beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
29-Dec-2015

SB IPB TAWARKAN PROGRAM MULTISTRATA

Direktur Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) Dr Ir Arief Daryanto MEc memaparkan, SB-IPB berawal dari Program Magister Manajemen Agribisnis (MMA-IPB) yang didirikan pada tanggal 25 September 1991. Program yang ditawarkan pada saat itu hanya Program Magister (S2) dalam Manajemen Agribisnis Dalam pengembangannya, sejak 9 April 2005 MMA-IPB berubah sebutan dan status menjadi Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis.

Dengan status tersebut, selain menawarkan program Magister, Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB juga menawarkan program Doktor.

Pada tahun 2015, Program MB-IPB dielevasi menjadi Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB ) dengan tujuan untuk melengkapi portofolio MB-IPB menjadi full pledge business school yang menawarkan program multistrata (S1, S2 dan S3) dalam bidang manajemen dan bisnis.

Program S1 Bisnis dirancang untuk merespons tuntutan bangsa dan pasar akan wirausaha yang mampu mengelola secara profesional dan berkelanjutan kekayaan sektor pertanian, kelautan dan bio-sains tropika yang dimiliki oleh Indonesia. Adapun bidang konsentrasi yang ditawarkan adalah wirausaha dan konsultan bisnis.

Adapun untuk program magister, SB IPB memiliki program Magister Manajemen Bisnis, Magister Manajemen Syariah, dan juga Magister Management, Port Shiping, and Logistic Management.

Program Magister Manajemen Bisnis merupakan program yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, bersikap etis dan berjiwa wirausaha dalam mencapai kinerja bisnis yang excellence. Program ini memiliki 7 pendalaman ilmu termasuk ilmu manajemen teknologi dan inovasi agribisnis.

Adapun Program Magister Manajemen Syariah bertujuan mengembangkan keahlian bisnis bagi lulusannya untuk menjadi pengambil keputusan (decision makers) yang etis dan berjiwa wirausaha dalam menangani persoalan bisnis syariah di antaranya di bidang perbankan, asuransi, reksadana, pegadaian dan bisnis riil. Adapun pendalamannya meliputi Perbankan dan Keuangan Syariah, Asuransi Syariah, dan Manajemen ZISWAF.

Sementara Program Magister Manajemen Port, Shipping and Logistics Management dirancang untuk mempersiapkan calon eksekutif pengelola/operator/badan usaha pelabuhan/pelayaran, pejabat publik otoritas pelabuhan/ unit penyelenggara pelabuhan, pemda/instansi terkait, perusahaan logistik dan usaha jasa terkait dengan angkutan di perairan yang memiliki wawasan nasional dan internasional dengan keahlian Port, Shipping and Logistics Management.

Adapun jenjang tertinggi yang ditawarkan SB IPB adalah Program Doktor Manajemen Bisnis, yang merupakan program yang berplatform akademik di mana mahasiswa akan dibekali keahlian teoritikal dan metodologikal untuk melaksanakan penelitian-penelitian tingkat lanjut dalam menyelesaikan berbagai persoalan dan kasus bisnis yang dinamis di era persaingan global. Konsentrasi yang ditawarkan adalah manajemen strategi agribisnis, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, serta manajemen keuangan dan investasi.

SB IPB memiliki jaringan kerja sama bisnis yang sangat luas dengan baik nasional maupun internasional. Antara lain memiliki program Dual-degree dengan University of Adelaide, Australia (dalam bidang GlobalFood Policy) University of Applied Science Bremen, Jerman (dalam bidang Port, Shipping and Logistic Management.

Maastricht School of Management, Belanda (dalam bidang Sustainable Business Development). Copenhagen Business School, Denmark (dalam bidang Blue MBA), University of Queensland, Australia, Ministry Of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF) – Japan.Higher Education and Leadership Management (HELM), ACIAR Australia, USAID, Ohio State University, Indiana Univesity dan University of Illinois Urbana Champaign.

Lulus dari kampus ini, bagi yang tidak memulai wirausaha, tak perlu khawatir dengan ketatnya persaingan mencari lapangan pekerjaan. Pasalnya SB IPB telah bekerja sama terkait alumni recruitment. Antara lain dengan PT Bank Negara Indonesia, PT Danone Indonesia (Danone Aqua, Danone Biscuits, dan Danone Diary), PT Cenralpertiwi Bahari (Charoen Pokphand Group) Sara Lee, PT Makarizo Indonesia, Astra Credit Companies (ACC), ARRBEY Indonesia PT Tempo Scan Pacific, Tbk (Tempo Group) , PT Anugerah Argon Medica, PT Capricorn MARS Indotama, PT Cheil Jedang Superfeed, Group Kencana (Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit), dan PT Columbindo Pratama. (nun)

Sumber: http://www.suarakarya.id/2015/12/28/b-ipb-tawarkan-program-multistrata.html

kembali ke arsip