beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
29-Feb-2016

PRA MUSYAWARAH NASIONAL ALUMNI SB-IPB

Kegiatan Pra Munas ini dilaksanakan pada Minggu, 28 Februari 2016 di Gedung Mahoni – SB IPB, Bogor yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB untuk registrasi dan diakhiri dengan acara makan siang bersama pukul 12.00 WIB. Pra Munas ini dihadiri oleh 100 orang dari alumni SB IPB baik Master maupun Doktor. Penyelenggara kegiatan ini adalah gabungan personil dari civitas akademika SB IPB maupun alumninya, yang dibagi menjadi Panitia pengarah (Steering Committee) yang diketuai oleh Dr. Muclis Ahmady (Angkatan DMB-4 ) dan Panitia Pelaksana (Organizing Committe) diketuai oleh Asep Taryana, S.TP, MM. (Angkatan R-42)

Para tamu undangan disambut oleh Drs. Yudha Heriawan Asnawi, MM selaku Pengurus IAMMA yang menyampaikan pendalaman konsep dari organisasi kealumnian. Kemudian dilanjutkan arahan dari Dr. Ir. Arief Daryanto, Mec sebagai keynote speaker yang menyampaikan motivasi dan arahan langkah awal Munas dan Alumni SB IPB serta memaparkan bagaimana Munas memiliki dampak bagi almamater.

Acara diskusi dimoderatori oleh Bapak M. Zachrul Mutaqiem yang memperkenalkan Dewan Presidium sebelum diskusi dimulai. Dewan Presidium yang terdiri dari tujuh orang, yaitu Asep Taryana, S.TP, MM., Drs.Yudha Heriawan Asnawi, MM., Dr. Muchlis Ahmadi, Dr. Koes Pranowo, Dr. Roeddy Irawan, Dr. M. Darmin dan Dr. Ahmad Fajroji yang akan membahas mengenai pelaksanaan Munas dan penjaringan alumni.

Peneyelengaaraan Pra Musyawarah Nasional (Pra Munas) Alumni Sekolah Bisnis IPB didasarkan sejarah panjang yang dimiliki oleh SB IPB, dimana pada awal mulanya Sekolah Bisnis IPB bernama Magister Manajemen Agrisbisnis IPB atau biasa disingkat MMA-IPB. MMA-IPB memiliki Lembaga Kealumnian yang bernama Ikatan Alumni Magister Manajemen Agribisnis (IAMMA) yang mewadahi alumni Program Magister. Transformasi MMA-IPB pada tahun 2005 menjadi Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis (MB-IPB) memperluas portofolio program yang diselenggarakan yaitu tidak saja Program Magister tetapi juga Program Doktor. Namun demikian, lembaga kealumnian IAMMA hingga saat ini dirasa belum menjadi organisasi yang mampu merangkul alumni MB-IPB, khususnya untuk alumni Program Doktor.

 

Peningkatan tuntutan internal MB-IPB dan IPB serta tantangan yang semakin besar dari lingkungan eksternal, menjadikan IPB melalui SK Rektor No. 5/IT3/OT/2015 merubah MB-IPB menjadi Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB). SB-IPB mendapatkan mandat untuk menyelenggarakan program multi strata yaitu S1 Sarjana Bisnis, S2 Magister Bisnis dan S3 Doktor Bisnis. SB-IPB berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, sehingga menghasilkan para alumni yang berkuliatas baik dari segi akademik maupun non-akademik.

Berdasarkan data Divisi Akademik, hingga akhir tahun 2015 jumlah alumni Program Magister sebanyak 3.304 orang dan 127 alumni Program Doktor. Jumlah alumni tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya dan juga akan dilengkapi dengan alumni Program Sarjana Bisnis yang pada tahun 2019 akan segera meluluskan alumninya. Perkembangan jumlah alumni SB-IPB yang begitu pesat harus didukung dengan sebuah lembaga kealumnian yang mampu mempererat tali silaturahmi semua alumni dari berbagai strata pendidikan, mampu mendayagunakan alumni SB-IPB untuk memberikan sumbangsih alumni bagi institusi dan bangsa, serta mampu menggerakkan alumni dalam jejaring yang kuat dan menjadi wadah penyaluran daya cipta dan karsa para alumni SB-IPB.

Diskusi yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam ini menghasilkan beberapa masukan dalam menyukseskan Acara Munas nanti, di antaranya sebagai berikut.

  1. Persiapan dalam rangka menuju Musyawarah Nasional Alumni SB - IPB baik itu landasan Keorganisasian dalam bentuk Profil Organisasi maupun kelengkapan untuk Acara Sidang (Tata tertib persidangan, Anggaran dasr dan Anggaran rumah tangga) dalam MUNAS sudah dipersiapkan dalam bentuk drafting.
  2. Pematangan bahan subtantif masih bisa dibahas kembali jika ada masukan dari berbagai unsur yang dianggap perlu dan penting untuk dipertimbangkan selama masa persiapan.
  3. Nuansa MUNAS perlu lebih santai dan SB-IPB harus memberikan warna yang lain dengan mengedepankan Musyawarah sehingga mengesankan MUNAS yang demokrasi tanpa konflik.
  4. Dewan Presidium dapat menambah komposisi SC atau OC yang sekiranya diperlukan dalam persiapan MUNAS dan memberikan Inspirasi menuju model organisasi yang modern
  5. Mengupayakan agar alumni dapat membantu SB IPB untuk membangun gedung demi kelancaran proses akademik dan kegiatan lainnya.
  6. Perlu pemikiran yang lebih konstruktif. AD ART ke depan perlu untuk membuka peluang bisnis. Alumni dapat membuka laboratorium bisnis.
  7. Alumni sifatnya dibagi dua yakni Alumi karena kelulusan setelah proses akademis dan Alumni kehormatan yang dianggap perlu untuk diundang dalam MUNAS.
  8. Hasil dari SC akan disosialisasikan, Respon akan diakomodir dan menjadi bahan baku untuk Munas.
  9. Perlu untuk ada pembicara internasional, agar munas kita lebih dikenal.
  10. Sepakat untuk mengubah SC, tidak perlu kaku semua angkatan yang masuk, tapi seluruh clustering dapat terwakili.
  11. Membentuk SC dan OC untuk dicermati oleh seleuruh anggota. SC dan OC akan menjadi agen untuk menyebarkan selruh informasi.
  12. Seluruh SC dan OC perlu memiliki komitmen yang jelas mengedepankan totalitas, loyalitas dan royalitas.
  13. Pimpinan alumni SB IPB dapat berupaya mengaktifasi kembali jalanya organisasi, baik dari sisi operasional kesekretaritan alumni maupun keberlanjutan beberapa program organisasi tanpa harus selalu mengandalkan donasi dari personal yang sifatnya hanya tentative.
  14. Tema Munas sementara: Membangun Daya Saing dan Soliditas Alumni SB IPB Menghadapi Globalisasi Ekonomi.
  15. Munas direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 20 Mei 2016.


Selamat bertugas SC dan OC dan semoga sukses Musyawarah Nasional Alumni SB IPB! Semoga kegiatan Munas nantinya dapat menghimpun pemikiran dan ide-ide alumni dan stakeholders SB-IPB dalam pengembangan organisasi Alumni SB-IPB serta mempersiapkan susunan kepengurusan Organisasi Kealumnian SB-IPB yang akan bertanggungjawab dalam melaksanakan amanah pengembangan organisasi Alumni SB-IPB.

 

kembali ke arsip