beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
18-Jul-2016

HALAL BIL HALAL CIVITAS AKADEMIKA SB-IPB 1437 H

(Taman SB-IPB, 16/07/16), Sekolah Bisnis Intitut Pertanian Bogor (SB-IPB) menyelenggarakan halal bil halal dengan para Pimpinan IPB,  seluruh civitas akademika SB-IPB (Staf Pengajar, Staf Penunjang, dan Mahasiswa SB-IPB, baik Mahasiswa Program Sarjana, Magister maupun Program Doktor) dan para mitra SB-IPB yang bertempat di halaman tengah Gedung SB-IPB. Halal bil halal kali ini dihadiri pula oleh Prof. Rizal Syarief (Wakil Senat Akademik), Pimpinan IPB dan  para guru besar IPB.

Dr. Ir. Arief Daryanto, MEc selaku Direktur MB-IPB, SB-IPB memberikan sambutan dan sekaligus mewakili manajemen dan staf SB-IPB menyampaikan permohonan maaf lahir dan bathin. Dalam kesempatan tersebut Dr. Arief Daryanto menyampaikan proses transformasi organisasi SB-IPB. Di samping itu, beliau menyampaikan beberapa prestasi SB-IPB antara lain SB-IPB secara resmi terakreditasi Internasional dari ABEST21 dengan predikat Good Practice Award: Management Education in Agribusiness yang berkedudukan di Tokyo Jepang. Selajutnya, SB-IPB terpilih mewakili Indonesia untuk berkompetisi "Morgan Stanley Sustainable Investing Challenge" (Tantangan Investasi Berkelanjutan Morgan Stanley) di Hongkong, April 2016.   Morgan Stanley adalah sebuah kompetisi global terkemuka yang memacu mahasiswa dari berbagai negara untuk mengembangkan berbagai ide dan metode investasi berkelanjutan (Antara lain: Harvard Business School & Harvard Kennedy School, Kellogg School of Management, Hong Kong University of Science and Technology Business School, IESE Business School University of Navvarra, Indian Institute of Management Bangalore dll).

Prestasi selanjutnya adalah SB-IPB diundang Japan-ASEAN Cooperation (JAIF) untuk mengikuti "Japanese Factory Visit Tour for Development of Food-Value-Chain in ASEAN" yang akan diselenggarakan bulan September 2016 mendatang. SB-IPB dipilih sebagai Universitas yang mewakili Indonesia. Selain dari SB-IPB (Indonesia), JAIF pun mengundang dari Cambodia, Laos, Singapore, Thailand, Vietnam, Brunei, Malaysia, Philippines.

Acara inti berupa tausiyah oleh Dr. Irfan Syauqi Beik yang merupakan dosen FEM IPB. Dalam tausiyah tersebut Dr. Irfan Syauqi Beik menyampaikan pentingnya memahami bekal menjalankan kehidupan, khususnya perbuatan Allah. Hal ini sesuai dengan Surat An-Naml Ayat 88 yang berarti “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dari ayat tersebut kita memahami bahwa allah dalam berkehendak/berbuat Allah selalu rapih dan kokoh (tiap-tiap sesuatu) yang dibuat-Nya. Dalam kesempatan tersebut  Dr. Irfan juga menyampaikan hadist yang berbunyi “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berbuat baik (ihsan) pada segala sesuatu, maka jika kamu membunuh, bunuhlah dengan baik, dan jika kamu menyembelih, sembelihlah dengan baik…” (HR. Muslim). Dari hadist ini kita diwajibkan berbuat ihsan dalam segala hal.

Terakhir beliau menyampaikan bahwa untuk menjadi pribadi muslim yang baik harus melakukan Hukum Allah maupun Hukum Kauniyah (Alam). Acara halal bihalal ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Dr. Irfan Syauqi Beik, dan dilanjutkan dengan makan siang dan ramah-tamah sesama civitas akademika SB-IPB.

 

 

kembali ke arsip