beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
13-Nov-2013

CEO AND ENTREPRENEURIAL DEVELOPMENT FORUM : ALIGNING YOURSELF TO JOB INDUSTRY



(MB-IPB, 12/11/13) Secara rutin Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis, Insitut Pertanian Bogor (MB-IPB) menyelenggarakan CEO Forum. Kali ini menghadirkan pembicara Dr. Antonius W. Sumarlin, BA, MA dengan mengangkat tema "Aligning Yourself to Job Industry".

Dalam paparannya beliau menjelaskan beberapa point utama, diantaranya harapan pasar terhadap lulusan magister MB-IPB itu seperti apa?. Harapan yang sesuai dengan kebutuhan pasar untuk kualifikasi lulusan magister MB diantaranya yaitu consultant, marketing strategist, business developer, political advisor maupun hospitaly businessman. Harapan-harapan tersebut dapat ditempuh dengan menyelaraskan komunikasi antara pelaku dengan sebuah komunitas bisnis. Dengan terciptanya komunikasi yang selaras tersebut akan dapat diketahui sejauh mana minat dan bidang lulusan tersebut dalam bekerja maupun berwirausaha.

Tujuan penyelarasan komunikasi dalam sebuah komunitas bisnis diantaranya adalah menjalin afiliasi, meraih keberhasilan/prestasi  dan tidak sedikit untuk mendapatkan kekuasaan maupun jabatan. Komunitas bisnis juga merupakan tempat atau wadah berbagi pengetahuan yang meliputi empat ruang dimensi yakni Ruang Material yaitu Manusia bertemu dalam lingkungan fisik; Ruang Informasi yaitu Fasilitas akses ke sumber pengetahuan dalam bentuk Groupware dan knowledge portal;  Ruang Alam Pikiran yaitu Manusia ke Manusia, Manusia ke mesin, Mesin ke mesin dan terakhir Ruang Sosial (Menghubungkan jaringan sosial).

Dalam hal membangun citra diri melalui personal branding atau merk personal,  beliau menjelaskan berdasarkan McNally dan Karl D. Speak (2002) yang membagi empat zona merk personal yang dipengaruhi oleh brand awarness (pengetahuan) dan brand favorability (Kebaikan/positif), zona tersebut adalah: notorious (buruk),famous (terkenal), beginner(pemula), dan preferred (disukai). Zona yang baik adalah zona famous (terkenal) dan preferred (disukai), karena preferred (disukai) bisa memberikan best fit, best signal most frequently dan interacted most intensely terhadap consumers dalam memberikan benefit-nya, sedangkan untuk zona famous adalah bila consumer memberikan testimoni terhadap benefit yang didapatnya.

Dengan mengetahui zona masing-masing yang bersangkutan dapat menentukan personal branding-nya Diantaranya bagaimana peran bersama yang lain, bagaimana cara melakukan peran tersebut dan bagaimana cara berkomunikasi. Dengan semua hal tersebut diharapkan yang bersangkutan dapat menjadi pengusaha maupun pegawai yang sukses.

download Materi

kembali ke arsip