks.

  • Publikasi Ilmiah

Tesis yang telah disusun harus dapat dipublikasikan di jurnal yang sudah akreditasi nasional DIKTI maupun jurnal Internasional. Publikasi ilmiah merupakan salah satu syarat agar mahasiswa dapat melaksanakan ujian tesis. Bobot publikasi ilmiah adalah 2 SKS.

  • Ujian Tesis

Ujian Tesis merupakan evaluasi akhir setelah mahasiswa program magister melakukan kegiatan penelitian, penulisan tesis, seminar, dan publikasi ilmiah. Pada ujian tesis, mahasiswa akan diuji oleh komisi pembimbing dan dua penguji luar komisi yang kompeten di bidangnya.

  • Tesis

Tesis adalah bentuk akhir dari penelitian mahasiswa bersama komisi pembimbing yang penulisannya mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang telah ditentukan oleh IPB. Tesis merupakan salah satu syarat akhir untuk memperoleh Gelar MM di SB-IPB.

MATRIKULASI

Matematika dan Statistika Terapan

Mata kuliah Matematika dan Statistika Terapan (MST) bertujuan :  1) memberikan penyegaran bagi mahasiswa yang telah pernah mendapatkan pelajaran dasar-dasar matematika dan statistika terapan, 2) memberikan pengetahuan dasar untuk mengetahui mata ajaran Metode Kuantitatif untuk Manajemen, serta 3) memberikan landasan untuk menggunakan matematika dan statistika terapan sebagai analisis dalam masalah-masalah manajemen dan bisnis.  Mata kuliah ini mencakup dasar-dasar teori, konsep, dan prosedur matematika dan statistika yang diperlukan sebagai landasan untuk mempelajari dan menggunakan metode kuantitatif untuk manajemen.

  • Bahasa Arab
  • Sistem Biobisnis

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan dasar tentang bisnis dan industri berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika secara holistik dan terintegrasi. Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian, ruang lingkup, potensi dan permasalahan bisnis, elemen-elemen dan lembaga-lembaga pendukung bisnis maupun kunci sukses dalam mengelola bisnis. Mahasiswa juga akan diperkenalkan tentang pengetahuan produk dalam memahami lingkungan bisnis atau industri yang dinamik.

  • Fundamental of E-Bisnis

Mata kuliah E-Bisnis membahas teknologi yang diperlukan untuk menunjang kesuksesan penerapan e-bisnis. Pembahasan mata kuliah mencakup Model-model E-Bisnis, Internetworking, Teknologi wireless, Perencanaan dan pengembangan aplikasi berbasis web yang efektif, Manajemen website e-bisnis, Security, dan berbagai tantangan e-bisnis ke depan.

MATA KULIAH SEMESTER

  • Metode Kuantitatif untuk Manajemen                                                                                     

Metode Kuantitatif untuk Manajemen (MKM) bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep/teori/teknik dan penerapan metode kuantitatif sehingga mahasiswa mampu menggunakan “Pendekatan Kuantitatif” sebagai “alat bantu” dalam “proses pengambilan keputusan”.  MKM mencakup konsep, teori dan metode/teknik statistika dan riset operasi.  Topik bahasan meliputi:  Analisis non parametrik, Regresi, Deret waktu, Peramalan bisnis dan Pengambilan keputusan (Statistika) serta Model program linear dan Model variasinya (Riset operasi).  Sistematika setiap topik secara bertahap membahas Proses identifikasi masalah, Formulasi model, Analisis/solusi model dan Interpretasi hasil dari suatu fenomena (sistem) bisnis dan manajemen.

  • Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial (EMA) bertujuan memberikan kemampuan aplikasi teori dan alat-alat analisis ekonomi dalam pengambilan keputusan untuk membantu menentukan bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan dengan cara yang efisien dan efektif.  Mata kuliah EMA membahas mengenai Ruang lingkup EMA, Analisis permintaan dan penawaran, Konsumsi, Produksi, Biaya, dan Struktur pasar, serta aplikasinya dalam pengambilan keputusan manajerial.

