beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
26-Apr-2016

CEO FORUM: GLOBAL VALUE CHAINS, HOW TO MAKE THEM MORE PROFITABLE AND INCLUSIVE

(26/04/16), CEO forum kali ini mengangkat topik terkait Global Value Chains, How to Make Them More Profitable and Inclusive yang disampaikan oleh Meine Pieter van Dijk (Professor of entrepreneurship at Maastricht School of Management, em. prof. at UNESCO-IHE and at HIS & ISS of Erasmus University Rotterdam).

Topik CEO Forum kali ini sesuai dengan buku yang ditulis Pieter belakang ini tentang konsep global Value Chains. Kesempatan kali ini digunakan Pieter untuk membahas konsep Global Value Chains sesuai dengan apa yang telah ditulis Pieter dalam bukunya. Dalam buku tersebut menganalisis sejauhmana dampak yang diberikan penerapan value chain pada tingkat lokal, nasional dan internasional. Buku ini juga menyajikan kerangka kerja dari value chain itu sendiri secara teoritikal maupun implementasi. Penerapan analisis value chain digambarkan melalui studi kasus produksi beer di Ghana, bio industri di Namibia, semi konduktor di China & Malaysia dan pariwisata di Tanzania.

Berdasarkan CEO forum kali ini juga diperoleh bahwa isu lingkungan merupakan isu penting yang dapat mempengaruhi penerapan/pengelolaan global value chain di tingkat global. Oleh karena itu, masih banyak dibutuhkan penelitian secara empiris untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan value chain ke depan (HA &AN). 

 

kembali ke arsip