beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
28-May-2015

USAID HELM BEKERJASAMA DENGAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR MENYELENGGARAKAN SIMPOSIUM BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Jakarta – Proyek Higher Education Leadership and Management yang didanai oleh USAID bekerjasama dengan salah satu mitra, Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menyelenggarakan sebuah simposium penguatan bidang kepemimpinan dan manajemen pendidikan tinggi di Indonesia, yang berjudul “Simposium Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Tinggi: Menuju Perubahan – Inovasi dan Riset.” Acara yang akan diselenggarakan di IPB Convention Center, Bogor pada Kamis, 28 Mei 2015 ini bertujuan untuk mengembangkan manajemen pendidikan tinggi di Indonesia dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan melalui presentasi dan dialog.

 



Presiden Indiana University (IU) Michael A. McRobbie  dijadwalkan untuk menjadi pembicara dalam acara Simposium yang membahas mengenai berbagai isu penguatan bidang kepemimpinan dan manajemen pendidikan. Simposium ini diselenggarakan bersamaan dengan pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Dalam pidatonya Presiden McRobbie akan menyampaikan diskusi mengenai “Higher Education Leadership and Management: Leading for Change - Innovation and Research” atau “Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Tinggi: Menuju Perubahan – Inovasi dan Penelitian”.

HELM mengundang dua pembicara lainnya dari Indiana University, Dr. Margaret Sutton, yang akan menyajikan paparan mengenai “Tantangan dan Kesempatan Penelitian Ilmu Sosial di Indonesia” dan Dr. Tom Laird, yang akan membicarakan mengenai “Berbagai Indikator Umum yang Menjadi Penggerak Pendidikan Tinggi di Tingkat Nasional”. Baik Dr. Margaret Sutton maupun Dr. Tom Laird telah banyak berkontribusi terhadap institusi-institusi pendidikan tinggi Indonesia melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh USAID HELM.

Menurut Chief of Party HELM, Dr. Andrea Bosch, pengembangan jangka panjang bidang pendidikan tinggi, kepemimpinan, dan manajemen di Indonesia adalah pondasi pokok proyek HELM. “Kami bekerja dengan Indiana University untuk memperkuat para peneliti lokal dan sistem universitas yang akan menjalankan penelitian dan menyampaikan berbagai keputusan dalam komunitas pendidikan tinggi di masa yang akan datang.”

IPB merupakan satu diantara empat mitra USAID HELM yang telah bekerja sama sejak 2014 untuk memperkuat program pasca sarjana dalam bidang pendidikan tinggi. HELM bekerja dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) dan Indiana Alliance yang terdiri dari 3 universitas di Amerika Serikat yaitu Indiana University, Ohio State University, dan University of Illinois. Keempat perguruan tinggi dari Indonesia adalah Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Negeri Padang.

Hingga saat ini, IPB melalui Sekolah Bisnis IPB (dahulu bernama Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB) telah berhasil mengembangkan sebuah program master, dan tengah mempersiapkan program doktoral dalam bidang kepemimpinan dan manajemen pendidikan tinggi. Para pengajar terus melakukan penelitian sebagai dasar untuk pengembangan studi kasus pengajaran.

 


# # #

USAID Contractor

Level 3, Corner 9, Jalan Melawai IX no 2, Jakarta Selatan 12160

Ph: (62 21) 7224626 Fax: (62 21) 7224725

kembali ke arsip