beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
28-Apr-2016

KEGIATAN PENGAJIAN SB-IPB: REZEKI DAN JALAN KELUAR DARI PERSOALAN HIDUP

(28/04/16) Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) secara regular menyelenggarakan kajian hari kamis setiap minggunya yang dilaksanakan di Gedung SB-IPB. Kajian ini diikuti oleh civitas akademik SB-IPB. Kajian minggu ini mengangkat tema “Rezeki dan Jalan Keluar dari Persoalan Hidup” yang disampaikan oleh Ust. Dr. Irfan Sauqi Beik (Dosen Program Manajemen Syariah SB-IPB).

Dalam tausiyahnya beliau mengupas arti dari QS. Al-Ankabut: 62 yang artinya “Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hambaNya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya, Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa rezeki akan Allah lapangkan bagi siapa saja yang dikehendakiNya. Oleh karena itu, tidaklah pantas jika kita sebagai hambaNya tidak mensyukuri rezeki yang Allah berikan. Syukur juga menjadi hal penting yang biasa dirasakan oleh orang beriman.

Dalam kajian ini,  Ust. Dr. Irfan Sauqi Beik juga membahas tentang cara agar Allah mudahkan rezeki kita,  diantaranya dengan menjadikan Allah sebagai tujuan dan alasan dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan. Selain itu juga memerhatikan apa saja yang dilarang dan diperintah oleh Allah. Maka dengan hal tersebut Insya Allah, Allah akan memudahkan jalan kita dalam mendapatkan rezeki yang diberikan keberkahan oleh Allah. (AF)

kembali ke arsip