beranda » mma » silabus Mail5 pdf word print Bookmark and Share

A.  Mata Kuliah Matrikulasi

SBI 501 Matematika dan Statistika Terapan

Mata kuliah Matematika dan Statistika Terapan (MST) bertujuan :  1) memberikan penyegaran bagi mahasiswa yang telah pernah mendapatkan pelajaran dasar-dasar matematika dan statistika terapan, 2) memberikan pengetahuan dasar untuk mengetahui mata ajaran Metode Kuantitatif untuk Manajemen, serta 3) memberikan landasan untuk menggunakan matematika dan statistika terapan sebagai analisis dalam masalah-masalah manajemen dan bisnis.  Mata kuliah ini mencakup dasar-dasar teori, konsep, dan prosedur matematika dan statistika yang diperlukan sebagai landasan untuk mempelajari dan menggunakan metode kuantitatif untuk manajemen.

 

SBI 502 Teori Ekonomi

Mata kuliah Teori Ekonomi (TE) bertujuan membekali kemampuan dasar mengenai teori ekonomi kepada mahasiswa, yang mencakup teori ekonomi mikro dan ekonomi makro.  Teori ekonomi mikro membahas mengenai Perilaku permintaan dan penawaran, Mekanisme pembentukan harga dalam pasar, sedangkan teori ekonomi makro membahas mengenai Peranan pemerintah dalam mekanisme  pasar, Keseimbangan ekonomi dan pendapatan nasional serta perubahannya, dan Kebijaksanaan pemerintah di bidang ekonomi.

 

SBI 531 Akuntansi dan Laporan Keuangan

Mata kuliah Akuntansi dan Laporan Keuangan (ALK) membahas teknik pencatatan dan pelaporan akuntansi serta laporan arus kas untuk berbagai macam perusahaan.  Dibahas pula metode perhitungan harga pokok produksi serta analisis laporan keuangan.  Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman umum tentang siklus akuntansi, prinsip dasar, konsep biaya dan harga pokok, serta analisis laporan keuangan.

 

SBI 571 Sistem Agribisnis dan Agroindustri

Mata kuliah Sistem Agribisnis (SAG) bertujuan untuk membekali pengetahuan dasar tentang sistem agribisnis bagi para mahasiswa MB-IPB agar dapat mengikuti mata kuliah-mata kuliah selanjutnya.  Mata kuliah tersebut membahas mengenai Pengertian dan ruang lingkup sistem agribisnis, Elemen-elemen sistem agribisnis, dan Lembaga-lembaga pendukung sistem agribisnis.

 

B.  Mata Kuliah Wajib

 

SBI 504 Metode Kuantitatif  untuk Manajemen                                          

Metode Kuantitatif untuk Manajemen (MKM) bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep/teori/teknik dan penerapan metode kuantitatif sehingga mahasiswa mampu menggunakan “Pendekatan Kuantitatif” sebagai “alat bantu” dalam “proses pengambilan keputusan”.  MKM mencakup konsep, teori dan metode/teknik statistika dan riset operasi.  Topik bahasan meliputi:  Analisis non parametrik, Regresi, Deret waktu, Peramalan bisnis dan Pengambilan keputusan (Statistika) serta Model program linear dan Model variasinya (Riset operasi).  Sistematika setiap topik secara bertahap membahas Proses identifikasi masalah, Formulasi model, Analisis/solusi model dan Interpretasi hasil dari suatu fenomena (sistem) bisnis dan manajemen.

 

SBI 505 Ekonomi Manajerial dan Strategi Bisnis                                           

Ekonomi Manajerial dan Strategi Bisnis (EMA) bertujuan memberikan kemampuan aplikasi teori dan alat-alat analisis ekonomi dalam pengambilan keputusan untuk membantu menentukan bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan dengan cara yang efisien dan efektif.  Mata kuliah EMA membahas mengenai Ruang lingkup EMA, Analisis permintaan dan penawaran, Konsumsi, Produksi, Biaya, dan Struktur pasar, serta aplikasinya dalam pengambilan keputusan manajerial.

