CEO Forum: Pemanfaatan Informasi (Teknologi) Perspektif Marketing
CEO Forum: Pemanfaatan Informasi (Teknologi) Perspektif Marketing
(26/08), CEO Forum menghadirkan Ir. Herman Wirawan, MBA, Vice President Marketing Information System PT. Charoen Pokphand Indonesia yang menyampaikan topik tentang Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Pemanfaatan Informasi (teknologi) ditinjau dari Perspektif Marketing, yang bertempat di ruang mahoni MB-IPB. Tidak dapat dipungkiri era globalisasi saat ini menuntut kita untuk dapat menguasai teknologi dan informasi dalam menghadapi tantangan dan persaingan global yang semakin ketat. Karena dengan penerapan sistem teknologi dan informasi akan mampu memperluas peluang dan kesempatan usaha, serta akses pasar yang dapat menjangkau pasar-pasar potensial dunia. Dalam hal ini bidang marketing menjadi penting dengan semakin berkembangnya teknologi informasi sebagai pilar utama kelangsungan bisnis. Oleh karena itu, perlu adanya pengetahuan tentang penerapan sistem teknologi informasi yang dilihat dari sudut pandang marketer bagi para mahasiswa yang bergerak di bidang manajemen dan bisnis.
Ir. Herman Wirawan, MBA mengemukakan bahwa dalam bidang marketing selalu mempertimbangkan peluang dan ancaman dari bisnis yang sedang digeluti, maka era informasi menjadi sangat penting dalam kelangsungan bisnis. Dalam hal ini diperlukan para inteligen pemasaran untuk dapat melihat strategi apa yang digunakan para kompetitor baik melalui penelitian maupun riset pasar. Peran informasi yang berbasis teknologi sangat penting untuk memperoleh penelitian dan riset pasar tersebut. Beliau menjelaskan mekanisme dari Sistem Informasi Pemasaran (SIP) yang lebih dikenal dengan MIS (Marketing Information System), dimana suatu sistem informasi pemasaran terdiri dari pertama, SDM yang mampu menjalankan tanggung jawab dalam analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian; kedua dan ketiga, adalah peralatan serta prosedur-prosedur untuk menilai kebutuhan informasi dan menyebarkan informasi. Dengan adanya sistem informasi pemasaran tersebut akan diperoleh informasi tentang perkembangan dalam lingkungan pemasaran, baik pasar sasaran, saluran pemasaran, situasi pesaing hingga keadaan lingkungan mikro. Dalam presentasi ini beliau juga memberikan beberapa contoh penerapan teknologi informasi (IT) untuk melakukan eksplorasi data marketing melalui tampilan beberapa website yang menyediakan berbagai data marketing seperti www.bloomberg.com; www.depdag.go.id; www.bsn.com; www.idx.co.id; www. deptan.go.id maupun menyajikan alamat website organisasi perusahaan yang berkaitan dengan call centre sofware, risk management, B to C sofware vendors provider.
Eksplorasi data-data marketing yang diperoleh melalui pemanfaatan IT akan memberikan beberapa manfaat antara lain : bila data-data yang dieksplorasi secara eksternal maka manfaat yang diberikan 1) mengetahui tren dunia bisnis usaha secara global maupun regional dan lokal; 2) mengetahui dan mengantisipasi kebijakan-kebijakan pemerintah yang menyangkut dunia usaha dari aspek peraturan, standar mutu produk, perkembangan setiap sektor usaha melalui website dari setiap departemen dan 3) dapat diketahui posisi industri/tren industri/market share dari produk tertentu. Sedangkan bila data-data yang dieskporasi secara internal akan memberikan manfaat seperti 1) data penjualan per bulan per area/prop untuk ditarik kesimpulan siapa pelanggan yang berperan dalam kontribusi penjualan dengan menggunakan metode pareto (80:20); 2) data market share per bulan (per 3 bulan) untuk dilihat peta kekuatan perusahaan dibandingkan kompetitor serta 3) data market share tahunan dapat dibuat BCG Portfolio Analysis untuk menetukan arus kas, investasi, situasi pasar pesaing, langkah-langkah strategis untuk tahun depan. Dengan demikian, beliau menyimpulkan bahwa eksplorasi data eksternal dan internal dapat membantu membuat keputusan-keputusan pemasaran/perusahaan yang bersifat strategis.