beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
01-Dec-2015

KERJASAMA SB-IPB DAN MAFF DATANGKAN PERUSAHAAN JEPANG KE CEO FORUM

(Ruang Mahoni, 1/12/2015), CEO Forum kali ini merupakan rangkaian kerjasama SB-IPB dengan MAFF (Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries of Japan). Kerjasama ini merupakan kerjasama yang terkait pengembangan sumberdaya manusia melalui kerjasama dengan Universitas yang berada di Kawasan ASEAN yang mana salah satunya SB-IPB. Melalui kerjasama ini dihadirkan perwakilan dua perusahaan besar asal jepang Mayekawa dan Yoshinoya. Dalam kesempatannya perusahaan Mayekawa diwakili oleh pembicara Shinji Kono, sedangkan pembicara dari Yoshinoya diwakili Yukihisa Nishimura dengan moderator CEO forum ini oleh Dr. Ir. Heny K Daryanto, M.Ec (Dosen SB-IPB).

Pembicara dari mayekawa memaparkan bahwa perusahaannya berdiri pada 1924 dengan berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Perusahaan ini bergerak di industri pembuatan dan penjualan berbagai macam kompresor gas terutama untuk pendingin, plant engineering dan service engineering yang berhubungan dengan pertanian, industri pengolahan daging dan hasil laut, distribusi makanan, serta di bidang energi.

 

“Pengawetan makanan bertujuan menjaga makanan dari pembusukan oleh mikroba serta kerusakan oleh bahan kimia dan reaksi biokimia yang mana dilakukan dengan pengontrolan Suhu, Kandungan air, pH, dan oksigen sehingga makanan dapat bertahan lama serta dapat dimakan di manapun dan kapanpun kita mau”, ungkap pembicara dalam Forum tersebut. Dalam penyampaian tersebut beliau juga menjelaskan bahwa proses pengawetan bisa dilakukan dengan pembekuan pada makanan untuk menghilangkan air dari matriks makanan dan membentuk kristal es. Hal ini karena "Air" adalah fasilitator kerusakan biokimia dalam makanan sehingga perlu diperhatikan proses pembekuannya dan juga penyimpanan makanan beku tersebut untuk menjaga kualitas makanan agar tidak menurun.

Dalam kesempatan tersebut pula, beliau juga menunjukan peralatan pendinginan yang merupakan produk yang mereka jual. Produk tersebut menggunakan refrigran alami berdasarkan natural five yaitu Amonia (NH3), Karbon dioksida (CO2), Hidrokarbon (HC), Udara, sehingga Produk yang mereka punya tergolong ramah lingkungan yang mana untuk melindungi Lapisan Ozon dan mencegah pemanasan global. Peralatan refrigran terbaru yaitu Newton dan PascalAir.

Sementara itu perusahaan jepang di bidang makanan Yoshinoya juga berkesempatan memaparkan penjelasan mengenai perusahaannya oleh  Yukihisa Nishimura sebagai pembicara. Beliau memaparkan profil Yoshinoya yang mana sudah ada sejak tahun 1899 di Jepang. Saat ini cabang terbanyak masih di jepang, sedangkan untuk di Indonesia sendiri terdapat sebanyak 45 outlet. Perusahaan yang memilki filosophy “for the people” ini melihat peluang bahwa setiap orang yang hidup pasti membutuhkan makan. Hal tersebut membuat yoshinoya dalam memenuhi pasar berprinsip kepada safety, nutrition, dan good taste. “Kebersihan merupakan kunci persyaratan untuk sebuah restaurant sehingga penting memperhatikan manajemen hygiene”, ujarnya. Berkaitan dengan hal tersebut ia juga mengatakan, “pentingnya penyajian makanan yang bernutrisi sehingga membuat makanan tersebut memilki nilai tambah untuk di konsumsi”, ujar pembicara asal jepang tersebut. 

 

kembali ke arsip