beranda » sb » silabus Mail5 pdf word print Bookmark and Share
DESKRIPSI MATA KULIAH

1.    SBI200  Statistika untuk Bisnis                                        
Prasyarat : -
Dunia bisnis terkini dan masa datang akan dicirikan dengan ketersediaan data dalam jumlah yang melimpah, sehingga pengambilan keputusan bisnis akan menjadi sangat kompleks. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pembelajaran teknik-teknik statistika kepada mahasiswa sebagai bekal untuk pengambilan keputusan bisnis yang penuh risiko dan ketidakpastian, dengan aplikasi pada bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika. Mata kuliah ini akan mencakup statistika deskriptif, teknik-teknik pengambilan contoh, selang kepercayaan, pengujian hipotesis, regresi sederhana sampai dengan analisis deret waktu.   

2.    SBI201  Mikroekonomi untuk Bisnis                                       
Prasyarat : EKO100
Mata kuliah ini mengajarkan aplikasi teori dan alat-alat analisis mikroekonomi dalam pengambilan keputusan bisnis. Mahasiswa pertama kali akan dibekali dengan prinsip-prinsip dasar mikroekonomi yang meliputi analisis permintaan, penawaran dan harga serta berbagai bentuk pasar. Berdasarkan pemahaman tersebut mahasiswa diberi pemahaman dan dilatih untuk mengaplikasikan prinsip tersebut dalam pengambilan keputusan bisnis khususnya bisnis pertanian, kelautan dan biosains tropika. Pada mata kuliah ini juga diberikan pemahaman tentang penggunaan prinsip mikroekonomi dalam perumusan berbagai kebijakan pemerintah sehingga mahasiswa memahami mekanisme bagaimana sebuah aturan beroperasi dan dampaknya terhadap bisnis serta langkah yang dapat diambil untuk mengantisipasinya.

3.    SBI202   Makroekonomi  untuk Bisnis                                                        
Prasyarat : EKO100
Fluktuasi ekonomi makro merupakan salah satu sumber utama penyebab perubahan pasar dan lingkungan bisnis. Oleh karena itu, pemahaman ekonomi makro menjadi syarat perlu dan syarat cukup untuk merumuskan kebijakan bisnis yang terbaik. Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa untuk bisa memahami isu-isu ekonomi makro baik pada level nasional maupun  global, seperti: pertumbuhan, produktivitas, pasar tenaga kerja, siklus bisnis, inflasi, teori uang, suku bunga, kebijakan fiskal dan moneter serta krisis keuangan.  Mata kuliah ini akan menggabungkan pendekatan teori makro dilengkapi illustrasi aplikasinya di dunia nyata, khususnya kejadian-kejadian terkini yang sangat mempengaruhi lingkungan bisnis, khususnya dalam bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika.

4.    SBI203  Bisnis dan Industri Berbasis Sumberdaya                                  
Prasyarat : -
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan dasar tentang bisnis dan industri khususnya bisnis dan industri berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika secara holistik dan terintegrasi. Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian, ruang lingkup, potensi dan permasalahan bisnis, elemen-elemen dan lembaga-lembaga pendukung bisnis maupun kunci sukses dalam mengelola bisnis. Mahasiswa juga akan diperkenalkan tentang pengetahuan produk dalam memahami lingkungan bisnis atau industri yang dinamik. Mata kuliah ini akan diajarkan oleh pimpinan fakultas atau yang mewakili yang berasal masing-masing fakultas yang ada di IPB.

5.    SBI211  Akuntansi dan Keputusan Bisnis                              
Prasyarat : -
Mata kuliah ini  membahas teknik pencatatan dan pelaporan akuntansi serta laporan arus kas untuk berbagai macam perusahaan.  Dibahas pula metode perhitungan harga pokok produksi serta analisis laporan keuangan.  Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman umum tentang siklus akuntansi, prinsip dasar, konsep biaya dan harga pokok, serta analisis laporan keuangan yang berguna tidak hanya bagi pihak eksternal perusahaan tetapi juga untuk digunakan sebagai dasar pengambilan  keputusan dalam menjalankan bisnis berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika.

6.    SBI212  Keuangan untuk Wirausaha                                      
Prasyarat : -
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang hubungan antara investasi dan  pembelanjaan dengan pencapaian tujuan perusahaan serta memberikan pemahaman tentang berbagai teknik analisis di dalam penyelesaian masalah-masalah yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan.  Matakuliah ini juga membahas tentang lingkungan ekonomi (termasuk pasar uang), resiko dan proses penilaian.  Termasuk yang akan diajarkan adalah  teknik-teknik khusus dalam pengambilan keputusan untuk memaksimumkan nilai investasi perusahaan.