  • Organisasi dan Manajemen Sumberdaya Manusia          

Organisasi dan Manajemen Sumberdaya Manusia (OSDM) bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dan teknik analisis yang berkaitan dengan individu, kelompok dan organisasi; peran kepemimpinan, desain, struktur dan budaya organisasi; memahami arti OSDM strategik dan lingkungan eksternal global yang mempengaruhinya, memahami fungsi-fungsi OSDM dalam perusahaan dan kaitannya dengan strategi perusahaan, serta menganalisis fungsi-fungsi OSDM untuk penggunaan pemecahan masalah-masalah di dalam perusahaan.  Dengan demikian, mata kuliah ini menguraikan bagaimana individu maupun kelompok berinteraksi di dalam organisasi;  bagaimana suatu perusahaan selalu dihadapkan persoalan manusia seperti bagaimana perusahaan memperoleh karyawan, memanfaatkannya, memberikan penghargaan, sampai pada waktunya berpisah.  Juga diuraikan bagaimana keterkaitan antara tugas-tugas departemen SDM dengan departemen lainnya untuk mencapai dua kepentingan yaitu untuk perusahaan dan karyawan.  Secara sistematik diuraikan pula beberapa tipe fungsi MSDM mulai dari rekrutmen, seleksi sampai fungsi manajemen kompensasi dan sebagainya.  Secara spesifik diutarakan pula, integrasi seluruh fungsi MSDM dengan strategi global perusahaan yang lebih efektif dan efisien termasuk kepuasan karyawan.

  • Kaidah Fiqh untuk Manajemen dan Bisnis
  • Manajemen Syariah
  • Manajemen Finansial Syariah
  • Fiqh Mua’amalat

 

  • Metode Riset Bisnis         

Metode Riset Bisnis (MRB) dirancang untuk meningkatkan ketrampilan dan apresiasi dalam penyelenggaraan penelitian dan pengembangan sebagai masukan dalam pengambilan keputusan bisnis.  MRB memfokuskan pembahasan pada Perumusan masalah dan tujuan, Membuat kerangka pemikiran konseptual, Formulasi hipotesis, Metodologi penelitian, Teknik  pengambilan contoh, Teknik pengambilan data dan analisis data, Teknik perujukan sumber pustaka, Pertimbangan pemilihan alat analisis, serta Teknik presentasi prima.

  • Komunikasi Bisnis dan Diplomasi Korporat                                                                                 

Komunikasi Bisnis dan Diplomasi Korporat (KBDK) dirancang untuk memberikan pemahaman teori dan kemampuan bagi para mahasiswa bagaimana berkomunikasi secara efektif dan meningkatkan kompetensi individu maupun bagian dari anggota suatu organisasi bisnis. Pengetahuan dan keahlian yang diperoleh dari mata kuliah ini membantu para mahasiswa dalam mencapai performa puncak dalam karirnya di masa mendatang. Mata kuliah ini juga membahas beberapa praktek dan kemampuan dasar untuk berhubungan antar individu maupun kelompok seperti bagaimana memahami bekerja dengan orang lain maupun bekerja di dalam tim. Dibahas juga beberapa materi penting mengenai Pengantar kemampuan komunikasi secara efektif dan mempersiapkan komunikasi bisnis yang efektif, Kemampuan komunikasi antar individu, serta Kemampuan menulis untuk bisnis dan diplomasi perusahaan.

  • Manajemen Risiko Bisnis Syariah
  • Manajemen Strategik

Manajemen Strategik (MS) bertujuan untuk : 1) memberikan kemampuan mengenali isu strategik di dalam organisasi bisnis/perusahaan, 2) mampu melakukan analisis dan memformulasikan strategi sesuai dengan tuntutan lingkungan, serta 3) mampu mengenali faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan strategi serta menciptakan iklim organisasi yang tanggap terhadap perubahan.

  • Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran (MP) bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian manajerial yang berkaitan dengan aspek prosedural dan substantif manajemen pemasaran, mempertajam keahlian dalam berpikir analitis dan kritis, serta meningkatkan ketrampilan komunikasi yang efektif, melatih kemampuan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, analisis, membuat alternatif dan merekomendasikan pemecahan masalah. Secara spesifik MP membahas mengenai : Konsep manajemen pemasaran, Lingkungan pemasaran, Riset pemasaran, Strategi dan taktik pemasaran, Nilai-nilai pemasaran, Formulasi strategi dan implementasi, Manajemen penjualan dan tenaga penjual, Pemasaran jasa, serta Strategi seleksi dan portofolio.

  • Perbankan dan Keuangan Syariah
  • Asuransi Syariah
  • Manajemen ZISWAF

KARYA AKHIR

  • Kolokium

Kolokium merupakan salah satu media komunikasi ilmiah bagi mahasiswa IPB untuk mengemukakan substansi dan permasalahan yang akan dijadikan subyek penelitian serta menambah wawasan keilmuan. Kolokium merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan dengan bobot 1 (satu) SKS dan dimaksudkan untuk (1) mengkomunikasikan rencana penelitian, (2) mendapatkan masukkan dalam rangka penyempurnaan substansi penelitian, dan (3) menguji kesiapan mahasiswa untuk melaksanakan penelitian.

