beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
29-Jun-2015

LOKAKARYA AKADEMIK ”ASSURANCE OF LEARNING” SEKOLAH BISNIS IPB

Pada tahun 2015,  Institut Pertanian Bogor (IPB) telah membentuk Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB) yang meliputi Program Studi Sarjana Bisnis (S1), Program studi Magister Bisnis (S2) dan Program Studi Doktor Bisnis (S3) berdasarkan SK Senat Akademik IPB Nomor: 23/SA-IPB/2015 tentang Persetujuan Pembentukan Sekolah Bisnis IPB dan SK Rektor IPB Nomor 5/IT3/OT/2015 tentang Pembentukan Sekolah Bisnis IPB. Dalam hal ini, IPB mengintegrasikan Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis-IPB (MB-IPB) yang telah sebelumnya menyelenggarakan Program Studi Magister Bisnis (S2) dan Program Studi Doktor Bisnis (S3) menjadi bagian dari SB-IPB. Lokakarya Akademik SB-IPB penting dilakukan guna membahas perkembangan keilmuan bisnis sekaligus membahas kurikulum S1 SB-IPB, yang hasilnya nanti diharapkan akan tersusun kurikulum yang sangat baik dalam memenuhi tuntutan pasar, sekaligus memenuhi standard nasional (sesuai KKNI), maupun standard internasional. Lokakarya Akademik SB-IPB bertemakan ”Assurance of Learning” Sekolah Bisnis IPB yang diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 26-27 Juni 2015 di Gedung MB-IPB. Lokakarya kali ini sekaligus akan membahas kurikulum S2 dan S3, yang merupakan kegiatan rutin setiap 5 tahun.

 

Lokakarya Akademik dibuka Langsung oleh Rektor IPB Prof.Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc, dan dihadiri oleh beberapa pejabat IPB, Senat Akademik, Majelis Wali Amanah IPB, Dosen, Mahasiswa  maupun stakehoders. Dalam sesi pertama di hari pertama Prof. Dr. Ir. Agus W. Suhadi - Wakil Ketua STIE Prasetiya Mulya menyampaikan topik : "Sekolah Bisnis : Kini, Tantangan dan Prospek Kedepan (Business Schools: Current, Challenges and Opportunities)" dan  Dr. Ir. Arief Daryanto - Ketua APMMI/Direktur MB-IPB menyampaikan topik "Masa Depan Pendidikan Bisnis  (The Future of Business Education)" yang dimoderatori oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB (Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS). Selanjutnya Sesi Kedua Ir. Lien Herlina, MSc - Direktur PPA IPB/Tim Belmawa Dikti membawakan topic  "IQF/KKNI Assurance of Learning Cycle" dan Dr. Ir. Heny K. Daryanto, M.Ec - Dosen SB-IPB/Tim Belmawan Dikti membawakan topik "AACSB Assurance of Learning Standards: An Interpretation". Sesi Terakhir Di isi oleh Prof. Dr. Ir. Noer Azam Achsani, MSc - Asdir Akademik dan Kemahasiswaan MB-IPB yang mengangkat tema "Learning Goals, Learning Outcomes & Curriculum Mapping for Undergraduate Program SB-IPB " yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Rizal Syarief, DESS.

Pada Hari Kedua, Lokakarya Akademik dibuka oleh Dr. Ir. Arief Daryanto (Direktur MB-IPB). Pada Sesi pertama di Isi oleh Dr. Arief Daryanto, MEc (Ketua APMMI dan Direktur MB-IPB) dengan topik “Blended learning models in management and business education” dan Prof. Dr. Ir. Musa Hubeis, MS, Dipl.Ing, DEA - Guru Besar FEM IPB dengan topik : "Unique Value Preposition for SB-IPB", Sesi ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Noer Azam Achsani, MSc. Selanjutnya Lokakarya diakhiri oleh penyampaian materi oleh Prof. D. Ir. Ujang Sumarwan, MSc - Guru Besar FEMA IPB dengan tema "Learning Goals, Learning Outcomes & Curriculum Mapping for Graduate Programs (MM/DMB) " dan Dr. Ir. Idqan Fahmi, M.Ec - Asdir Bidang Sumberdaya MB-IPB dengan  Topik "Evaluasi Penyelenggaraan Program S2 dan S3 Lima Tahun Terakhir (2010-2015)", dengan moderator Prof. Dr. Ir. Rina Oktaviani, MS.

 

Sekolah Bisnis IPB merupakan elevasi MB-IPB. Dapat dikatakan Sekolah Bisnis saat ini merupakan “full pledge business school” yang lengkap, tidak hanya menawarkan program studi di tingkat pascasarjana (S2 dan S3) manajemen dan bisnis, tetapi juga program studi S1 Sarjana Bisnis. Tentunya Sekolah Bisnis ke depan dapat terus melakukan perbaikan atau “continuous improvement”. Pencapaian misi SB-IPB sebagai lembaga  pendidikan bisnis yang terkemuka di Asia Tenggara melalui pengembangan SDM berbasis kewirausahaan (entrepreneurship) dapat diwujudkan. Mengingat kinerja dan prestasi yang selama ini MB-IPB raih. Tentu keyakinan ini tidak tanpa dasar karena selama ini dalam perkembangannya MB-IPB selalu mengutamakan kualitas dalam melaksanakan mandat yang diberikan.

Dari Lokakarya Akademik Sekolah Bisnis ini diharapkan mampu mendapatkan masukan-masukan dari para pakar dan juga segenap pimpinan-pimpinan IPB agar sekiranya kurikulum yang tersusun nanti mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai kompetensi sains, tetapi juga kreatif, inovatif dan berjiwa entrepreneur.  Lulusan SB-IPB nantinya diharapkan mampu menjadi entrepreneur (yang jumlahnya masih sangat sedikit) atau menjadi konsultan bisnis yang handal dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa kita.

kembali ke arsip