beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
19-Jan-2016

POTENSI BUAH-BUAHAN LOKAL INDONESIA BERSAMA MOENA FRESH

CEO Forum (Selasa, 19 Januari 2016) – Ir. I Made Donny Waspada adalah seorang Businessman yang memulai bisnisnya sejak di bangku kuliah bersama temannya. Walaupun dahulu bisnisnya “kecil-kecilan” mereka sangat serius dalam berbisnis yang terbukti ketika panen ia bersama teman-temannya mengundang dosennya untuk melihat usaha yang telah dilakukan. Sejak lulus kuliah di Jurusan Agribisnis Institut Pertanian Bogor tahun 1985, beliau kemudian fokus sebagai pengusaha bidang agribisnis buah melon hingga ia terkenal dengan sebutan Donny melon. Saat ini beliau tidak hanya mempunyai usaha melon tapi juga buah lainnya hingga mempunyai perusahaan PT. Moena Fresh yang saat ini memiliki pegawai sebanyak 300 karyawan

Perjalanan beliau dalam membangun bisnisnya tidak lepas peran networking orang-orang terdekat yang juga menjadi modal usahanya. Hal tersebut ia rasakan ketika teman-temannya mengajaknya untuk mengikuti seminar-seminar baik dalam lingkup nasional ataupun internasional, sehingga beliau mendapatkann ilmu dan wawasan yang luas dari hal tersebut sekaligus mempromosikan buah yang beliau punya. “Dalam membangun bisnis tidak hanya perlu pintar, tetapi cerdik”, kata pebisnis yang juga pengemar motor besar tersebut. Ia membuktikannya dengan beberapa kerjasama dengan pihak asing yang hingga saat ini terus terjalin dengan melakukan ekspor ke berbagai negara seperti pengiriman buah melon ke negara Singapura, Hongkong, Belgia dan Belanda, serta buah manggis ke negara Brazil. Ia menegaskan 4 poin penting jika menjadi pengusaha, yaitu: (1) membuat perusahaan senang, (2) karyawan senang, (3) owner senang, (4) lingkungan senang. Keempat Poin ini perlu di sinergikan dalam berbisnis.

Dalam acara CEO forum ini beliau juga membagi-bagikan buah kepada peserta CEO Forum yang mana buah tersebut adalah buah lokal semua. Menurutnya buah impor bisa bertahan lama karena diberi lilin sehingga banyak swalayan di kota besar menjual buah impor dalam hal ini untuk meningkatkan profit mereka. “Menjual buah lokal itu sangat berisiko karena mudah busuk karena tidak ada pengawetnya”, kata Donny. Saat ini Moena Fresh tidak hanya menjual buah saja tetapi juga membuat buah itu menjadi jus agar buah-buah yang sudah “kematangan” bisa lebih bernilai dan dapat dinikmati. Dalam hal pelayanan di tokonya beliau sangat menjaga etika yang ia tanamkan kepada para pegawainya terutama SPG yang berada ditoko. “Kejujuran dalam menjual adalah kunci menjalin kepuasan dan kesetiaan para pelanggannya”

kembali ke arsip