  • Seminar

Seminar merupakan salah satu media komunikasi ilmiah. Seminar yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan penyajian hasil-hasil penelitian tesis di dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana. Seminar bertujuan : (1) mendiseminasikan hasil penelitian, baik secara tertulis maupun secara lisan, (2) menyerap masukkan dari forum untuk penyempurnaan tesis, (3) menambah wawasan ilmiah, dan (4) meningkatkan kopetensi komunikasi ilmiah. Seminar wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa IPB dengan bobot 1(satu) sks.

  • Publikasi Ilmiah

Tesis yang telah disusun harus dapat dipublikasikan di jurnal yang sudah akreditasi nasional DIKTI maupun jurnal Internasional. Publikasi ilmiah merupakan salah satu syarat agar mahasiswa dapat melaksanakan ujian tesis. Bobot publikasi ilmiah adalah 2 SKS.

  • Ujian Tesis

Ujian Tesis merupakan evaluasi akhir setelah mahasiswa program magister melakukan kegiatan penelitian, penulisan tesis, seminar, dan publikasi ilmiah. Pada ujian tesis, mahasiswa akan diuji oleh komisi pembimbing dan dua penguji luar komisi yang kompeten di bidangnya.

  • Tesis

Tesis adalah bentuk akhir dari penelitian mahasiswa bersama komisi pembimbing yang penulisannya mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang telah ditentukan oleh IPB. Tesis merupakan salah satu syarat akhir untuk memperoleh Gelar MM di SB-IPB.

MATRIKULASI

  • Matematika dan Statistika Terapan

Mata kuliah Matematika dan Statistika Terapan (MST) bertujuan :  1) memberikan penyegaran bagi mahasiswa yang telah pernah mendapatkan pelajaran dasar-dasar matematika dan statistika terapan, 2) memberikan pengetahuan dasar untuk mengetahui mata ajaran Metode Kuantitatif untuk Manajemen, serta 3) memberikan landasan untuk menggunakan matematika dan statistika terapan sebagai analisis dalam masalah-masalah manajemen dan bisnis.  Mata kuliah ini mencakup dasar-dasar teori, konsep, dan prosedur matematika dan statistika yang diperlukan sebagai landasan untuk mempelajari dan menggunakan metode kuantitatif untuk manajemen.

  • Manajemen Akademik
  • Sistem Biobisnis

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan dasar tentang bisnis dan industri berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika secara holistik dan terintegrasi. Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian, ruang lingkup, potensi dan permasalahan bisnis, elemen-elemen dan lembaga-lembaga pendukung bisnis maupun kunci sukses dalam mengelola bisnis. Mahasiswa juga akan diperkenalkan tentang pengetahuan produk dalam memahami lingkungan bisnis atau industri yang dinamik.

  • E- Learning

MATA KULIAH SEMESTER

  • Metode Kuantitatif untuk Manajemen                                                                                     

Metode Kuantitatif untuk Manajemen (MKM) bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep/teori/teknik dan penerapan metode kuantitatif sehingga mahasiswa mampu menggunakan “Pendekatan Kuantitatif” sebagai “alat bantu” dalam “proses pengambilan keputusan”.  MKM mencakup konsep, teori dan metode/teknik statistika dan riset operasi.  Topik bahasan meliputi:  Analisis non parametrik, Regresi, Deret waktu, Peramalan bisnis dan Pengambilan keputusan (Statistika) serta Model program linear dan Model variasinya (Riset operasi).  Sistematika setiap topik secara bertahap membahas Proses identifikasi masalah, Formulasi model, Analisis/solusi model dan Interpretasi hasil dari suatu fenomena (sistem) bisnis dan manajemen.

  • Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial (EMA) bertujuan memberikan kemampuan aplikasi teori dan alat-alat analisis ekonomi dalam pengambilan keputusan untuk membantu menentukan bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan dengan cara yang efisien dan efektif.  Mata kuliah EMA membahas mengenai Ruang lingkup EMA, Analisis permintaan dan penawaran, Konsumsi, Produksi, Biaya, dan Struktur pasar, serta aplikasinya dalam pengambilan keputusan manajerial.

