CEO Forum: “Implementasi Manajemen dan Kepemimpinan Strategik pada Perusahaan Multi Nasional: Suatu Pengalaman Praktis”

News

CEO Forum: “Implementasi Manajemen dan Kepemimpinan Strategik pada Perusahaan Multi Nasional: Suatu Pengalaman Praktis”

(Ruang mahoni MB-IPB, 26 Juli 2010), CEO Forum MB-IPB kali ini menghadirkan Dr.Ir. Handry Satriago, MM (President PT. GE Indonesia) dengan menyampikan topik mengenai “Implementasi Manajemen dan Kepemimpinan Strategik pada Perusahaan Multinasional: Suatu Pengalaman Praktis”. Tidak dapat dipungkiri, leadership merupakan elemen penting dalam kinerja sebuah perusahaan global yang selalu mengembangkan pemimpin-pemimpinnya untuk menjalankan operasinya di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dr. Handry Satriago menduduki posisi sebagai pemimpin termuda dalam jajaran top eksekutif GE global, sekaligus jebolan perguruan tinggi lokal pertama yang didaulat sebagai komandan GE di Tanah Air

GE adalah perusahaan teknologi, media, dan jasa finansial yang beroperasi di lebih dari 100 negara termasuk Indonesia, sejak 1940. Dengan beragam lini produk dan jasa antara lain mesin pesawat terbang, lokomotif, pembangkit tenaga listrik, finansial, pencitraan medi, siaran televisi, juga pemurnian air, GE dengan teknologi dan kapabilitasnya memberi solusi bagi berbagai masalah terberat yang dihadapi dunia. Beberapa usaha dari GE Indonesia, diantaranya : 1) GE menguasai 80 persen penerbangan (mesin pesawat) didunia, di Indonesia Garuda Indonesia, Lion Air; 2) GE peralatan kesehatan USG dll, di Indonesia 352 yang merupakan produk GE; 3) GE transportation, diesel lokomotif 350 lokomotif merupak produk GE; 4) GE energi, 30% di Indonesia di suplai oleh GE. Dari beberapa usaha tersebut dapat dipastikan consumer GE di indonesia : maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia dan Lion Air, PLN, Pertamina, dan PT Kereta Api.

Dalam perkembangan dunia global seperti saat ini, kompetisi global mengarah pada dunia informasi, bisnis, teknologi dan mobilisasi yang semakin meningkat dan berkembang cepat. Dengan adanya kompetisi global tersebut maka pentingnya membangun keunggulan bersaing. Dr. Handry Satriagomengungkapkan terdapat dua prinsip utama dalam membangun kompetisi global tersebut seperti yang diutarakan Porter, yaitu melakukan cost leadership ataupun differensiasi. Keunggulan bersaing mampu menciptakan penemuan baru untuk menghadapi kompetisi global yang semakin ketat. Keunggulan bersaing ini juga yang mengahdirkan CEO-CEO yang handal di masa depan.