7.    SBI213 Pemasaran untuk Wirausaha                                      
Prasyarat : -
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian pengelolaan aktivitas pemasaran bagi seorang wirausaha untuk produk-produk pertanian, kelautan, dan biosains tropika. Ruang lingkup pengelolaan pemasaran yang akan diajarkan mencakup aspek prosedural dan substantif manajemen pemasaran seperti mengidentifikasi, analisis, membuat alternatif dan merekomendasikan pemecahan masalah pemasaran.   Secara spesifik, mata kuliah ini membahas mengenai : konsep pengelolaan pemasaran, lingkungan pemasaran, riset pemasaran, strategi dan taktik pemasaran, nilai-nilai pemasaran, formulasi strategi dan implementasi, manajemen penjualan dan tenaga penjual, pemasaran jasa, serta strategi seleksi dan portofolio.

8.    SBI214 Manajemen Rantai Pasok dan Operasi                                     Prasyarat : -
Mata kuliah ini membahas manajemen rantai pasok dan proses operasi suatu organisasi/perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi: strategi dalam rantai pasok dan operasi dalam persaingan bisnis; alat-alat pengambilan keputusan; manajemen mutu; strategi dan disain produk; perencanaan bahan baku dan kapasitas; manajemen persediaan; perencanaan agregat; strategi lokasi; strategi layout; dan teknik penjadwalan. Mata kuliah ini akan fokus pada industri-industri berbasis produk pertanian, kelautan dan biosains tropika dalam aplikasinya. Setelah mendapatkan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan fungsi bisnis utama dan proses bisnis di dalam dan di seluruh perusahaan menjadi sebuah model bisnis yang kohesif dan berkinerja tinggi.

9.    SBI215 Hubungan Industrial dan Pengelolaan Karyawan                           Prasyarat : -
Mata kuliah ini memperkenalkan landasan pengetahuan, keterampilan dan karakter terkait pengelolaan karyawan serta fungsi atau tugas-tugas dalam pengelolaan karyawan agar visi/misi perusahaan dapat tercapai.  Selain teori, pada mata kuliah ini diberikan juga metode praktis untuk menjalankan perusahaan khususnya perusahaan baru serta pengembangannya. Aktivitas perkuliahan dirancang untuk merencanakan, mengelola dan mengkoordinasikan serta mengevaluasi sumber daya manusia dalam organisasi yang meliputi aktivitas pengelolaan karyawan stratejik, perancangan organisasi dan budaya organisasi, analisis jabatan, prosedur operasi standar, perencanaan sumber daya manusia, perekrutan, seleksi, pelatihan dan pengembangan pegawai, penilaian kinerja (termasuk pengembangan karir), keselamatan dan kesehatan kerja, perubahan organisasi serta pengelolaan konflik. Dengan semakin meningkatnya kekuatan serikat pekerja, maka akan dibahas juga berbagai kebijakan ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap hubungan industrial yang akan dihadapi oleh seorang entrepreneur.

10. SBI216 Pengelolaan Perilaku Organsiasi                                                                    
Prasyarat : -
Mata kuliah ini membahas mengenai aspek‐aspek perilaku individu di dalam organisasi dan  proses pengelolaan organisasi. Dalam mata kuliah ini dipelajari faktor manusia dalam pengelolaan organisasi, cara mengelola individu, hubungan antar individu maupun pengembangan organisasi. Secara khusus di dalam mata kuliah ini juga dibahas mengenai perubahan organisasi melalui kepemimpinan.

11.    SBI221  Bisnis dan Perdagangan Global                                       
Prasyarat : SBI202
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa berbagai macam teori dan konsep bisnis dan perdagangan global dengan memberikan penekanan kepada peranan kebudayaan dalam bisnis dan perdagangan global. Topik – topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah faktor-faktor pendorong dan dampak globalisasi; dampak kebudayaan, politik dan sistem ekonomi dalam konteks bisnis dan perdagangan global; intervensi pemerintah dalam perdagangan global; integrasi perekonomian regional dan dampaknya terhadap perdagangan global; pasar financial internasional; fungsi sistem moneter internasional; dan komponen utama yang perlu diperhatikan dalam manajemen bisnis global.

