beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
23-May-2016

MUSYAWARAH NASIONAL HIMPUNAN ALUMNI SB-IPB

(Bogor, 21/5/16) Sekolah Bisnis IPB, menyelenggarakan Musyawarah Nasional Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB yang berlangsung di IPB International Convention Center (IICC) Bogor. Dalam acara ini dihadiri oleh kurang lebih 300 Peserta MUNAS Alumni SB-IPB yang terdiri Alumni Program Magister dan Program Doktor SB-IPB, para mitra/Stakeholders SB-IPB.
 
Munas ini diselenggarakan karena adanya peningkatan tuntutan internal MB-IPB dan IPB serta tantangan yang semakin besar dari lingkungan eksternal, menjadikan IPB melalui SK Rektor No. 5/IT3/OT/2015 merubah MB-IPB menjadi Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB). SB-IPB mendapatkan mandat untuk menyelenggarakan program multi strata yaitu S1 Sarjana Bisnis, S2 Magister Bisnis dan S3 Doktor Bisnis. SB-IPB berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, sehingga menghasilkan para alumni yang berkualitas baik dari segi akademik maupun non-akademik. Berdasarkan data Divisi Akademik, hingga akhir tahun 2015 jumlah alumni Program Magister sebanyak 3.304 orang dan 127 alumni Program Doktor. Jumlah alumni tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya dan juga akan dilengkapi dengan alumni Program Sarjana Bisnis yang pada tahun 2019 akan segera meluluskan alumninya.
 
Perkembangan jumlah alumni SB-IPB yang begitu pesat harus didukung dengan sebuah lembaga kealumnian yang mampu mempererat tali silaturahmi semua alumni dari berbagai strata pendidikan, mampu mendayagunakan alumni SB-IPB untuk memberikan sumbangsih alumni bagi institusi dan bangsa, serta mampu menggerakkan alumni dalam jejaring yang kuat dan menjadi wadah penyaluran daya cipta dan karsa para alumni SB-IPB. Munas Alumni SB-IPB bertujuan untuk menghimpun pemikiran dan ide-ide alumni dan stakeholders SB-IPB dalam pengembangan organisasi Alumni SB-IPB serta mempersiapkan susunan kepengurusan Organisasi Kealumnian SB-IPB yang akan bertanggungjawab dalam melaksanakan amanah pengembangan organisasi Alumni SB-IPB.  
    
Munas dimulai dengan Seminar "Role Entrepreneurship Development and Innovation in Improving SME Competitiveness", dengan pembicara Prof. Roy Sembel & Dr. Handry Santriago (GE), dan moderator Dr. Aviliani. Melalui seminar ini Prof. Roy Sembel memaparkan mengenai entrepreneurship yang perlu dibangun melalui mindset. Pembentukan mindset berwirausaha ini akan menuntut orang untuk berpikir kreatif. Berdasarkan kondisi Indonesia saat ini, potensi menghasilkan para wirausahawan, seharusnya akan lebih besar terlebih dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi yang didapat melalui media internet. Berbeda dengan pembicara Prof. Roy Sembel, pembicara yang merupakan CEO General Electric Indonesia Dr. Handry Santriago ini memberikan motivasi mengenai daya saing orang Indonesia di mata dunia yang ia contohkan seorang lulusan SMK yang berhasil meraih sayembara mengenai desain jet engine bracket  yaitu salah satu komponen untuk mengangkat mesin pesawat terbang yang paling ringan dari komponen serupa yang pernah dibuat di dunia serta mengalahkan lulusan insiyur dari swedia dan Inggris. Kedua pembicara ini juga menekankan pentingnya sekolah bisnis dalam mendukung kewirausahaan sangat berpengaruh nantinya.  
    
Acara kemudian dilanjutkan dengan siding pleno munas SB-IPB yang hasil dari sidang pleno munas SB-IPB tersebut ditetapkan Dr. Ir. R. Rudy Irawan  sebagai Ketua Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB periode 2016-2019 . Selamat bertugas dan sukses  Dr. Ir. R. Rudy Irawan  semoga Himpunan Alumni SB-IPB secara signifikan memberikan sumbangsih nyata untuk Indonesia, khususnya dibidang manajemen, bisnis, dan Entreprenurship.

kembali ke arsip