beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
03-Dec-2015

DIREKTUR MB-IPB MENJADI PEMBAHAS FGD : KAJIAN PENINGKATAN DAYA SAING DAN NILAI TAMBAH KOMODITI PERTANIAN, BAPPENAS RI

(Bogor, 2/12/15) Direktur MB-IPB Dr. Arief Daryanto, menjadi salah satu pembahas FGD Kajian Peningkatan Daya Saing dan Nilai Tambah Komoditi Pertanian yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) di R. Jati Gedung Sekolah Bisnis IPB.

FGD tersebut membahas tentang peningkatan daya saing dan nilai tambah di dalam kerangka:
  1. Posisi daya saing komoditas perkebunan dan hortikultura Indonesia, yaitu produksi, produktivitas dan nilai tambah komoditas perkebunan (khususnya manga dan manggis); dan produksi, produktivitas dan nilai tambah komoditas hortikultura (khususnya kopi dan karet).
  2. Konsepsi peningkatan daya saing dan nilai tambah komoditas dan hortikultura.
Acara yang diikuti oleh perwakilan kementerian terkait, pemerintah daerah, universitas/professional, swasta dan asosiasi petani.

Acara FGD dimulai dengan paparan tentang “Rumusan Awal Kebijakan Peningkatan Daya Saing dan Nilai Tambah Komoditas Perkebunan dan Hortikultura” yang disampaikan Prof. Dr. M. Firdaus, Dr. Anna Fariyanti dan Hastuti, SP, MP, MSi. Paparan tersebut dibahas oleh Dr. Arief Daryanto (Direktur MB-IPB) bersama Direktur Budidaya dan Pascapanen Buah (Ditjen Hortikultura), Direktur Tanaman Tahunan (Ditjen Perkebunan) dan Direktur tanaman Rempah dan Penyegar, (Ditjen Perkebunan).

Acara selanjutnya diskusi kelompok peserta. Kelompok pertama yaitu perkebunan dipaparkan Dr. Anna Fariyanti, MSi (IPB) yang dibahas oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, kepala Bappeda Kabupaten lampung Barat, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bali, dan Zulfriandi, SE, Ak, MM dari Bappenas. Kelompok kedua yaitu hortikultura paparan Hastuti, SP, MP, MSi (IPB) dengan pembahas Kepala Dinas Pertanian Provinsi DIY, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Pertanian dan perikanan Kabupaten Majalengka dan Dr. Anwar  dari Bappenas.

kembali ke arsip