12.    SBI222 Analisis Peluang Usaha dan Pendirian Perusahaan                     
Prasyarat : -
Mata kuliah ini mengajarkan  bagaimana cara untuk mengidentifikasi potensi diri dan melihat peluang bisnis berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika. Setelah peluang usaha diidentifikasi, mahasiswa diajarkan bagaimana mewujudkannya menjadi sebuah usaha yang layak dan prospektif, termasuk langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mendirikan sebuah perusahaan. Selain itu dalam mata kuliah ini akan dijelaskan mengenai faktor-fakjtor yang melandasi pemilihan bentuk perusahaan, jenis-jenis perusahaan berdasarkan bidang usaha, badan hukum, kerjasama, dan proses produksi.

13.    SBI223  Kreativitas, Inovasi, dan Teknologi                         
Prasyarat : -
Mata kuliah ini mengkaji teori dan arti penting kreativitas, inovasi dan teknologi dalam lingkup bisnis. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam bidang inovasi, kreativitas dan teknologi dalam mendukung keberjalanan bisnis. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diberikan pemahaman, bahwa inovasi internal dan eksternal merupakan suatu keniscayaan yang harus dijalankan oleh setiap wirausahawan agar bisnisnya dapat selalu bertumbuh dan memiliki keunggulan kompetitif. Mata kuliah ini juga akan membahas riset dan pengembangan untuk inovasi, strategi bisnis dan strategi teknologi, kemampuan teknologi dan sistem informasi, serta aplikasi pengelolaan teknologi pada kegiatan bisnis. Pendalaman (kasus) akan dilakukan pada industri berbasis sumberdaya pertanian, kelautan, dan biosains tropika.

14.    SBI224  Etika, Moral, dan Hukum Bisnis                                  
Prasyarat : -
Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan etika, moral dan  hukum dasar yang melingkupi aktivitas bisnis dan pengelolaan organisasi bisnis. Bahasan matakuliah meliputi ruang lingkup hukum dan etika bisnis, perkembangan pemikiran tentang hukum dan etika bisnis, aspek hukum badan usaha dan operasional bisnis, maupun karakteristik dan implementasi etika bisnis. Selain itu, mata kuliah ini juga mempelajari bagaimana berbagai organisasi bisnis mampu melaksanakan kegiatannya secara efektif sesuai dengan hukum, tugas dan  kewajiban, pembuatan kontrak bisnis yang sah dan memahami hak-hak & kewajiban sebagai pelaku usaha.

15.    SBI300 Simulasi Bisnis                                              
Prasyarat : SBI222
Mata kuliah Simulasi Bisnis ini adalah mata kuliah yang menjelaskan tentang teknik-teknik analisis dan metode simulasi (baik yang berbasis numerik maupun skenario) yang lazim digunakan dalam bisnis. Secara khusus mata kuliah simulasi bisnis dirancang untuk melatih ketajaman mahasiswa dalam memahami bisnis, yang mencakup  pemikiran strategis; analisis keuangan; analisis pasar; analisis operasi; maupun team work. Mata kuliah ini juga mencakup konsep, teori dan metode riset operasi seperti Model Program Linear dan Model Variasinya (Riset Operasi). Setiap topik secara bertahap membahas proses indentifikasi masalah, formulasi model, analisis/solusi model dan interpretasi hasil dari suatu fenomena (sistem) bisnis dan manajemen khususnya pada bisnis yang berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika.

16.    SBI321  Analisis Daya Saing Bisnis Berkelanjutan                               
Prasyarat : SBI224
Mata kuliah ini  membahas tentang bagaimana meningkatkan daya saing bisnis agar mampu bertahan pada era globalisasi melalui pendekatan komprehensif antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan dalam pengelolaan bisnis yang berkelanjutan. Mata kuliah ini menjelaskan konsep daya saing bisnis berkelanjutan yang terdiri dari tiga elemen yang saling mendukung yaitu keberlanjutan ekonomi (profit), keberlanjutan sosial (people) dan keberlanjutan lingkungan (planet). Konsep Sustainable Business Development dan berbagai dilema yang muncul dalam menjalankan bisnis secara berkelanjutan juga akan disajikan ditinjau dari sisi pandang ekonomi, sosial (CSR), lingkungan dan etika.