 

SBI 512 Organisasi dan Manajemen Sumberdaya Manusia                                 

Organisasi dan Manajemen Sumberdaya Manusia (OSDM) bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dan teknik analisis yang berkaitan dengan individu, kelompok dan organisasi; peran kepemimpinan, desain, struktur dan budaya organisasi; memahami arti OSDM strategik dan lingkungan eksternal global yang mempengaruhinya, memahami fungsi-fungsi OSDM dalam perusahaan dan kaitannya dengan strategi perusahaan, serta menganalisis fungsi-fungsi OSDM untuk penggunaan pemecahan masalah-masalah di dalam perusahaan.  Dengan demikian, mata kuliah ini menguraikan bagaimana individu maupun kelompok berinteraksi di dalam organisasi;  bagaimana suatu perusahaan selalu dihadapkan persoalan manusia seperti bagaimana perusahaan memperoleh karyawan, memanfaatkannya, memberikan penghargaan, sampai pada waktunya berpisah.  Juga diuraikan bagaimana keterkaitan antara tugas-tugas departemen SDM dengan departemen lainnya untuk mencapai dua kepentingan yaitu untuk perusahaan dan karyawan.  Secara sistematik diuraikan pula beberapa tipe fungsi MSDM mulai dari rekrutmen, seleksi sampai fungsi manajemen kompensasi dan sebagainya.  Secara spesifik diutarakan pula, integrasi seluruh fungsi MSDM dengan strategi global perusahaan yang lebih efektif dan efisien termasuk kepuasan karyawan. 

 

SBI 561 Sistem Informasi Manajemen                                                     

Sistem Informasi Manajemen (SIM) memberikan pemahaman mengenai Prinsip dasar dan konsep sistem informasi manajemen, Peranan sistem informasi dalam manajemen dan bisnis, Teknologi sistem informasi, Aplikasi suatu sistem informasi manajemen, Pengembangan dan rekayasa sistem informasi, Sistem manajemen basis data, serta Pengelolaan sumberdaya informasi.

 

SBI 541 Manajemen Pemasaran                                                           

Manajemen Pemasaran (MP) bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian manajerial yang berkaitan dengan aspek prosedural dan substantif manajemen pemasaran, mempertajam keahlian dalam berpikir analitis dan kritis, serta meningkatkan ketrampilan komunikasi yang efektif, melatih kemampuan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, analisis, membuat alternatif dan merekomendasikan pemecahan masalah.   Secara spesifik, MP membahas mengenai : Konsep manajemen pemasaran, Lingkungan pemasaran, Riset pemasaran, Strategi dan taktik pemasaran, Nilai-nilai pemasaran, Formulasi strategi dan implementasi, Manajemen penjualan dan tenaga penjual, Pemasaran jasa, serta Strategi seleksi dan portofolio.

 

SBI 521 Manajemen Produksi dan Operasi                                                 

Manajemen Produksi dan Operasi (MPO) bertujuan meningkatkan kemampuan manajerial di bidang operasi dan produksi.  MPO membahas proses operasi suatu organisasi/perusahaan yang seharusnya ditangani untuk mendukung tujuan organisasi perusahaan, yang mencakup Strategi MPO dalam persaingan bisnis, Alat-alat pengambilan keputusan dalam MPO, Manajemen mutu, Strategi dan disain produk, Perencanaan bahan baku dan kapasitas, Manajemen persediaan, Just in time, Proses hirarki analitis, Simulasi, Perencanaan agregat, Teori antrian, Teori permainan, Strategi lokasi, Strategi layout; dan Teknik penjadwalan.

 

SBI 532 Manajemen Finansial                                                             

Manajemen Finansial (MF) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang hubungan antara investasi, pembelanjaan, kebijaksanaan deviden terhadap tujuan perusahaan serta memberikan pemahaman tentang berbagai teknik analisis di dalam penyelesaian masalah-masalah yang berhubungan dengan manajemen keuangan.  Matakuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar yang difokuskan pada lingkungan ekonomi (termasuk pasar uang), resiko, proses penilaian.  Selain itu dibahas pula tentang teknik-teknik khusus dalam pengambilan keputusan untuk memaksimumkan nilai investasi perusahaan.

