beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
08-Dec-2016

LAUNCHING BUKU STUDI KASUS KEWIRAUSAHAAN NASABAH BTPN

(7/12/16) Sekolah Bisnis IPB bekerja sama dengan BTPN meluncurkan buku bertajuk kewirausahaan dengan judul “Sukses itu Tanpa Melalui Proses”. Buku ini berisikan dibalik kesuksesan para pelaku usaha kecil menengah di tengah berkembangnya pasar global. Buku “Sukses itu Tanpa Melalui Proses” berisikan 19 cerita sukses UMKM yang ditulis dengan lugas dan komunikatif oleh 12 penulis ini diterbitkan oleh IPB Press. Tujuan disusunnya kisah para pelaku usaha UMKM ke dalam sebuah buku adalah agar dapat dijadikan sebagai literatur agar menjadi bahan pembelajaran dan sumber inspirasi usaha yang terkait dengan pengembangan UMKM. 

Penulisan setiap kasus usaha dalam buku ini memusatkan perhatian pada aspek kepemimpinan, manajemen pemasaran, inovasi atau pengembangan produk, dan manajemen SDM. Terdapat 19 pelaku usaha yang kisah usahanya ditulis dalam buku ini. Kesembilan belas pelaku usaha tersebut merupakan nasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) yang berasal dari berbagai kota, yaitu Jakarta, Bogor, Pekalongan, Batang, Surabaya, Sidoarjo, Palembang, dan Makassar. Penggalian informasi dilakukan langsung oleh penulis dengan melalui wawancara, dan pengamatan langsung di lokasi usaha. 

Peluncuran buku yang diselenggarakan di R. Mahoni Sekolah Bisnis IPB tersebut turut dihadiri Andri Darusman (Daya Head Bank BTPN), Para penulis, Dr. Arief Daryanto, Prof. Noer Azam Achsani, Dr. Idqan Fahmi beserta staf pengajar SB-IPB lainnya.  Disamping itu, dihadiri  juga mahasiswa, Nasabah BTPN, pelaku UMKM dan masyarakat umum. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Daya Head Bank BTPN buku ini merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan UMKM nasional serta menciptakan lapangan kerja baru. Dengan diluncurkannya buku ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat luas dalam menumbuhkan semangat berwirausaha. Peluncuran buku ditandai dengan pemberian simbolis buku kepada perwakilan pelaku usaha yang kisahnya diangkat dalam buku oleh Daya Head Bank BTPN dan Dr. Arief Daryanto.
 
Dr. Arief Daryanto  dalam sambutan mengungkapkan apresiasi atas diterbitkannya buku “Sukses itu Tanpa Melalui Proses” dan berharap buku ini dapat diikuti dengan tulisan-tulisan lainnya yang menginspirasi pelaku usaha UMKM.
 
 
 
Dalam peluncuran buku ini juga diselenggarakan talk show dengan penulis, pelaku UMKM dan mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut dihadirkan Prof. Azam (perwakilan Penulis), Ibu Eka (Pengusaha Bolu Pisang), Bapak Bustanul (pengusaha Air isi ulang) dan Annisa (Mahasiwa magister SB-IPB). Prof. Azam menyampaikan bahwa penulisan buku ini merupakan salah satu cara kita untuk menginspirasi pembaca untuk terus berusaha dan berwirausaha. Beda cerita dengan Ibu Ika yang cerita suksesnya menjadi bagian dari buku “Sukses itu Tanpa Melalui Proses” menjelaskan bahwa pengusaha itu harus memiliki tekad yang kuat dibandingkan dengan hanya modal besar. Karena dengan tekad maka segala usaha akan dilakukan untuk mencapaiknya. Sebaliknya pak Bustanul yang merupakan salah satu pensiun menyatakan bahwa pensiun itu merupakan awal untuk berkarya dan bukan akhir segalanya. Inilah yang membuat pak bustanul melakukan usaha air isi ulang selepas pensiun. Kisah sukses pak bustanul juga disampaikan/diceritakan dalam buku “Sukses itu Tanpa Melalui Proses”.
 
Di samping takshow, acara ini juga diikuti pameran oleh para pelaku UMKM diantara Hen's Instant Omelette (Telur Instan) (Mahasiswa SB-IPB), Roti Gambang, Sun Pride, Boneka Horta, Bolu Pisang dan lainnya. Acara diakhiri dengan diskusi dan ramah tamah.

kembali ke arsip