19. SBI322 Pengelolaan Bisnis Keluarga                                     
Prasyarat : SBI216
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa gambaran dari bisnis keluarga, termasuk apa yang diperlukan untuk kelangsungan usaha. Mata kuliah ini membahas tentang  isu-isu bisnis terkait dengan perusahaan yang dimiliki dan dikelola oleh keluarga, meliputi tantangan dan peluang bisnis keluarga, dinamika interaksi keluarga dalam budaya bisnis, maupun resolusi konflik. Mata kuliah dirancang  fokus pada praktek manajemen strategis untuk menjalankan usaha multi-generasi dari sebuah bisnis keluarga. Hal ini akan dicapai dengan mengintegrasikan fundamental bisnis dengan dinamika keluarga.


20. SBI323 Komunikasi dan Diplomasi Lintas Budaya                                          
Prasyarat : -
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman teori dan kemampuan bagi para mahasiswa bagaimana berkomunikasi dan berdiplomasi secara efektif dan meningkatkan kompetensi individu maupun bagian dari anggota suatu organisasi bisnis. Pengetahuan dan keahlian yang diperoleh dari mata kuliah ini membantu para mahasiswa dalam mencapai performa puncak dalam karirnya di masa mendatang. Mata kuliah ini juga membahas beberapa praktek dan kemampuan dasar untuk berhubungan antar individu maupun kelompok seperti bagaimana memahami bekerja dengan orang lain maupun bekerja dengan tim yang berbeda karakteristik dan budaya. Dibahas juga beberapa materi penting mengenai pengantar kemampuan komunikasi dan diplomasi secara efektif serta kemampuan menulis untuk bisnis dan diplomasi perusahaan.

21. SBI324  Praktek Bisnis Komperehensif 1
Prasyarat : -
Mata kuliah ini dirancang agar mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dasar yang baik dalam membuat sebuah perencanaan bisnis dan mempraktekkan perencanaan bisnis tersebut dalam sebuah usaha yang riil. Bisnis yang dianalisis adalah bisnis pada industri berbasis pertanian, kelautan dan biosains tropika. Mahasiswa diarahkan untuk menganalisis bisnis-bisnis riil yang ada, menemukan ide-ide pengembangan bisnis dan mencari permasalahan-permasalahan serta faktor-faktor kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis khususnya pada industri berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika.

22. SBI301 Metode Penelitian Bisnis           
Prasyarat : SBI200
Mata kuliah ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa melakukan tugas akhir dalam bentuk menjalankan bisnis (startup bisnis) hingga penyusunan laporannya. Mahasiswa akan dibekali dengan proses pelaksanaan riset/bisnis yang baik dan benar mulai dari pengertian mengawali bisnis sampai teknis melakukan di lapangan. Mata kuliah ini mengajarkan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan dalam melakukan penelitan secara tepat terhadap permasalahan-permasalahan bisnis dengan didukung oleh metodologi yang valid, pengambilan data yang reliabel, akurat dan interpretasi yang baik, untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Mahasiswa akan dilengkapi dengan keterampilan seperti menganalisa kebutuhan, eksplorasi dari riset, tahapan sistematis dari penelitian, kemampuan melakukan survey, observasi, eksperimen, pengumpulan data primer dan sekunder, analisis data, interpretasi, dan membuat laporan bisnis serta menyajikan hasilnya

24. SBI325  Perencanaan Bisnis yang Efektif            
Prasyarat : SBI222
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu merencanakan sebuah bisnis berbasis pertanian, kelautan dan biosains tropika yang layak dan inovatif untuk dilaksanakan, dilihat dari berbagai aspek seperti operasional,  keuangan, sumber daya, dan penilaian produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Mata kuliah akan memberikan mahasiswa tentang bagaimana memulai perencanaan bisnis, mengembangkan rencana bisnis yang komprehensif, mengembangkan jaringan bisnis, mengembangkan dan membangun karakter kewirausahaan, serta mengembangkan pengetahuan kewirausahaan sebagai dasar pengembangan rencana bisnis (business plan) yang inovatif.

25. SBI326     Sistem Informasi Bisnis  
Prasyarat : SBI223
Mata kuliah ini membahas mengenai kebutuhan sistem informasi berbasis komputer khususnya bisnis pada bidang yang berbasis pertanian, kelautan dan biosains tropika dengan membentuk arsitektur sistem informasi. Penyampaian kuliah ini juga ditujukan untuk membentuk sensitivitas pada kegiatan pemetaan proses bisnis dan rekayasa proses bisnis. Mata kuliah ini membahas permasalahan dan perkembangan peran sistem informasi bisnis; struktur sistem informasi bisnis; konsep dan teknologi informasi dalam bisnis; siklus hidup sistem dalam sistem informasi bisnis; evaluasi dan jaminan mutu sistem informasi bisnis; implikasi etis dari sistem informasi bisnis. Pembahasan lebih lanjut akan difokuskan pada pengembangan sistem dengan berbagai kasus.

