CEO Forum: Pengalaman Sinar Mas Mengelola Komunikasi, Krisis dan Citra Perusahaan

News

CEO Forum: Pengalaman Sinar Mas Mengelola Komunikasi, Krisis dan Citra Perusahaan

(Ruang Mahoni, 15/01/2013), CEO Forum menghadirkan Bapak Dhony Raharjoe (Corporate Communication Director PT. Sinar Mas, Tbk), dengan mengangkat topik terkait “Pengalaman Sinar Mas Mengelola Komunikasi, Krisis dan Citra Perusahaan”.

Dalam kesempatannya Bapak Dhony Raharjoe menjelaskan secara singkat Sinar Mas adalah‘brand’,bukan sebuah entitas usaha ataupun badan hukum.  Brand tersebut digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki nilai-nilai korporasi dan sejarah yang sama. Semua perusahaan yang menggunakannya, independen dan masing-masing memiliki dewan pengurus tersendiri. ‘Brand’ Sinar Mas dikelola oleh President Office.  Sejak 3 Oktober 1938 Sinar Mas  hampir 75 tahun berkarya dibumi pertiwi dari generasi kegenerasi dengan filosofi “Jujur, menjaga kredibilitas,  tanggungjawab, baik terhadap keluarga, pekerjaan maupun sosial”. Ujar Corporate Communication Director PT. Sinar Mas, Tbkdalam CEO Forum.

Dalam menjalankan perusahaannya Sinar Mas selalu bertumpu pada nilai Integrity, Positive Attitude, Commitment, Continuous Improvement, Innovation,  dan Loyalty. Dengan dasar tersebut sampai saat ini Sinar Mas telah mempekerjakan +/- 300.000 karyawan, melibatkan 2.000 pemasok (UKM dan koperasi); dengan +/- 500.000 karyawan dan total ekspor +/- 7,28 miliar US$.

Dhony Raharjoe juga menjelaskan tantangan korporasi yang kemungkinan terjadi yang diantaranya  pasar global, ‘Vulture fund’ (SDA dan perusahaan sebagai objek komoditas pasar modal), Isu-isu lingkungan, konflik dengan masyarakat lokal, isu HAM dan perburuhan maupun kebijakan pemerintah dan reformasi agrarian itu sendiri. Dalam kesempatan itu juga beliau menjelaskan bagaimana mengelola komunikasi di Sinar Mas, beliau memberikan 4 faktor utama dalam menjaga komunikasi yang baik yaitu CEO/Reputation, Corporate Comm, marketing dan investor relations yang deng hal itu akan menghasilkan integrated communication.

Sinar Mas menyatakan bahwa perusahaan akan selalu menjaga habitat hewan yang ada demi menjaga kelestarian hutan tersebut yaitu melalui program perlindungan hutan dan keanekaragaman hayati  dengan rehabilitasi. Terakhir Corporate Communication Director PT. Sinar Mas, Tbk menjelaskan cara atau bagaimana Membangun Citra Perusahaan. Beliau menjelaskan ada tiga unsur utama yang saling berhubungan yaitu citra perusahaan, strategi komunikasi dan persepsi.