beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
12-Dec-2014

TIGA PERGURUAN TINGGI BUKA MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Tiga perguruan tinggi yakni Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (MMPT) sebagai mandat dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI).

“Universitas Indonesia (UI) juga mendapat mandat  serupa, namun hingga kini belum membuka,” ungkap Ketua Program Studi  MMPT UGM, Prof.  Dr. Ir. Sahid Susanto, MS di dampingi sekretarisnya Dr-Ing. Ir. Singgih Hawibowo saat menerima kunjungan mahasiswa MMPT-Manajemen dan Bisnis (MB), Sekolah Pascasarjana IPB Angkatan EK16.

Lebih lanjut Prof. Sahid mengatakan,  MMPT bertujuan menyiapkan sumberdaya manusia berderajat magister yang memiliki kompetensi di bidang manajemen pendidikan tinggi dan mampu meningkatkan kapabilitasnya sebagai pelaku, manajer atau regulator/birokrat dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi profesional.

“Di negara maju seperti Amerika Serikat dan Jerman, program MMPT dan doktor MPT sudah diselenggarakan sejak tahun 1950-an. Di Indonesia baru empat tahun terakhir. Rencana ke depannya selain MMPT, DIKTI juga akan membuka kelas doktor Manajemen Pendidikan Tinggi. Peserta MMPT ini lebih dikhususkan untuk tenaga kependidikan di pendidikan tinggi,” kata Prof. Sahid. Menurut Prof. Sahid pula, Program Studi MMPT UGM sudah membuka untuk empat angkatan, sementara MMPT-MB IPB baru tiga angkatan.

Sekarang melalui program Higher Education Leadership and Management (HELM), Unites Stated  (USAID) bekerjasama dengan DIKTI menggelar HELM Course Program 2014 dalam bentuk blended learning berbasis online dan webinar bagi lima perguruan tinggi penyelenggara MMPT, yakni tiga perguruan tinggi di atas ditambah Universitas Negeri Jakarta  (UNJ) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

“Pada tahun 2015 nanti  masing-masing perguruan tinggi Indonesia penyelenggara MMPT akan mengirimkan dua perwakilannya untuk studi banding selama enam bulan di Amerika,” jelas Prof. Sahid.

Asisten Direktur Bidang Sumberdaya dan Keuangan MB IPB, Dr. Ir. Idqan Fahmi, M.Ec dalam sambutannya mengatakan, kunjungan mahasiswa MMPT-MB IPB Angkatan EK16 ini dalam rangka studi banding  tentang manajemen perguruan tinggi khususnya penyelenggaraan MMPT, jaminan mutu dan pemasaran UGM.

“Kami ingin mengetahui lebih dalam pengelolaan UGM terkait tiga hal tersebut. Sebagai informasi mahasiswa MMPT IPB EK 16  atau angkatan kedua ini berasal dari berbagai latar belakang diantaranya Universitas Tadulako, Universitas Andalas, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kopertis dan IPB,” kata Dr. Idqan.

Sebelumnya, mahasiswa MMPT-MB IPB Angkatan EK16  diterima hangat dan berdiskusi dengan Direktur Akademik UGM, Dr.Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih, Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof. Dr. Kusminarto dan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat UGM, Wijayanti, M.Sc.(ris)

sumber: http://news.ipb.ac.id/news/id

 

kembali ke arsip