26. SBI327  Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan                                      
Prasyarat : SBI224
Mata kuliah ini membahas kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan. Kebijakan-kebijakan pemerintah tersebut diantaranya skema kebijakan dan insentif untuk promosi kewirausahaan. Selain itu juga dibahas tentang kebijakan pemerintah terkait dengan pengembangan usaha, kebijakan ekspor dan impor yang relevan, modal usaha, joint ventures, kemitraan antara pemerintah dengan pihak wirausaha swasta, serta tanggung jawab sosial dalam kewirausahaan.

27. SBI310 Penilaian dan Mitigasi Resiko Bisnis                                                
Prasyarat : SBI212, SBI200
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami penilaian dan mitigasi resiko bisnis secara komprehensif dimulai dari mengidentifikasi, memberikan penilaian, menentukan prioritas resiko, memahami struktur dan organisasi untuk penilaian dan mitigasi resiko bisnis, penyesuaian keputusan bisnis terhadap resiko – resiko bisnis sehingga mampu memaksimalkan peluang. Mata kuliah ini membahas konsep dasar manajemen resiko bisnis, yang mencakup karakteristik resiko (baik risiko pasar dan treasury, risiko kredit, maupun risiko operasional), regulasi yang diterapkan untuk mengelola dan mengendalikan resiko dalam dunia bisnis, dan struktur tata kelola resiko dalam dunia bisnis. Mahasiswa juga diajarkan untuk menghitung resiko pasar dan resiko likuiditas, resiko kredit dan resiko finansial, dan risiko operasional, serta menghitung kebutuhan modal minimum dan memelihara kecukupan modalnya untuk mengantisipasi risiko-risiko tersebut.

28. SBI311  Organisasi Industri  dan Strategi Bisnis
Prasyarat : SBI216
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang didasarkan pada teori organisasi dengan memeriksa struktur perusahaan dan pasar. Mata kuliah ini membahas mengenai bagaimana suatu industri mengelola model persaingan, biaya transaksi, informasi yang terbatas, dan hambatan dari persaingan tidak sempurna. Mata kuliah ini juga membahas konsep dasar market-driven strategy dan proses stratejik di dalam perusahaan yang mencakup analisis situasi stratejik, penyusunan strategi bisnis, pengembangan program bisnis, implementasi dan pengendalian strategi bisnis, serta berbagai kasus yang relevan.

29. SBI302 Bahasa Asing untuk Bisnis      
Prasyarat : IPB108, IPB106, SBI323
Mata kuliah ini membahas penggunaan bahasa asing di bidang bisnis khususnya yang berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan keahlian membaca, menulis, maupun kemampuan berkomunikasi, negosiasi, dan diplomasi menggunakan bahasa asing tersebut. Materi yang diberikan dalam mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk menjadi lebih handal dalam  penggunaan bahasa asing yang berhubungan dengan aplikasi bisnis. Mata kuliah bersifat pilihan (pilih salah satu), yaitu bahasa Mandarin, Jepang, Jerman atau Perancis.

30. SBI303 Studium Generale Bisnis dan Kewirausahaan                              
Prasyarat : -
Mata kuliah ini dirancang khusus untuk menambah wawasan para peserta mengenai praktek bisnis, khususnya dalam bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika dengan  menghadirkan para CEO  profesional, pakar, dan praktisi yang berpengalaman. Studium generale dilaksanakan dalam bentuk rangkaian ceramah tamu dalam kerangka (CEO and Entrepreneurship Forum) dan kunjungan ke berbagai obyek bisnis/industri. Pada setiap akhir sesi, para peserta diwajibkan menyusun critical review terkait materi yang disampaikan oleh para nara sumber. Selain itu, pada akhir perkuliahan akan dilaksanakan field trip dengan mengunjungi perusahaan-perusahaan, baik yang berskala besar maupun UMKM.

