CEO Forum: Building a Strong I-Brand

News

CEO Forum: Building a Strong I-Brand

(Ruang Mahoni, April/2012), CEO Forum MB-IPB menghadirkan Amalia E. Maulana, Ph.D. (ETNOMARK Consulting), dalam kesempatannya beliau menyampaikan bagaimana membangun merk yang kuat  “Building a Strong I-BRAND “.

Dalam sebuah bisnis terutama komoditas barang maka Brand atau merk itu menjadi sangat penting, mengingat merk merupakan istilah paling yang diingat oleh konsumen. Dalam CEO Forum  beliau membahas sebuah bukunya yang berjudul branding solution series Brandmate “mengubah just friend menjadi soulmate”. Beliau mengatakan bahwa I-Brand: The CEO of Me Inc. “Life is short. Build a strong I-Brand”. Dalam atau untuk menjadi CEO saya memiliki brand sendiri yaitu kehidupan adalah singkat, membangun sebuah merek adalah kekuatan, ungkap ETNOMARK Consulting.

Branding solution series Brandmate “ mengubah just friend menjadi soulmate” merupakan sebuah judul yang unik dengan  analogi konsep BRANDING dengan konsep PERTEMANAN menjadi content utama karena diharapkan dengan adanya pertemanan maka akan menguatkan branding itu sendiri. Mencapai SOULMATE merupakan analogi yang sangat mudah dipahami dimana pertemanan menjadi satu dengan branding sehingga akan menjadi wahana sendiri untuk sebuah promosi namun untuk menyatukan atau mencapai soulmate antara teman dan branding dibutuhkan waktu yang lama dan usaha yang keras, selain hal tersebut diperlukan rencana dan pelaksanaan yang matang.

Adapun tahapannya dimulai dari  PENGENALAN (brand identity) biasanya ditempuh dengan promosi, kemudian dilanjutkan pemahaman terhadap konsumen “PEMAHAMAN (brand meaning)”. Ketika sudah mengenal dan memahami maka akan timbul interaksi yang membuat konsumen suka (brand responses), setelah ketiga tahapan terpenuhi maka langkah terakhir yaitu menjalin hubungan/CONNECTION (Relationship). Di sela-sela acara beliau menjelaskan bahwa branding bukan sekedar logo,  bukan sekedar iklan,  bukan sekedar spanduk di took  ataupun sekedar event dan sekedar promosi melainkan branding adalah identitas yang dikenal secara luas (dalam scope pilihan), dimengerti maknanya (sesuai cita-cita),  dikaitkan dengan hal‐hal positif (subyektif), dipilih pada saatnya (dicari), dipilih lagi dan lagi dan lagi (selalu dicari), punya emotional connection (teman sejati), direkomendasikan kepada networknya (brand ambassador).