CEO Forum: The Power of Marketing

(5/08/08), CEO forum menghadirkan pakar di bidang marketing yaitu Nelly N. Ma’arif, MM dan Dr. Eva Zhoriva Yusuf untuk menjelaskan kekuatan sebuah marketing dalam sebuah bisnis bahkan kekuatan marketing pada sektor-sektor yang tidak berorientasi keuntungan. CEO forum kali ini dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc. Presentasi pertama diawali oleh Nelly N. Ma’arif, MM yang memberikan gambaran tentang sejarah dari marketing. Penerapan teknik marketing telah ada sejak tahun 1912 dan pertama kali diterapkan oleh VOC.  Teknik marketing di Indonesia pertama kali diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang kini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia, yaitu Unilever dan Nestle Indonesia. Menurut pandangan beliau marketing adalah kemampuan untuk menciptakan produk, jasa, dan persepsi yang diperuntukkan bagi sasaran pengguna sehingga fokus dari marketing itu sendiri yaitu perusahaan, pasar dan konsumen. Marketing memberikan kontribusi nyata terhadap sosial. Dimana masyarakat lebih mengenal berbagai produk yang mampu mendukung pangan, papan, dan sandang. Maka dari itu, konsep marketing tidak hanya diterapkan pada sektor bisnis, namun juga diterapkan pada sektor-sektor non profit seperti, sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, museum, bahkan politik dan orkestra simponi. Beliau menjelaskan 20 tugas utama dari marketer antara lain, mempertahankan kesetiaan pelanggan terhadap produk, mampu memformulasikan strategi bisnis, menciptakan demand dan keunggulan kompetitif serta mencapai target yang diharapkan. Tugas ini dapat tercapai bila marketer memiliki  kemampuan antara lain seperti komunikasi, kemampuan analitis, perencanaan, dan keahlian lainnya yang mendukung kesuksesan dari marketer. Beliau pun menekankan bahwa marketing tidak dapat dilepaskan dari beberapa konsep yang harus dikuasai seperti, konsep produksi, penjualan, produk, branding, pelayanan pelanggan maupun relationship concept.

Pada sesi kedua dari CEO forum ini,  Dr. Eva Zhoriva Yusuf menjabarkan hal-hal yang terdapat pada buku yang ditulis beliau bersama rekannya yaitu Dr. Lesley Wiliams yaitu manajemen pemasaran dengan studi kasus Indonesia. Dasar beliau menulis sebuah buku tentang pemasaran dengan studi kasus Indonesia karena melihat terbatasnya referensi kasus pemasaran di Indonesia yang sebenarnya sangat diperlukan untuk meninjau strategi pemasaran ke depan dalam berbisnis di Indonesia. Dalam pandangan beliau, konsep CSR (corporate social responsibility) merupakan salah satu manajemen pemasaran yang tangguh untuk menciptakan demand.