31. SBI497  Business Internship (KKN)
Prasyarat : -
Mata kuliah ini merupakan salah satu kegiatan pengamatan dan praktek langsung pada berbagai obyek bisnis yang bertujuan untuk memperkaya wawasan dan mempertajam nuansa pemahaman manajemen para peserta mengenai berbagai usaha bisnis dalam kurun waktu tertentu. Melalui mata kuliah ini diharapkan agar para peserta dapat  memahami berbagai kendala yang dialami oleh para pelaku serta memberikan masukan bagi pelaku bisnis tentang peluang dan inovasi yang sebaiknya ditempuh oleh para pelaku bisnis tersebut berdasarkan berbagai ilmu yang telah diperoleh.

32. SBI420  Praktek Bisnis Komperehensif 2     
Prasyarat : SBI324
Mata kuliah ini dirancang agar mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman lebih dalam untuk mengimplementasikan dan mempraktekkan bisnis yang telah dirancang dalam sebuah usaha yang riil. Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari Praktek Bisnis Komperehensif 1 di mana aspek/praktek bisnis yang ditelaah lebih besar dan berhubungan dengan industri/pihak lain. Mahasiswa akan diberikan tugas untuk secara langsung melaksanakan bisnis pada industri/produk-produk pertanian. Praktek bisnis ini juga dapat dilakukan dengan melakukan magang pada perusahaan di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika.


33. SBI410 Pengelolaan Perubahan Organsiasi                                               
Prasyarat : SBI216
Dalam dunia yang sangat dinamis, bisnis harus selalu menyesuaikan perkembangan jaman. Layanan kepada konsumen, perubahan stuktur biaya, atau bahkan perubahan paradigm bisnis bukanlah hal yang mustahil. Kegagalan dalam mengantisipasi perubahan lingkungan bisa berakibat gagalnya bisnis secara keseluruhan. Mata kuliah ini akan membahas secara mendalam faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi perilaku bisnis, manajemen perubahan, kaitan antara perubahan lingkungan, perubahan organisasi serta dampaknya ke individu, serta bagaimana individu maupun perusahaan harus bersikap dalam mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis.

34. SBI411 Analisis Konsumen dan Pasar  
Prasyarat : SBI213
Seiring dengan globalisasi serta perkembangan ICT yang sangat dinamis, perkembangan pasar serta perilaku konsumen juga mengalami perubahan yang sangat signifikan. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang dinamika global dan aspek-aspek yang mempengaruhi pasar dan perilaku konsumen, serta teori-teori dan metode riset pasar. Materi yang akan disampaikan mencakup strategi-strategi pemasaran, perilaku konsumen, analisis pasar dan konsumen, sampai ke strategi dan penyusunan proses bisnis.

35. SBI412 Pengelolaan Hubungan Rekanan    
Prasyarat : SBI215
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mahasiswa mengenai pengelolaan hubungan dengan rekan bisnis untuk membangun bisnis, mempertahankan bisnis dan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan hubungan dengan rekan bisnis dalam jangka panjang. Mata kuliah ini mengeksplorasi bagaimana mengidentifikasi, membedakan dan menyesuaikan diri dengan rekan baru dan yang sudah ada, serta bagaimana memanfaatkan keterampilan interpersonal untuk mengelola hubungan dengan rekan bisnis.

36. SBI413 Analisis Proses Bisnis          
Prasyarat : SBI214
Mata kuliah ini mengkaji mengenai proses kreatifitas dalam merencanakan, merumuskan dan menjalankan suatu bisnis agar dapat bersaing dalam hal kualitas, biaya, kecepatan dan pelayanan sehingga mampu berkembang secara berkelanjutan. Bisnis yang berkelanjutan tersebut perlu didukung dengan proses bisnis yang sesuai dan mampu beradaptasi dengan situasi kompleks, dinamis dan ketidakpastian. Mata kuliah membahas kerangka proses bisnis, pendekatan dan pengembangan proses bisnis. Pembahasan jugaa mencakup berbagai tipe proses bisnis. Mata kuliah ini juga memberikan pematangan rencana ketika wirausahawan harus memutuskan cara dan strategi agar bisnisnya dapat selalu tumbuh dan memiliki keunggulan kompetitif melalui aktivitas inovatif.

37. SBI414 Keahlian dan Perangkat Konsultasi Bisnis    
Prasyarat : SBI323
Mata kuliah Keahlian dan Perangkat Konsultasi Bisnis membahas konsep, proses dan perangkat konsultasi bisnis serta praktik-praktik terbaik dalam mencapai tujuan klien bisnis. Mata kuliah ini juga membahas pendekatan konsultatif untuk menyelesaikan permasalan bisnis, menjaga  hubungan rekan bisnis, dan meningkatkan layanan dengan klien bisnis. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan interpersonal yang kuat ketika mempraktekkan konsultasi bisnis.