 

SBI 522 Inovasi dan Entrepreneurship                                                      

Matakuliah Inovasi dan Entrepreneurship bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap kepada mahasiswa mengenai proses inovasi dan elemen penting yang terlibat, memberikan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses inovasi, serta cara di mana faktor-faktor ini berinteraksi dan bentuk hasil prosesnya serta menumbuhkan motivasi berusaha sebagai langkah awal menjadi wirausaha baru ke depannya. Hal ini membuat lebih mudah untuk memahami bagaimana proyek bisnis dapat terwujud dengan sukses. Beberapa elemen penting yang membentuk bagian sentral dari mata kuliah ini adalah teori inovasi, organisasi kepemimpinan, strategi serta manajemen pengetahuan. Mahasiswa juga dapat memperoleh wawasan pembiayaan, pemasaran legislasi, dan teknologi. Di akhir perkuliahan, mahasiswa ditugaskan untuk menyusun business plan yang inovatif dan layak ditujukan pada pengembangan bisnis praktis.

 

SBI 542 Bisnis Internasional                                                               

Bisnis Internasional (BI) dirancang untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai hubungan bisnis melintasi negara.  Di dalam era globalisasi dan semakin ketatnya persaingan di dalam dunia bisnis diperlukan SDM yang memiliki wawasan luas dan berorientasi internasional.

 

SBI 551 Manajemen Strategik                                                             

Manajemen Strategik (MS) bertujuan untuk : 1) memberikan kemampuan mengenali isu strategik di dalam organisasi bisnis/perusahaan, 2) mampu melakukan analisis dan memformulasikan strategi sesuai dengan tuntutan lingkungan, serta 3) mampu mengenali faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan strategi serta menciptakan iklim organisasi yang tanggap terhadap perubahan.

 

SBI 583 Hukum dan Etika Bisnis                                                            

Hukum dan Etika Bisnis (EB) bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai konsep dan teori tentang hukum dan etika yang berkaitan langsung terhadap bisnis, karena pemahaman terhadap sendi-sendi hukum dan etika bagi seorang pelaku bisnis sangat penting sebagai pedoman dalam membuat keputusan. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pendekatan interdisipliner dengan penekanan pada dua topik utama, yaitu hukum dan etika bisnis serta tanggung jawab social (social responsibility). Di samping itu, kebijakan dan isyu terpilih akan digunakan sebagai ilustrasi tentang pentingnya komponen etika dalam penyusunan keputusan bisnis; untuk memberikan pemahaman mengenai berbagai teori tentang konflik, serta mengatasi konflik dalam organisasi. Dibahas juga tentang penanganan konflik, gaya manajemen konflik serta tim intervensi.

 

SBI 691 Metode Riset Bisnis                                                               

Metode Riset Bisnis (MRB) dirancang untuk meningkatkan ketrampilan dan apresiasi dalam penyelenggaraan penelitian dan pengembangan sebagai masukan dalam pengambilan keputusan bisnis.  MRB memfokuskan pembahasan pada Perumusan masalah dan tujuan, Membuat kerangka pemikiran konseptual, Formulasi hipotesis, Metodologi penelitian, Teknik  pengambilan contoh, Teknik pengambilan data dan analisis data, Teknik perujukan sumber pustaka, Pertimbangan pemilihan alat analisis, serta Teknik presentasi prima.

 

SBI 581 Komunikasi Bisnis dan Diplomasi Korporat                                        

Komunikasi Bisnis dan Diplomasi Korporat (KBDK) dirancang untuk memberikan pemahaman teori dan kemampuan bagi para mahasiswa bagaimana berkomunikasi secara efektif dan meningkatkan kompetensi individu maupun bagian dari anggota suatu organisasi bisnis. Pengetahuan dan keahlian yang diperoleh dari mata kuliah ini membantu para mahasiswa dalam mencapai performa puncak dalam karirnya di masa mendatang. Mata kuliah ini juga membahas beberapa praktek dan kemampuan dasar untuk berhubungan antar individu maupun kelompok seperti bagaimana memahami bekerja dengan orang lain maupun bekerja di dalam tim. Dibahas juga beberapa materi penting mengenai Pengantar kemampuan komunikasi secara efektif dan mempersiapkan komunikasi bisnis yang efektif, Kemampuan komunikasi antar individu, serta Kemampuan menulis untuk bisnis dan diplomasi perusahaan.

