beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
14-Jul-2017

AHLI EKONOMI PEMBANGUNAN IPB DIUNDANG SEMINAR INTERNASIONAL UNHAN

Dr. Ir. Arief Daryanto, MEc (Ketua Program Studi Pascasarjana Sekolah Bisnis IPB) pada tanggal 13 Juli diundang oleh Universitas Pertahanan (Unhan) untuk menyampaikan paparan dengan topik "Food Security for Defense Economy Projections" dalam Indonesia International Defense Science Seminar  (IIDSS) 2017.

Seminar internasional pertama yang diselenggarakan oleh Unhan tersebut mengambil tema "New Thinking for Strategic Policy in the Field of Security, Stability and Humanities Affairs in Region of Asia Pacific and Oceania". Pada tanggal 12 Juli 2017, seminar ini secara resmi dibuka oleh Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu sekaligus menjadi keynote speaker.

IIDSS merupakan seminar pertama yang digelar oleh Unhan dengan fokus pada ilmu pertahanan. Undangan utama antara lain adalah para rektor atau dekan dari 11 universitas pertahanan di dunia, seperti dari Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, India, Vietnam, Thailand, Prancis, Inggris, Etiopia, Australia, dan Qatar.

Dalam paparannya, Dr. Arief Daryanto menjelaskan mengapa Ketahanan Pangan dan Nutrisi itu sangat penting. Ketahanan Pangan dibahas dalam konteks "Human Security". Ada tujuh isu yang sangat penting dikaitkan dengan "Human Security", yaitu "economic security", "food security", "health security environmental security", "personal security", "community security", dan "political security". Ketujuh isu ini saling terkait (interlinked) satu dengan yang lainnya dan memiliki efek domino.

Disamping itu, Dr. Arief Daryanto menyatakan bahwa "food insecurity", "malnutrion", "hunger", "conflict" dan "violence" juga merupakan fenomena yang saling terkait. Solusi terhadap persoalan ketahanan pangan dan nutrisi harus holistik, komprehensif dan tidak parsial (fragmented).

kembali ke arsip