38. SBI421 Perencanaan dan Pengembangan Produk                                        
Prasyarat : SBI223
Mata kuliah ini dirancang dengan memfokuskan kepada pengembangan produk baru yang merupakan faktor penentu kesuksesan suatu perusahaan. Kuliah ini akan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam: teknik berpikir kreatif dalam menciptakan ide bisnis;  merealisasikan ide bisnis menjadi produk/jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar (masyarakat sebagai konsumen); dan mengevaluasi kelayakan produk/jasa sebagai realisasi dari ide. Kuliah ini akan dilengkapi dengan pelaksanaan proyek dimana para mahasiswa secara berkelompok akan melakukan ketiga tahapan di atas secara tuntas pada akhir kuliah. Setelah selesai kuliah ini, mahasiswa diharapkan merasakan pengalaman mengembangkan berbagai produk khususnya yang berbasis pada pertanian, kelautan dan biosains tropika.

39. SBI422 Analisis Konsumen dan Pasar     
Prasyarat : SBI213
Seiring dengan globalisasi serta perkembangan ICT yang sangat dinamis, perkembangan pasar serta perilaku konsumen juga mengalami perubahan yang sangat signifikan. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang dinamika global dan aspek-aspek yang mempengaruhi pasar dan perilaku konsumen, serta teori-teori dan metode riset pasar. Materi yang akan disampaikan mencakup strategi-strategi pemasaran, perilaku konsumen, analisis pasar dan konsumen, sampai ke strategi dan penyusunan proses bisnis.

40. SBI423 E-Bisnis dan Kewirausahaan IT   
Prasyarat : SBI326
Mata kuliah ini membahas teknologi yang diperlukan untuk menunjang kesuksesan penerapan e-bisnis pada bidang-bidang usaha. Pembahasan mata kuliah mencakup model-model e-bisnis, teknologi wireless, perencanaan dan pengembangan aplikasi berbasis web yang efektif, manajemen website e-bisnis, security, dan berbagai tantangan e-bisnis ke depan. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana pemanfaatan e-commerce dalam mengembangkan bisnis berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika.

41. SBI424 Pengelolaan Perkembangan Bisnis 
Prasyarat : SBI223
Mata kuliah ini membahas mengenai proses mengelola sebuah perusahaan yang sedang tumbuh, termasuk strategi menghadapi berbagai hambatan yang kerap terjadi pada pertumbuhan bisnis.  Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan dibawa kepada suatu pemahaman, bahwa inovasi internal dan eksternal merupakan suatu keniscayaan yang harus dijalankan oleh setiap wirausaha agar bisnisnya dapat selalu bertumbuh dan memiliki keunggulan kompetitif. Mata kuliah ini memberikan kerangka untuk mematangkan perencanaan ketika wirausahawan harus memutuskan cara menstrukturkan organisasi dalam berinovasi, mengatur tim-tim dalam organisasi untuk berinovasi, menentukan peran yang harus ditonjolkan, menyusun sumber daya untuk memperoleh keuntungan kompetitif atas industri lain, dan menggunakan kapabilitas untuk memunculkan aktivitas-aktivitas inovatif. Mata kuliah ini memanfaatkan berbagai studi kasus bisnis yang menggambarkan beberapa segmen dari mulai tahap pertumbuhan dan proses perubahan, ekspansi bisnis yang terjadi bahkan membahas berbagai kegagalan suatu bisnis.


42. SBI425 Perencanaan Kinerja dan Pengambilan Keputusan
Prasyarat : SBI211
Mata kuliah ini membahas berbagai konsep perencanaan kinerja dan konsep sistem pengambilan keputusan dalam bisnis. Mata kuliah ini mengajarkan konsep dasar dalam pengambilan keputusan berbasis kinerja dan sistem informasi. Topik Decision Support System (DSS) yang mencakup tipologi, model, aplikasi, simulasi, penyususnan model, pemanfaatan sistem pengambilan keputusan dan pengembangan keputusan dan kinerja.

