beranda » mmpt » silabus Mail5 pdf word print Bookmark and Share
A.    MATRIKULASI
SBI 501              Matematika dan Statistika Terapan
Mata kuliah Matematika dan Statistika Terapan (MST) bertujuan :  1) memberikan penyegaran bagi mahasiswa yang telah pernah mendapatkan pelajaran dasar-dasar matematika dan statistika terapan, 2) memberikan pengetahuan dasar untuk mengetahui mata ajaran Metode Kuantitatif untuk Manajemen, serta 3) memberikan landasan untuk menggunakan matematika dan statistika terapan sebagai analisis dalam masalah-masalah manajemen dan bisnis.  Mata kuliah ini mencakup dasar-dasar teori, konsep, dan prosedur matematika dan statistika yang diperlukan sebagai landasan untuk mempelajari dan menggunakan metode kuantitatif untuk manajemen.

SBI 502            Teori Ekonomi
Mata kuliah Teori Ekonomi (TE) bertujuan membekali kemampuan dasar mengenai teori ekonomi kepada mahasiswa, yang mencakup teori ekonomi mikro dan ekonomi makro.  Teori ekonomi mikro membahas mengenai Perilaku permintaan dan penawaran, Mekanisme pembentukan harga dalam pasar, sedangkan teori ekonomi makro membahas mengenai Peranan pemerintah dalam mekanisme  pasar, Keseimbangan ekonomi dan pendapatan nasional serta perubahannya, dan Kebijaksanaan pemerintah di bidang ekonomi.


B.    MATA KULIAH WAJIB

SBI 511     Organisasi dan Tata Kelola Perguruan Tinggi          2
Teori sistem dan teori organisasi. Perguruan Tinggi sebagai organisasi publik. Perguruan Tinggi sebagai Learning Organization.   Tata pamong dan tata kelola Perguruan Tinggi. Peran kepemimpinan, desain, struktur dan budaya organisasi pada tata kelola Perguruan Tinggi.





SBI 517  Manajemen Akademik : Pendidikan, Penelitian dan Pelayanan Masyarakat       2
Mandat utama (core business) perguruan tinggi. Proses bisnis di perguruan tinggi. Aspek-aspek strategis dalam pengembangan kegiatan akademik (kurikulum dan pengembangan kurikulum, penyelenggaraan pendidikan, manajemen riset dan pengabdian pada masyarakat, pengelolaan hak kekayaan intelektual, dsb); Perencanaan, penyelenggaraan dan administrasi kegiatan akademik. Indikator kinerja manajemen dan administrasi akademik.

SBI 505     Ekonomi Manajerial di Pendidikan Tinggi              2
Dasar-dasar ilmu ekonomi makro , ekonomi mikro, dan ekonomi pembangunan serta implikasinya dalam pengelolaan PT; Teori, konsep, dan alat-alat analisis ekonomi serta aplikasinya dalam pengambilan keputusan manajerial untuk mencapai tujuan dengan cara yang efisien dan efektif.  

SBI 582     Peraturan Perundangan dan Kebijakan Pendidikan    2
Tata hukum dan perundangan di Indonesia. Hukum dan perundangan terkait pendidikan tinggi serta implikasinya pada penyelenggaraan perguruan tinggi. Kebijakan pendidikan tinggi nasional dan institusional.

SBI 512    Manajemen Sumberdaya Manusia    2
Arti MSDM strategik dan lingkungan eksternal global yang mempengaruhinya, fungsi-fungsi MSDM dalam penyelenggaraan perguruan tinggi, serta analisis fungsi-fungsi MSDM untuk pemecahan masalah-masalah di perguruan tinggi.  Mencakup rekrutmen, pendayagunaan, pengembangan dan promosi, kompensasi dan penghargaan, sampai terminasi (pension);  integrasi seluruh fungsi MSDM dengan strategi penyelenggaraan perguruan tinggi yang efektif dan efisien.

SBI 532     Manajemen Finansial    2
Konsep-konsep dasar pada lingkungan ekonomi (termasuk pasar uang), resiko, dan proses penilaian.  Hubungan antara investasi dan pembelanjaan terhadap tujuan perguruan tinggi serta berbagai teknik analisis di dalam penyelesaian masalah-masalah yang berhubungan dengan manajemen keuangan.  Teknik-teknik khusus dalam pengambilan keputusan untuk memaksimumkan nilai investasi.

