beranda » sarjana bisnis » Mail5 pdf word print Bookmark and Share

Deskripsi Program Studi Sarjana Bisnis

Program Studi Sarjana Bisnis – Institut Pertanian Bogor merupakan program sarjana yang berada di Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB). Program studi  Sarjana Bisnis dirancang untuk merespon tuntutan bangsa dan pasar agar lahir para wirausahawan muda yang handal, yang mampu mengelola kekayaan sektor pertanian, kelautan dan bio-sains  tropika yang dimiliki oleh Indonesia secara profesional dan berkelanjutan.

 

Jumlah wirausahawan muda dalam bidang bisnis dan industri berbasis pertanian, kelautan dan bio-sains tropika, saat ini dinilai masih sangat kurang dibandingkan dengan kebutuhan bangsa. Bekal ilmu pengetahuan yang komprehensif dan implementatif belum cukup dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk menjadi entrepreneur.

Untuk itu, di SB-IPB mahasiswa diyakinkan bahwa bisnis merupakan jalan karir mereka yang menjanjikan. Dimulai sejak dalam proses pendidikan, mahasiswa diajarkan untuk mendirikan dan menjalankan bisnis secara riil.

Program Sarjana Bisnis IPB dirancang untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, berjiwa entrepreneur, berpikir strategis, bertindak taktis dan berkarya inovatif. 

Lulusan akan bergelar Sarjana Bisnis (S.Bns). Program S1 Bisnis ini akan menghasilkan seorang entrepreneur, yang tidak hanya handal dalam keahlian manajemen tapi juga memiliki mentalitas seorang entrepreneur. Peluang karir untuk lulusan Sarjana Bisnis antara lain menjadi entrepreneur yang mampu mendirikan perusahaan atau usaha sendiri, menempati posisi-posisi strategis dalam manajemen dan eksekutif di berbagai instansi atau perusahaan, maupun menjadi konsultan bisnis yang handal.

Visi:

Menjadi program studi yang unggul dalam menciptakan entrepreneur dan konsultan bisnis yang bertanggungjawab dalam industri berbasis sumberdaya dan ilmu hayati melalui proses pendidikan, riset dan pengabdian dengan semangat kewirausahaan, fokus pada keberlanjutan dan berorientasi global.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana yang terakreditasi nasional dan internasional dalam bidang bisnis.
  2. Mengembangkan dan menyebarkan konsep bisnis yang berakar kuat pada budaya Indonesia.
  3. Mengembangkan secara aktif praktik bisnis di tingkat nasional, regional maupun internasional.
  4. Mendukung pengembangan bisnis dan industri berbasis pertanian, kelautan dan biosains tropika yang berkelanjutan.

Tujuan/Profil Lulusan:

  1. Mampu mengidentifikasi dan menemukenali peluang bisnis.
  2. Mampu menguasai pengetahuan bisnis dan kewirausahaan untuk menata sistem dan model bisnis yang inovatif.
  3. Mampu mengorganisasikan rencana bisnis yang layak.
  4. Mampu memahami dan mengartikulasikan konsep dan pemikiran dalam pemecahan masalah bisnis, baik yang bersifat stratejik maupun operasional.
  5. Mampu mengintegrasikan informasi, teori dan praktik terbaik ke dalam analisis permasalahan organisasi bisnis baru dan mengembangkan atau memperkokoh daya saing organisasi bisnis yang telah ada dalam menghadapi persaingan global.
  6. Mampu menggunakan alat-alat pengambilan  keputusan (decision-support tools) yang diperlukan dalam memecahkan masalah bisnis.
  7. Mampu menunjukkan kualitas kepemimpinan yang dinamis dalam menjalankan berbagai fungsi organisasi bisnis.
  8. Mampu bekerjasama dalam tim secara efektif.
  9. Mampu mengomunikasikan argumentasi yang efektif secara lisan dan tertulis ke berbagai pemangku kepentingan.
  10. Mampu memahami peranan inovasi dalam menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan.
  11. Mampu memahami dan melaksanakan bisnis yang mempertimbangkan nilai moral dan etika.
  12. Mampu menyeimbangkan kepentingan berbagai pemangku kepentingan untuk menjamin keberlanjutan bisnis.