 

SBI 584 Kapita Selekta Manajemen dan Bisnis                                                

Kapita Selekta Manajemen dan Bisnis (KSA) bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa mengenai manajemen dan bisnis dengan mengundang profesional, pakar, dan praktisi yang terkait dengan manajemen dan bisnis. KSA dilaksanakan dalam bentuk rangkaian CEO and Entrepreneurship Development Forum (ceramah tamu) dan kunjungan ke berbagai objek manajemen dan bisnis. Para mahasiswa diwajibkan menyusun deskripsi dan pembahasan terhadap ceramah tamu dan kunjungan.

 

PPS 601 Kolokium                                                                         

Kegiatan ini merupakan tugas rutin mahasiswa program magister dan program doktor. Kolokium berkaitan dengan bidang ilmunya, disertasi atau  tesis, dibahas di muka kelas dan dapat diambil lebih dari satu kali dengan maksimum SKS sama dengan 1.  Kolokium diasuh oleh seorang dosen atau lebih secara bergiliran. Kegiatan ini dilaksanakan oleh masing-masing program studi.

 

PPS 690 Seminar                                                                           

Kegiatan ini adalah rutin bagi mahasiswa sebagai pemrasaran dan pembahasan materi hasil penelitian sebelum ujian tesis atau disertasi. Kredit seminar adalah 1 SKS. Ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk seminar adalah sebagai berikut :

o    Seminar dibagi atas empat kelompok yaitu : Kelompok Ilmu Sosial & Ekonomi, Kelompok Ilmu Hewan, Kelompok Ilmu Tumbuhan, Kelompok Ilmu Keteknikan dan Teknologi Informasi. 

o    Setiap hadir di seminar, mahasiswa mengisi kartu seminar dan diparaf oleh panitia seminar sebagai tanda bukti hadir.

o     Sebelum mahasiswa memberikan seminar, mereka wajib menunjukkan Kartu Seminar dengan bukti hadir minimal 7 kali di kelompok ilmunya dan 2 kali dikelompok keilmuan lainnya, dan wajib pula mengikuti 1 kali kuliah umum pengantar seminar.

o    Tata tertib seminar yang terperinci dapat dibaca dalam buku Panduan Seminar SPs.

PPS 699 Tesis                                                                              

Tesis adalah salah satu syarat memperoleh Gelar MM di Program Studi MB-IPB dengan bobot keseluruhan 6 SKS, yang meliputi Seminar rencana/proposal tesis, Pelaksanaan penelitian untuk tesis, Penulisan laporan tesis, Seminar hasil penelitian untuk tesis, dan Ujian tesis.


C.  Mata Kuliah Pilihan Pendalaman Minat

 

SBI 611 Manajemen Kompensasi                                                          

Mata kuliah Manajemen Kompensasi (MKO) bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai bagaimana mengelola program kompensasi dalam suatu organisasi atau perusahaan. MKO membahas mengenai Prinsip dasar manajemen kompensasi dan kaitannya dengan manajemen kinerja, Program dan komponen kompensasi, Sistem evaluasi pekerjaan, Struktur kompensasi, serta Sistem insentif dan berbagai komponennya

 

 

SBI 61 Manajemen Kinerja Sumberdaya Manusia                                        

Mata kuliah Manajemen Kinerja Sumberdaya Manusia (MKSDM) bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai manajemen kinerja sumberdaya manusia.  MKSDM membahas mengenai Fungsi, manfaat, peranan dan fungsi evaluasi kinerja sumberdaya manusia, Evaluasi kinerja dan produktivitas, Evaluasi kinerja informal dan formal, Metode evaluasi kinerja, Hubungan antara evaluasi kinerja dengan fungsi-fungsi SDM, Kepemimpinan, budaya dan evaluasi kinerja, Analisis hasil evaluasi kinerja, Laporan hasil evalusi kinerja, dan Membina kelangsungan sistem evaluasi kinerja.

 

SBI 613 Manajemen Pelatihan                                                             

Mata kuliah Manajemen Pelatihan (MPL) bertujuan memberikan pemahaman tentang bagaimana mengelola suatu pelatihan yang efektif dan efisien. MPL membahas mengenai Pelatihan sebagai bagian pembelajaran organisasi, Siklus pelatihan, Analisis kebutuhan pelatihan, Penyusunan kurikulum dan silabus pelatihan, Penjadwalan dan perencanaan biaya pelatihan, Penyiapan bahan/sarana belajar, Rencana program pelatihan, rekrutmen mahasiswa dan widyaiswara, Implementasi dan pelaksanaan pelatihan, Rancangan evaluasi mahasiswa, penyelenggara, dan tutor/instruktur. 