SBI 584         Kapita Selekta Manajemen Perguruan Tinggi                         2
Peran pendidikan tinggi dalam pembangunan nasional; Situasi akses masyarakat ke pendidikan tinggi di Indonesia dan strategi untuk meningkatkannya. Partisipasi gender dalam pendidikan tinggi; Relasi antara akuisisi kompetensi di perguruan tinggi, dunia kerja, dan akses lulusan perguruan tinggi ke dunia kerja (skill profile for employability).  Serta implikasinya pada pengelolaan perguruan tinggi; Education for sustainable development.




SBI 504     Metode Kuantitatif  untuk Manajemen             2
Konsep/teori/teknik dan penerapan metode kuantitatif untuk proses pengambilan keputusan manajerial. Topik bahasan meliputi:  analisis non parametrik, regresi, deret waktu, peramalan,  model program linear dan variasinya, analisis jaringan kerja, dan analisis keputusan.  Sistematika setiap topik secara bertahap membahas proses identifikasi masalah, formulasi model, analisis/solusi model dan interpretasi hasil dari suatu fenomena (sistem) dan manajemen, khususnya di lingkungan perguruan tinggi.  

SBI 551                                               Manajemen Strategik                                                     2
Isu strategik di dalam organisasi/perguruan tinggi; analisis dan formulasi strategi sesuai dengan tujuan institusi, kondisi internal, serta tuntutan lingkungan; faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan strategi serta menciptakan iklim organisasi yang tanggap terhadap perubahan.

SBI 526                                  Sistem Penjaminan Mutu                              2
Teori dasar dan konsep mutu dalam pendidikan. Indikator mutu. Model-model penjaminan mutu. Elemen dan mekanisme sistem penjaminan mutu di perguruan tinggi.  Dokumen Mutu.
 
SBI 561      Sistem Informasi Manajemen            2
Prinsip dasar dan konsep sistem informasi manajemen, Peranan sistem informasi dalam manajemen. Teknologi sistem informasi, Aplikasi sistem informasi manajemen, Pengembangan dan rekayasa sistem informasi, Sistem manajemen basis data, serta Pengelolaan sumberdaya informasi.

SBI 692      Metode Riset Pendidikan Tinggi                                          2
Urgensi dan peran riset dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi; Dasar-dasar metodologi riset, mencakup perumusan masalah dan tujuan, pembuatan kerangka pemikiran konseptual, formulasi hipotesis, metode penelitian, teknik  pengambilan contoh, teknik pengambilan data, analisis data; Teknik perujukan sumber pustaka, pertimbangan pemilihan alat analisis, serta teknik presentasi prima. Pendekatan penelitian pendidikan tinggi, desain penelitian pendidikan tinggi, analisis data penelitian pendidikan tinggi, dan disseminasi penelitian pendidikan tinggi.

SBI 581              Komunikasi dan Diplomasi Korporat                          2
Komunikasi dan Diplomasi Korporat (KBDK) dirancang untuk memberikan pemahaman teori dan kemampuan bagi para mahasiswa bagaimana berkomunikasi secara efektif dan meningkatkan kompetensi individu maupun bagian dari anggota suatu organisasi pendidikan tinggi. Pengetahuan dan keahlian yang diperoleh dari mata kuliah ini membantu para mahasiswa dalam mencapai performa puncak dalam karirnya di masa mendatang. Mata kuliah ini juga membahas beberapa praktek dan kemampuan dasar untuk berhubungan antar individu maupun kelompok seperti bagaimana memahami bekerja dengan orang lain maupun bekerja di dalam tim. Dibahas juga beberapa materi penting mengenai kemampuan komunikasi secara efektif dan mempersiapkan komunikasi bisnis yang efektif, kemampuan komunikasi antar individu, serta kemampuan menulis dan diplomasi di bidang pendidikan tinggi.

PPS 500     Bahasa Inggris              3
Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk menerapkan tehnik membaca dengan menggunakan skimming, scanning atau reading for details; menyimpulkan makna kata-kata sulit dalam bacaan melalui context, structural clues dan affixes; membaca grafik/table, serta mengenal dan menerapkan prinsip-prinsip dasar menulis kalimat, paragraf, dan essay. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa dapat menerapkan tehnik skimming, scanning atau reading for details dalam membaca; dapat mensarikan isi bacaan secara utuh; dapat membaca informasi penting dalam grafik/table; serta dapat menulis kalimat, paragraf dan essay dalam bahasa Inggris sesuai dengan kaidah yang benar.