43. SBI426   Kewirausahaan Sosial             
Prasyarat : SBI100
Kewirausahaan social (social entrepreneurship) adalah satu area baru yang berkembang sangat pesat dimana aspek bisnis serta kegiatan non-profit bertemu dalam satu wadah yang menggabungkan tiga stakeholder utama yaitu: organisasi non-profit, pelaku bisnis serta pemerintah.  Para mahasiswa di sekolah-sekolah bisnis sangat penting untuk memahami peluang dan tantangan di area baru dalam bidang kewirausahaan sosial ini.  Mata kuliah ini akan mencakup tiga elemen utama, yaitu: (i) area kewirausahaan sosial, (ii) para pelaku dan struktur bisnis kewirausahaan sosial, serta (iii) mekanisme kerja serta bagaimana memulai dan mengelola kewirausahaan sosial.

44.    SBI312  Pengelolaan Bisnis bidang Pertanian     
Prasyarat : SBI203
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan lebih mendalam tentang bisnis dan industri yang berbasis pertanian. Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai peluang bisnis pertanian, ruang lingkup, potensi dan permasalahan bisnis, elemen-elemen dan lembaga-lembaga pendukung bisnis. Penekanan pada proses mengelola bisnis pertanian, termasuk strategi menghadapi berbagai hambatan dan risiko yang kerap terjadi pada pertumbuhan bisnis.  Pada mata kuliah ini, akan belajar mengenai inovasi internal dan eksternal pada bisnis pertanian agar memiliki keunggulan kompetitif. Mata kuliah ini akan diajarkan oleh para dosen dari fakultas pertanian dan para praktisi bisnis di bidang pertanian yang telah sukses dalam mengelola usahanya.


45.    SBI313  Pengelolaan Bisnis bidang Perikanan dan Kelautan                      
Prasyarat : SBI203
Potensi bisnis perikanan dan kelautan di Indonesia yang besar menjadi daya tarik untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang berdaya saing. Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan lebih mendalam tentang bisnis dan industri yang berbasis perikanan dan kelautan. Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai peluang bisnis perikanan dan kelautan, ruang lingkup, potensi dan permasalahan bisnis, elemen-elemen dan lembaga-lembaga pendukung bisnis serta berbagai isu yang dihadapi pada bisnis perikanan dan kelautan. Penekanan pada proses mengelola bisnis perikanan dan kelautan, termasuk strategi menghadapi berbagai hambatan yang kerap terjadi pada pertumbuhan bisnis.  Pada mata kuliah ini, akan belajar mengenai inovasi internal dan eksternal pada bisnis perikanan dan kelautan agar memiliki keunggulan kompetitif. Mata kuliah ini akan diajarkan oleh para dosen dari fakultas perikanan dan kelautan serta para praktisi bisnis perikanan dan kelautan yang telah sukses dalam mengelola usahanya.

46.    SBI314  Pengelolaan Bisnis bidang Biosains Tropika                              
Prasyarat : SBI203
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan lebih mendalam tentang bisnis dan industri yang berbasis biosains tropika. Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai peluang bisnis biosains tropika, ruang lingkup, potensi dan permasalahan bisnis, elemen-elemen dan lembaga-lembaga pendukung bisnis. Penekanan pada proses mengelola bisnis berbasis biosains tropika, termasuk strategi menghadapi berbagai hambatan yang kerap terjadi pada pertumbuhan bisnis.  Pada mata kuliah ini, akan belajar mengenai inovasi internal dan eksternal pada bisnis berbasis biosains tropika agar memiliki keunggulan kompetitif. Mata kuliah ini akan diajarkan oleh para dosen dari fakultas teknis IPB dan para praktisi bisnis di bidang biosains tropika yang telah sukses dalam mengelola usahanya.

47. SBI498 Presentasi Bisnis        
Prasyarat : SBI301
Pada mata kuliah ini peserta mempresentasikan rencana bisnis yang telah dipersiapkan sebelumnya. Presentasi bisnis dilakukan dihadapan dosen pembimbing, mahasiswa dan dihadiri pula oleh para pelaku bisnis yang relevan. Tujuan dari presentasi bisnis ini adalah untuk mendapatkan masukan bagi penyempurnaan tugas akhir sebagai sarjana bisnis.

48. SBI499 Tugas Akhir      
Prasyarat : SBI301, SBI449
Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pengetahuan dan kesempatan kepada mahasiswa dalam melaksanakan dan menyusun tugas akhir dengan dua konsentrasi pilihan, yaitu proyek strategi konsultasi pada bisnis yang sedang berjalan, atau membuat bisnis baru/perencanaan bisnis yang komprehensif, feasible dan bankable. Penyusunan tugas akhir ini juga dapat diintegrasikan dengan praktek bisnis komprehensif.