beranda » mms » Metode Pendidikan Mail5 pdf word print Bookmark and Share

Metode Pendidikan

MB-IPB menawarkan kemampuan optimal dalam menyusun metode pendidikan, dan konsisten melaksanakannya dengan tanggungjawab yang tinggi untuk mendapatkan suatu kerjasama yang terbaik bagi para pesertanya.

 

Kuliah

Metode kuliah digunakan untuk memberikan pemahaman teori terkini sebagai bekal untuk meningkatkan keterampilan dan kemahiran dalam pengambilan keputusan-keputusan manajemen. Untuk matakuliah tertentu, seperti Metode Kuantitatif untuk Manajemen, kuliah disertai dengan praktikum atau pendalaman di lab. komputer.

Diskusi Kasus

Untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang teori, melihat penerapan teori dalam praktek, atau melihat keterkaitan antara teori dengan praktek, digunakan metode diskusi kasus. Dengan metode ini peserta dibimbing untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengemukakan pendapat, merumuskan masalah, melatih keterampilan analisis dan sintesis manajemen dengan menggunakan konsep dan teori yang diperolehnya, melalui proses pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Simulasi

Pelatihan dan penajaman kepekaan untuk memahami situasi yang dihadapi manajemen dan bisnis dilakukan melalui metode simulasi. Melalui metode ini diharapkan para peserta  dapat lebih menghayati peran para pengambil keputusan  dan dapat  mengambil keputusan-keputusan dalam waktu singkat serta dapat melihat hasil yang dicapai dari keputusan-keputusannya.

Metode Presentasi

Metode ini melibatkan partisipasi aktif mahasiswa yang lebih banyak. Presentasi tersebut disampaikan oleh mahasiswa perorangan atau berkelompok.  Pada akhir sesi, dosen yang bersangkutan memberikan komentar terhadap presentasi tersebut dan meluruskan teori atau konsep yang mungkin dijelaskan secara keliru oleh mahasiswa.

Metode Ceramah

Metode ceramah menyampaikan materi kuliah dengan cara ceramah oleh staf pengajar. Metode ceramah tersebut menuntut keaktifan dosen dari awal sampai akhir perkuliahan selama dua sampai tiga jam tatap muka di kelas.   

Metode Sumbang Saran dan Ceramah

Metode ini biasanya dipakai pada tiga puluh menit pertama dari sesi kuliah. Metode tersebut dipakai oleh beberapa mata kuliah seperti manajemen pemasaran, manajemen strategi.

Metode Ceramah dan Diskusi

Metode diskusi adalah metode mengajar yang cukup banyak dipakai oleh dosen. Pada metode ini ada dua variasi: yang pertama dosen memberikan sebuah materi bacaan disertai dengan beberapa pertanyaan yang harus dijawab dan didiskusikan mahasiswa setelah membaca materi bacaan tersebut. Mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok dapat diberikan bacaan dan pertanyaan yang sama atau berbeda. Pada akhir sesi, setiap kelompok diminta menyerahkan catatan hasil diskusi tersebut dalam bentuk tulis tangan atau diserahkan beberapa hari kemudian dalam bentuk diketik. Jika waktu masih tersedia, beberapa kelompok diminta untuk membacakan hasil diskusi tersebut kemudian kelompok lain atau dosen memberikan komentar terhadap jawaban hasil diskusi tersebut.

Metode Ceramah dan Demonstrasi

Metode demonstrasi yaitu metode instruksional yang menggunakan cara memperlihatkan sesuatu kepada mahasiswa. Tujuan dari metode demonstrasi adalah mempercepat mahasiswa untuk memahami suatu konsep atau prosedur yang telah mereka pelajari. Metode demonstrasi biasanya dikombinasikan dengan metode ceramah.

Metode Ceramah dan Simulasi

Metode simulasi adalah suatu metode yang melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa untuk memainkan peran-peran tertentu dalam sebuah skenario seperti sandiwara. Metode simulasi adalah menggambarkan atau memindahkan suatu fenomena nyata dalam dunia bisnis ke dalam ruang kuliah atau ke dalam komputer. Ada dua macam simulasi yang dipakai dosen yaitu bermain peran (role playing) dan permainan (game).

Widyawisata

Metode ini merupakan pengamatan  langsung pada berbagai obyek, baik di dalam maupun di luar negeri untuk memperkaya pengetahuan dan mempertajam nuansa pemahaman manajemen dan bisnis.

Penulisan Tesis

Penulisan Tesis merupakan salah satu tugas untuk menyelesaikan studi, yang harus dilaksanakan oleh peserta. Metode ini merupakan wahana untuk melatih peserta mewujudkan kemampuan teoritis dan empiris untuk menelaah persoalan manajemen secara komprehensif, serta untuk mengasah kemampuan menulis.

Melaluimetode kuliah dapat dikuasai pemahaman teori terkini sebagai bekaluntuk meningkatkan keterampilan dan kemahiran dalam pengambilankeputusan-keputusan manajemen.