 

SBI 614 Perencanaan Sumberdaya Manusia                                                

Mata kuliah Perencanaan Sumberdaya Manusia (PSDM) bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai perencanaan SDM kepada mahasiswa MB-IPB.  PSM membahas mengenai : Perencanaan SDM secara makro, Pengertian perencanaan SDM dan kaitannya dengan perencanaan organisasi, Proses perencanaan SDM, Metode perencanaan SDM, Penelaahan kinerja SDM, Pengembangan ketrampilan, pengetahuan dan karier, dan Kasus-kasus yang berkaitan dengan perencanaan SDM.

 

SBI 623 Manajemen Inovasi Agribisnis                                                    

Mata kuliah Manajemen Inovasi (MI) bertujuan bertujuan untuk memberikan wacana pengetahuan dan wawasan mengenai bagaimana manajemen inovasi dilakukan untuk meningkatkkan kinerja organisasi dan perusahaan, khususnya dalam bidang agribisnis dan agroindustri dalam rangka meningkatkan kesejahteraan semua pelaku yang terlibat dalam sistem komoditas agribisnis.

 

SBI 622 Manajemen Teknologi Agribisnis                                                  

Manajemen Teknologi Agribisnis (MTA) dirancang untuk memberikan pengetahuan/wawasan mengenai Revolusi pengembangan teknologi, Kerangka manajemen teknologi terpadu, Riset dan pengembangan untuk inovasi, Pengelolaan teknologi, Perubahan teknologi dan kemajuan ekonomi, Pengkajian dan indikator teknologi, Strategi bisnis dan strategi teknologi, Kemampuan teknologi dan sistem informasi pendukung manajemen teknologi, serta Aplikasi pengelolaan teknologi pada kegiatan agribisnis.  Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pengelolaan teknologi secara profesional pada praktek-praktek agribisnis modern sehingga para mahasiswa memahami berbagai Strategi pemilihan teknologi, Alih teknologi, Aplikasi teknologi, dan berbagai kiat terobosan teknologi, yang mampu menambah nilai suatu produk, proses ataupun metode pada agribisnis. 

 

SBI 631 Pembelanjaan Perusahaan                                                        

Dalam manajemen keuangan, terdapat 3 (tiga) area keputusan yaitu keputusan pendanaan, keputusan investasi dan keputusan operasional. Mata ajaran Pembelanjaan Perusahaan (PP) berkonsentrasi terutama pada keputusan pendanaan, baik pendanaan eksternal maupun internal dalam rangka pembiayaan operasional dan investasi dari perusahaan, terkait dengan kebijakan dan perencanaan keuangannya. Dengan demikian manajemen (perusahaan) dituntut untuk mampu mengkaji keputusan pendanaan tersebut agar dapat mengoptimumkan nilai investasi, struktur modal dan selanjutnya nilai perusahaan.

 

SBI 632 Manajemen Investasi dan Portofolio                                              

Mata ajaran Manajemen Investasi dan Portofolio (MIP) berkonsentrasi pada keputusan berinvestasi pada surat-surat berharga/sekuritas di pasar modal. Investasi tersebut dapat berupa membeli saham sertifikat deposito, saham, obligasi atau reksadana. Salah satu kekhususan investasi pada sekuritas adalah kemudahannya untuk membentuk portofolio investasi. Mengingat berinvestasi di pasar modal membutuhkan pemahaman mengenai produk itu sendiri maupun tingkat resiko, maka pengetahuan mengenai konsep investasi dan pembentukan portofolio baik di tingkat individual maupun perusahaan menjadi penting.

 

SBI 641 Perilaku Konsumen                                                                

Mata Kuliah Perilaku Konsumen (PKO) mempelajari proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih, membeli, menggunakan dan mengevaluasi barang dan jasa. Proses pengambilan keputusan ini dipengaruhi oleh faktor psikologis konsumen seperti motivasi, kepribadian, persepsi dan sikap serta proses komunikasi konsumen. Faktor lainnya yang berpengaruh adalah lingkungan sosial dan budaya dari konsumen. Pemahaman terhadap faktor-faktor tersebut dapat bermanfaat bagi para pemasar atau produsen serta siapapun yang berkepentingan dengan konsumen untuk mempengaruhi keputusan konsumen dan memperkirakan perilaku konsumen. Dalam MK PKO ini juga akan dibahas mengenai Manajemen Promosi dan Periklanan (MPP) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan manajerial mengenai promosi dan periklanan seperti: Pengertian promosi dan periklanan, Proses perencanaan promosi dan periklanan, Pelaksanaan promosi dan periklanan, Evaluasi dan pengendalian promosi dan periklanan, dan lain-lain.