PPS 601      Kolokium    1
Kegiatan ini merupakan tugas rutin mahasiswa program magister dan program doktor. Kolokium berkaitan dengan bidang ilmunya, disertasi atau  tesis, dibahas di muka kelas dan dapat diambil lebih dari satu kali dengan maksimum SKS sama dengan 1.  Kolokium diasuh oleh seorang dosen atau lebih secara bergiliran. Kegiatan ini dilaksanakan oleh masing-masing program studi.

PPS 690     Seminar    1
Kegiatan ini adalah rutin bagi mahasiswa sebagai pemrasaran dan pembahasan materi hasil penelitian sebelum ujian tesis atau disertasi. Kredit seminar adalah 1 SKS. Ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk seminar adalah sebagai berikut :
o    Seminar dibagi atas empat kelompok yaitu : Kelompok Ilmu Sosial & Ekonomi, Kelompok Ilmu Hewan, Kelompok Ilmu Tumbuhan, Kelompok Ilmu Keteknikan dan Teknologi Informasi.
o    Setiap hadir di seminar, mahasiswa mengisi kartu seminar dan diparaf oleh panitia seminar sebagai tanda bukti hadir.
o     Sebelum mahasiswa memberikan seminar, mereka wajib menunjukkan Kartu Seminar dengan bukti hadir minimal 7 kali di kelompok ilmunya dan masing-masing minimal 2 kali dikelompok keilmuan lainnya yakni teknik, tumbuhan dan hewan, dan wajib pula mengikuti 1 kali kuliah umum pengantar seminar.
o    Tata tertib seminar yang terperinci dapat dibaca dalam buku Panduan Seminar SPs.

PPS 699      Tesis    6
Tesis adalah salah satu syarat memperoleh Gelar MM di Program Studi MB-IPB dengan bobot keseluruhan 6 SKS, yang meliputi Seminar rencana/proposal tesis, Pelaksanaan penelitian untuk tesis, Penulisan laporan tesis, Seminar hasil penelitian untuk tesis, dan Ujian tesis.



C.  Mata Kuliah Pilihan Pendalaman Minat

SBI 624      Technopreneurship untuk Pengelolaan Pendidikan Tinggi                       2
Konsep technopreneurship dan aplikasinya pada pengelolaan pendidikan tinggi. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan/wawasan mengenai pentingnya pemahaman tentang pengelolaan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi secara profesional sehingga berjalan secara efektif dan efisien, berbagai terobosan teknologi yang mampu memberi nilai tambah dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi/perguruan tinggi.  

SBI 633         Manajemen Aset dan Fasilitas Pendidikan                                    2
Analisis kebutuhan aset dan fasilitas penyelenggaraan perguruan tinggi. Dasar perencanaan dan sistem pengelolaan asset dan fasilitas, mencakup pengadaan, pengoperasian, pemeliharaan, retirement/disposal.

PMB 613         Manajemen Pelatihan dan Pembelajaran                                      2
Konsep dan strategi pengelolaan pelatihan dan pembelajaran yang efektif dan efisien; pelatihan sebagai bagian pembelajaran organisasi. Siklus pelatihan/pembelajaran: analisis kebutuhan,  penyusunan kurikulum dan silabus, penjadwalan dan perencanaan biaya, penyiapan bahan/sarana belajar, rencana program pelatihan/pembelajaran, rekrutmen peserta dan widyaiswara, implementasi dan pelaksanaan pelatihan, rancangan evaluasi peserta, penyelenggara, dan tutor/instruktur.  

SBI 644      Internasionalisasi Pendidikan Tinggi            2
Trend global pendidikan tinggi, termasuk tuntutan dan tantangan global, persaingan dan kerjasama global. Mobilitas internasional dan kerjasama penyelenggaraan pendidikan tinggi lintas negara; akreditasi internasional.  

PMB 541     Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi                2
Konsep manajemen pemasaran, Lingkungan pemasaran, Riset pemasaran, Strategi dan taktik pemasaran, Nilai-nilai pemasaran, Formulasi strategi dan implementasinya pada pendidikan tinggi. Aspek prosedural dan substantif manajemen pemasaran; Identifikasi, analisis, dan perumusan alternatif dan rekomendasi pemecahan masalah untuk pemasaran pendidikan tinggi.   

SBI 656             Manajemen Pengetahuan dan Inovasi                              2
Pengetahuan dan wawasan mengenai bagaimana manajemen pengetahuan dan inovasi dilakukan untuk meningkatkan kinerja organisasi dan meningkatkan kesejahteraan semua pelaku yang terlibat dalam sistem pendidikan tinggi.