KemenPAN-RB Tinjau Fasilitas Ramah Kelompok Rentan di SB-IPB

DSC09112
Pengumuman

KemenPAN-RB Tinjau Fasilitas Ramah Kelompok Rentan di SB-IPB

(Bogor, 11/9/24) Sekolah Bisnis IPB University menerima kunjungan Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pada 11 September 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk memantau implementasi pelayanan publik yang inklusif, khususnya bagi kelompok rentan. Sekolah Bisnis IPB terpilih sebagai salah satu lokus di Bawah Kemendikbudristek yang mewakili perguruan tinggi. Kunjungan tersebut diterima oleh Dr. Tanti Novianti, SP, MSi selaku Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama & Pengembangan, Gunawan, SP, MM selaku Kepala Tata Usaha, Hapriza Aprilia, S. Hut, M. Hut selaku Kepala Sub Bagian Pengolahan Data dan Sarana Prasarana, dan Tim SB IPB.

Dalam mempersiapkan kunjungan tersebut, Sekolah Bisnis IPB telah memenuhi berbagai indikator yang menunjang pelayanan publik ramah kelompok rentan. Adapun kelompok rentan yang menjadi fokus pelayanan mencakup lansia, ibu hamil dan menyusui, anak-anak dan pendampingnya, serta penyandang disabilitas. Untuk mendukung pelayanan yang inklusif, Sekolah Bisnis IPB University telah melengkapi fasilitasnya dengan berbagai fitur ramah kelompok rentan, antara lain: jalur pemandu, area parkir khusus, jalur landai (ramp), area tunggu prioritas, toilet ramah kelompok rentan, meja resepsionis prioritas, nursery room, area ramah anak, alat bantu mobilitas, alat bantu komunikasi, ruang tenang, rambu-rambu khusus, serta fitur-fitur ramah kelompok rentan pada website dan media sosial.

Sebagai bentuk komitmen pimpinan, telah ditetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan standar pelayanan publik ramah kelompok rentan yang diatur dalam Surat Keputusan Dekan Sekolah Bisnis IPB tentang Standar Pelayanan pada Pusat Layanan Terpadu Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor. Hal ini menegaskan keseriusan institusi dalam mengimplementasikan pelayanan yang inklusif dan terstandar sesuai dengan motto pelayanan public Kemendikbudristek, yaitu Merdeka Melayani.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi katalis bagi peningkatan kualitas pelayanan publik di institusi pendidikan tinggi lainnya di seluruh Indonesia, mendorong terciptanya lingkungan akademik yang lebih inklusif dan aksesibel bagi semua. Upaya ini merupakan wujud nyata dari komitmen Sekolah Bisnis IPB dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat, termasuk kelompok rentan. Melalui inovasi dalam pelayanan publik ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan akademik yang lebih ramah dan aksesibel bagi semua pihak. Kegiatan kunjungan diakhiri dengan melihat fasilitas ramah kelompok rentan di SB-IPB.