 

SBI 642 Riset Pasar                                                                        

Mata kuliah Riset Pasar (RP) mempelajari berbagai metode untuk memperoleh, mengolah dan menyajikan informasi mengenai konsumen, pelanggan, produk, pesaing, peluang-peluang pasar dan informasi lainnya yang sangat dibutuhkan untuk pengambilan keputusan manajemen.  Mata kuliah ini bertujuan untuk : 1) memberikan pemahaman tentang peran riset pasar dalam manajemen pemasaran dan manajemen bisnis, 2) memberikan pemahaman dan mampu melakukan proses/tahapan riset pasar, 3) mampu melakukan berbagai aplikasi utama dalam riset pasar seperti peramalan dan pengukuran permintaan, riset produk, serta tes pasar, riset harga, riset distribusi dan riset konsumen, serta 4) mampu menggunakan berbagai hasil riset pasar untuk pengambilan keputusan manajemen pemasaran maupun manajemen bisnis pada umumnya.

 

SBI 643 Manajemen Promosi dan Periklanan                                              

Mata kuliah Manajemen Promosi dan Periklanan (MPP) bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan manajerial mengenai promosi dan periklanan. MPP membahas mengenai : Pengertian promosi dan periklanan, Proses perencanaan promosi dan periklanan, Pelaksanaan promosi dan periklanan, Evaluasi dan pengendalian promosi dan periklanan, dan lain-lain.

 

SBI 651 Teknik-teknik Perencanaan Strategis                                              

Mata kuliah Teknik-teknik Perencanaan Strategis (TPS) bertujuan untuk memberikan kemampuan manajerial dan keterampilan teknis dalam melakukan perencanaan strategis. TPS membahas mengenai Pengertian dan ruang lingkup perencanaan dan perencanaan strategis, Sistem perencanaan strategic, Proses penyusunan rencana strategic, Pelaksanaan rencana strategis, Aplikasi SIM dalam perencanaan strategis, Pelaksanaan dan pengorganisasian penyusunan rencana strategis, serta Pengawasan, evaluasi dan pengendalian.

 

SBI 652 Manajemen Perubahan Strategik                                                  

Mata kuliah Manajemen Perubahan Strategik (MPS) bertujuan untuk memberikan konsep dasar dan keterampilan kepada mahasiswa dalam melaksanakan perubahan strategik di suatu organisasi. Dalam mata kuliah ini dibahas Faktor-faktor penyebab perubahan, Mengapa perusahaan gagal dalam melaksanakan perubahan, Tahap-tahap dalam melaksanakan perubahan, Resistensi perubahan; serta Teknik intervensi dalam perubahan.

 

SBI 653 Analisis Dayasaing Agribisnis                                                      

Mata kuliah Analisis Dayasaing Agribisnis (ADA) merupakan mata kuliah pengantar dan pembentukan kerangka bagi keseluruhan rangkaian kuliah bidang Sustainable Agribusiness Development.  Oleh karena itu, kuliah akan dimulai dengan topik Introduction to Sustainable Business Development. Pada topik ini akan dibahas pentingnya pengembangan usaha yang berkelanjutan dalam pembangunan ekonomi  dan bagaimana tiga serangkai  (dunia usaha, pemerintah dan masyarakat) dapat berperan dalam hal ini. Berbagai dilema yang muncul dalam menjalankan usaha secara berkelanjutan juga akan disajikan ditinjau dari sisi pandang ekonomi, sosial (CSR), lingkungan dan etika.  Analisis menjadi lebih kompleks karena kemitraan lintas negara merupakan keniscayaan untuk membangun dayasaing industri berlandaskan value chains. Determinan dayasaing pada masing-masing negara yang mencakup kelembagaan, politik dan ekonomi sangat berbeda satu sama lain sehingga akan diuraikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan suatu industri baik di tingkat industri, nasional maupun internasional.  Materi kuliah akan ditutup dengan kebijakan-kebijakan industri secara umum dan bagaimana kebijakan tersebut berhubungan dengan pengembangan sektor swasta dalam rangka mencapai pertumbuhan yang langgeng.