  • Manajemen Sumberdaya Manusia           

Manajemen Sumberdaya Manusia bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dan teknik analisis yang berkaitan dengan individu, kelompok dan organisasi; peran kepemimpinan, desain, struktur dan budaya organisasi; memahami arti MSDM strategik dan lingkungan eksternal global yang mempengaruhinya, memahami fungsi-fungsi MSDM dalam perusahaan dan kaitannya dengan strategi perusahaan, serta menganalisis fungsi-fungsi MSDM untuk penggunaan pemecahan masalah-masalah di dalam perusahaan.  Dengan demikian, mata kuliah ini menguraikan bagaimana individu maupun kelompok berinteraksi di dalam organisasi;  bagaimana suatu perusahaan selalu dihadapkan persoalan manusia seperti bagaimana perusahaan memperoleh karyawan, memanfaatkannya, memberikan penghargaan, sampai pada waktunya berpisah.  Juga diuraikan bagaimana keterkaitan antara tugas-tugas departemen SDM dengan departemen lainnya untuk mencapai dua kepentingan yaitu untuk perusahaan dan karyawan.  Secara sistematik diuraikan pula beberapa tipe fungsi MSDM mulai dari rekrutmen, seleksi sampai fungsi manajemen kompensasi dan sebagainya.  Secara spesifik diutarakan pula, integrasi seluruh fungsi MSDM dengan strategi global perusahaan yang lebih efektif dan efisien termasuk kepuasan karyawan.

  • Organisasi dan Tata Kelola Perguruan Tinggi
  • Peraturan Perundnagan dan Kebijakan Pendidikan

 

  • Manajemen Finansial

Manajemen Finansial (MF) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang hubungan antara investasi, pembelanjaan, kebijaksanaan deviden terhadap tujuan perusahaan serta memberikan pemahaman tentang berbagai teknik analisis di dalam penyelesaian masalah-masalah yang berhubungan dengan manajemen keuangan.  Matakuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar yang difokuskan pada lingkungan ekonomi (termasuk pasar uang), resiko, proses penilaian.  Selain itu dibahas pula tentang teknik-teknik khusus dalam pengambilan keputusan untuk memaksimumkan nilai investasi perusahaan.

  • Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen (SIM) memberikan pemahaman mengenai Prinsip dasar dan konsep sistem informasi manajemen, Peranan sistem informasi dalam manajemen dan bisnis, Teknologi sistem informasi, Aplikasi suatu sistem informasi manajemen, Pengembangan dan rekayasa sistem informasi, Sistem manajemen basis data, serta Pengelolaan sumberdaya informasi.

 

 

 

  • Metode Penelitian Pendidikan Tinggi
  • Manajemen Strategik

Manajemen Strategik (MS) bertujuan untuk : 1) memberikan kemampuan mengenali isu strategik di dalam organisasi bisnis/perusahaan, 2) mampu melakukan analisis dan memformulasikan strategi sesuai dengan tuntutan lingkungan, serta 3) mampu mengenali faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan strategi serta menciptakan iklim organisasi yang tanggap terhadap perubahan.

  • Sistem Penjaminan Mutu
  • Manajemen aset dan fasilitas pendidikan
  • Technopreneurship untuk pengelolaan perguruan tinggi
  • Manajemen Pelatihan dan Pembelajaran
  • Manajemen Pengetahuan dan Inovasi
  • Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi

KARYA AKHIR

  • Kolokium

Kolokium merupakan salah satu media komunikasi ilmiah bagi mahasiswa IPB untuk mengemukakan substansi dan permasalahan yang akan dijadikan subyek penelitian serta menambah wawasan keilmuan. Kolokium merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan dengan bobot 1 (satu) SKS dan dimaksudkan untuk (1) mengkomunikasikan rencana penelitian, (2) mendapatkan masukkan dalam rangka penyempurnaan substansi penelitian, dan (3) menguji kesiapan mahasiswa untuk melaksanakan penelitian.

  • Seminar

Seminar merupakan salah satu media komunikasi ilmiah. Seminar yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan penyajian hasil-hasil penelitian tesis di dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana. Seminar bertujuan : (1) mendiseminasikan hasil penelitian, baik secara tertulis maupun secara lisan, (2) menyerap masukkan dari forum untuk penyempurnaan tesis, (3) menambah wawasan ilmiah, dan (4) meningkatkan kopetensi komunikasi ilmiah. Seminar wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa IPB dengan bobot 1(satu) sks.

  • Publikasi Ilmiah

Tesis yang telah disusun harus dapat dipublikasikan di jurnal yang sudah akreditasi nasional DIKTI maupun jurnal Internasional. Publikasi ilmiah merupakan salah satu syarat agar mahasiswa dapat melaksanakan ujian tesis. Bobot publikasi ilmiah adalah 2 SKS.

  • Ujian Tesis

Ujian Tesis merupakan evaluasi akhir setelah mahasiswa program magister melakukan kegiatan penelitian, penulisan tesis, seminar, dan publikasi ilmiah. Pada ujian tesis, mahasiswa akan diuji oleh komisi pembimbing dan dua penguji luar komisi yang kompeten di bidangnya.

  • Tesis

Tesis adalah bentuk akhir dari penelitian mahasiswa bersama komisi pembimbing yang penulisannya mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang telah ditentukan oleh IPB. Tesis merupakan salah satu syarat akhir untuk memperoleh Gelar MM di SB-IPB.