beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
12-Nov-2014

CEO FORUM: FAMILY BUSINESS & ENTREPRENEURIAL FAMILY

(Selasa, 11/11/14), CEO Forum kali ini mengangkat topik tentang Family Business & Entrepreneurial Family: How do we survive a business succession? yang disampingkan oleh Jurgen Geerlings, Managing Director of Fambusco Resources, Managing Partner MESA Family Business Consultants, and Academic Director Tias School for Business and Society at Tilburg University.

Jurgen G. mengemukakan bahwa suatu bisnis/usaha tergolong ke dalam family business  jika isu-isu dalam keluarga mempengaruhi suatu bisnis dan sebaliknya isu-isu dalam bisnis dapat juga mempengaruhi dinamika keluarga. Lanjut Jurgen G., family business memiliki karakteristik yang unik seperti adanya keterkaitan yang tinggi (interconnected), berbasis keluarga (family unity), dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pemberdayaan lingkungan sekitar, sehingga membutuhkan pendekatan strategi yang berbeda dengan bisnis non keluarga. Berdasarkan penelitian, pada umumnya family business memiliki kinerja manajemen keuangan yang lebih baik dibandingkan dengan bisnis non keluarga. Tentunya, kondisi ini didukung dengan komitmen yang kuat dalam keluarga dan nilai-nilai bisnis diadopsi dengan prinsip yang sama dalam keluarga.  

Dalam CEO Forum kali ini Jurgen G. memberikan studi kasus terkait perencanaan suksesi dalam suatu family business yang bersama-sama dipecahkan oleh peserta. Studi kasus ini mampu mengakomodasi peserta untuk aktif berpartisipasi memberikan saran dan melihat sejauhmana peserta memahami dinamika yang terjadi dalam suatu  family business. Berdasarkan hasil diskusi, diperoleh bahwa untuk mencegah adanya konflik interes pada  family business membutuhkan sinkronisasi antara  siklus bisnis dan keluarga serta memerlukan perencanaan sumberdaya keluarga untuk mengembangkan strategi bisnis ke depan. Oleh karena itu, dalam family business diperlukan pembagian peran dan tanggungjawab antara keluarga, pemilik dan manajemen (HA&AN).

Download Materi

kembali ke arsip