 

SBI 654 Rantai Nilai dalam Sektor Pertanian                                               

Pada mata kuliah pendahuluan (Analisis Dayasaing Agribisnis) telah ditekankan pentingnya manajemen rantai nilai dalam membangun dayasaing suatu industri atau komoditi.  Untuk dapat melakukan itu, pemahaman akan peluang dan kendala dalam rantai nilai merupakan suatu keharusan.  Analisis rantai nilai merupakan pendekatan yang sangat baik untuk memahami bagaimana pasar bekerja dalam bentuk aliran barang, aktor yang terlibat dan kelembagaan yang mendukung ataupun menghambat.  Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang insentif untuk pengembangan rantai nilai dan dampak dari koordinasi berbagai proses dalam rantai nilai.  Perhatian lebih akan diberikan pada operasi rantai nilai, peran kunci pertukaran informasi dan komunikasi, sistem dan sertifikasi mutu, dan pengelolaan rantai nilai beserta isu-isu globalisasi.

 

SBI 655 Kewirausahaan Lembaga untuk Bisnis Berkelanjutan                              

Para entrepreneur dalam agribisnis semakin dihadapkan dengan isu-isu sustainability dalam mengelola bisnis mereka. Hal ini berakibat pada berubahnya strategi operasi perusahaan yang diterapkan.  Konsep institutional entrepreneur bermanfaat untuk mengkaji berbagai proses transisi yang terjadi.  Institutional entrepreneurs adalah aktor individual maupun organisasi  yang terlibat dalam aktivitas-aktivitas  yang ditujukan untuk menciptakan berbagai perubahan kesepakatan dalam mengelola rantai nilai.  Contoh institutional entrepreneur termasuk pemerintah, berbagai organisasi pembangunan, asosiasi dagang, koperasi, kemitraan antara swasta dan publik, perusahaan-perusahaan besar dan lainnya.  Untuk berubah, institutional entrepreneurs melakukan penetapan standar, membangun kolaborasi, dan mengarahkan perubahan ke arah yang diinginkan.  Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mempunyai pemahaman yang jelas tentang saling keterkaitan yang kompleks antara dunia usaha dan masyarakat  serta mengetahui bagaimana perusahaan beroperasi secara strategik dalam lingkungan seperti ini.  Mahasiswa juga akan belajar metode dan melatih kemampuan  meneliti proses perubahan dalam rantai nilai.

 

SBI 661 Sistem Basis Data                                                                  

Mata kuliah Manajemen Basis Data (MBD) menjelaskan berbagai konsep dan teori yang melatarbelakangi sistem basis data dan berbagai aplikasinya di dunia bisnis, meliputi Pengertian dan arsitektur sistem manajemen basis data (SMBD), Model basis data, dan Disain basis data.

 

SBI 662 Sistem Penunjang Keputusan dan Informasi Eksekutif                             

Mata kuliah Sistem Penunjang Keputusan dan Sistem Informasi Eksekutif (SPKIE) membahas berbagai konsep Sistem Penunjang Keputusan (SPK) dan Sistem Informasi Eksekutif (SIE) serta berbagai aplikasinya, termasuk berbagai model Decision Support System (DSS), baik untuk kelompok maupun untuk individu.  SPKIE mencakup Konsep dasar SPK dan SIE, Tipologi DSS, Model DSS dan aplikasinya, Simulasi, Contoh penyusunan model, SPK untuk kelompok, SPK dan pemanfaatan oleh SIE, serta Pengembangan SPK dan SI

 

SBI 663 E-Bisnis                                                                            

Mata kuliah E-Bisnis membahas teknologi yang diperlukan untuk menunjang kesuksesan penerapan e-bisnis. Pembahasan mata kuliah mencakup Model-model E-Bisnis, Internetworking, Teknologi wireless, Perencanaan dan pengembangan aplikasi berbasis web yang efektif, Manajemen website e-bisnis, Security, dan berbagai tantangan e-bisnis ke depan.