beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
09-May-2014

KOLABORASI MAHASISWA MB-IPB (CUSTOMER AGENT) DAN PASARDAYA BPTN

 

 

Sebagai bentuk upaya untuk memberdayakan mass market Indonesia, saat ini Daya dari BTPN membuka akses pasar yang lebih luas melalui pasar online yaitu Pasardaya. Saat ini, Daya berkolaborasi dengan MB-IPB dalam program pemberdayaan mass market yang sudah berlangsung selama 5 bulan. BTPN dengan MB-IPB sendiri sudah menjalin kerja sama dalam program lainnya selama kurang hampir 4 tahun.

Di Pasardaya, mahasiswa berperan sebagai Customer Agent yang akan menjadi jembatan bagi mass market untuk menjual produknya secara online di Pasardaya.

Keterlibatan mahasiswa MB-IPB sebagai Customer Agent dalam mengembangkan usaha mass market di Pasardaya merupakan bentuk kepedulian MB-IPB dalam membuat perbedaan dalam hidup masyarakat Indonesia. Berikut adalah cerita dari Pak Cecep Solihin, pengusaha roti gambang yang sudah berjualan di Pasardaya.

“Sebelumnya, saya jual roti dari mulut ke mulut. Lalu saya diajarkan oleh keponakan saya untuk jualan lewat internet. Canggih ya, semua orang dari daerah berbeda bisa lihat dan beli roti saya. Waktu itu, ada tiga orang mahasiswa MB-IPB yang datang ke rumah dan ajak saya untuk jual roti gambang buatan saya lewat internet namanya Pasardaya. Saya langsung tertarik karena saya berharap roti gambang buatan saya bisa lebih terkenal dan laku.”

Peranan Customer Agent sangat membantu Pak Cecep menjual roti gambang secara online :
“Mereka membantu saya memfoto produk agar terlihat menarik, jadi orang yang melihat di Pasardaya tertarik untuk membeli roti buatan saya. Lalu, mereka juga yang memasukkan fotonya ke Pasardaya. Seminggu sekali, mereka datang menemui saya untuk mengecek hasil penjualan saya. Mereka bilang, bulan Mei nanti saya akan diajarkan bagaimana cara memfoto produk, masukin foto ke pasardaya, sampai mengemas produk saya agar lebih menarik lagi. Saya senang karena mereka mau bantu saya untuk mengembangkan usaha saya. Selama kurang lebih satu bulan saya jualan lewat internet di Pasardaya, sudah ada  15 pesanan dari luar kota yang saya terima. Saya berharap dengan jualan lewat  Pasardaya dibantu oleh mahasiswa MB-IPB, semakin banyak lagi yang beli roti gambang saya.”

Cerita di atas adalah bentuk perwujudan pemberdayaan mass market yang dilakukan oleh Customer Agent dari MB-IPB melalui Pasardaya. Mari terus sebarkan semangat pemberdayaan!



kembali ke arsip