beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
26-Jan-2016

TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DALAM RANGKA REFORMULASI STRATEGI BISNIS DAN KOORPORASI

CEO Forum – 27 Januari 2016. Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor kedatangan Wakil Dari PT. Sucofindo, Ir. Arief Safari, MBA . Beliau juga merupakan alumni Institut Pertanian Bogor jurusan Jurusan Teknologi Industri Pertanian. Saat ini beliau juga masih berstatus mahasiswa program doctoral di Sekolah Bisnis IPB. CEO Forum kali ini beliau menyampaikan dengan topik “Transformational Leadership dalam rangka Reformulasi Strategi bisnis dan Koorporasi”. Melalui CEO forum ini juga beliau tidak lupa menyampai mengenai sucofindo yang mana telah didirikan sejak 22 Oktober 1956. Saat ini Sucofindo menjalankan bisnis bidang, Inspeksi dan Audit, Pengujian dan analisa, Sertifikasi, Konsultasi, Pelatihan. Selain itu saham perusahaan Sucofindo masih menjadi milik Negara Republik Indonesia sebesar 95% sedangkan dari pihak eksternal sebesar 5% yaitu SGS dan SA. Pak Arief juga mengemukakan bahwa sampai saat ini sucofindo memiliki jaringan perusahaan sebanyak 48 titik layanan , 18 Laboratorium, dan dibantu karyawan sebanyak 2700 orang.

“Saat ini Sucofindo masih menjadi market leader dalam bisnis surveyor, dengan dominasi pelayanan untuk pemerintah”, kata arief.  Tetapi menurutnya hingga tahun 2006 sucofindo mengalami laba bersih yang stagnan yang mana para direksi sudah memperkirakan pada lima tahun kedepan sucofindo mengalami kerugian yang akan menjadi masalah bagi perusahaan. Hal tersebut juga telah disampaikan melalui kerjasama sucofindo dengan LM-FEUI melalui penelitian mereka, sehingga sucofindo perlu dilakukan reformulasi. Beliau juga menyampaikan cara bagaimana melakukan reformulasi ini. Pertama, Establishing a sense of urgency yang mana tahapan ini merupakan tahapan yang mempertanyakan bahwa kenapa perubahan ini perlu dilakukan.  Kedua, Creating The Guiding Coalision yaitu membangun tim untuk melakukan perubahan agar dapat dukungan dari karyawan lain untuk melakukan perubahan. Ketiga, Developing vision and strategic yang mana tahapan ini merupakan tahapan aksi pengembangan arah perubahannya melalui strategi yang dibuat dengan arah visinya. Keempat, Communicating the change vison yaitu menginformasikan perubahan visi kepada seluruh karyawan yang ada agar semua lapisan karyawan mengetahui bahwa perusahaan melakukan perubahan yang melalui visi yang telah dikembangkan dari tahap sebelumnya. Kelima, Empowering employes for Broad based action yaitu memperdayakan dengan melakukan project agar perubahan akan lebih masif. Keenam, Generating Short term twins yang mana melakukan insentif untuk karyawan agar mereka mengangap perubahan itu terjadi dari insentif tersebut. Ketujuh, Consodating Gains and producing more change yang mana tahapan ini melakukan pengecekan perubahan ini. Anchorching New Approches in the culture, tahapan ke terakhir ini melakukan perubahan melalui pendekatan dari budaya yang ada di perusahaan agar terbiasa dengan perubahan-perubhan tersebut. Pentingnya perubahan ini dalam perusahaan khususnya Sucofindo akan menjadi salah satu cara meningkatkan persaingan globalisasi yang semakin meningkat. 

kembali ke arsip