beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
06-Oct-2016

SB IPB: KAJIAN RUTIN HARI KAMIS

Sekolah Bisnis IPB secara regular menyelenggarakan “Kajian Rutin Hari Kamis” setiap minggunya. Kagiatan ini dihadiri oleh civitas akademika SB-IPB baik para pimpinan, staf, mahasiswa serta jamaah pengajian “Kajian Rutin Hari Kamis”. Pada kesempatan hari ini 6 oktober 2016 dipimpin oleh Ust. Muhajir. Adapun tema yang diangkat adalah "Ketaqwaan".

Dalam paparannya, beliau membacakan Arti Qur’an Surat Ath-Tholaq ayat ke 2-3:
“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (At-Thalaq: 2-3).

Dari firman Allah tersebut, Allah menjelaskan bahwa orang yang merealisasikan taqwa akan dibalas Allah dengan dua hal:
Pertama, “Allah akan mengadakan jalan keluar baginya” Artinya, Allah akan menyelamatkannya sebagaimana dikatakan Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, dari setiap kesusahan dunia maupun akhirat , Kedua, “Allah akan memberi rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” Artinya, Allah akan memberi rizki yang tak pernah ia harapkan dan angankan.

Selain dua hal tersebut Ust. Muhajir juga menyampaikan bahwa takwa bukan hanya sumber solusi dan rizki namun memudahkan urusan bagi orang muttaqin dan menutupi kejelekan dan dilipatgandakan pahala kebaikan bagi orang muttaqin. Sebagaimana dalil dalam firman Allah swt dalam Al-Qur'an Surat At-Thalaq ayat 4 dan 5 yang berarti: "Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.…dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya".

Terakhir beliau juga menyampaikan bahwa dengan taqwa bagi orang muslim akan menjadikan/memberikan kemudahan setelah kesulitan. Hal ini sesuai dengan dalil firman Allah swt dalam al-Qur'an yang berbunyi: Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan. [At-Thalaq : 7]

kembali ke arsip