CEO Forum: Memulai Bisnis Restoran

(Selasa/15 April 2008), kali ini CEO Forum mengundang Ir. Bojono Indrajaya, MM (Pemilik Rasane Seafood/Alumni MMA Angk 20E) dengan tema “Memulai Bisnis Restoran dengan Menerapkan Konsep Diferensiasi : Suatu Pengalaman Praktis Rasane Seafood”. Beliau memaparkan ada lima kunci dalam berbisnis seafood, yaitu 1) segmentasi; 2) lokasi; 3) menu; 4) bahan baku serta rantai pasok dan 5) pelayanan. Dalam hal segementasi, beliau menjelaskan bahwa perlu memperhatikan segmentasi pasar berdasarkan demografi (keluarga, karyawan, wisatawan, pengusaha atau anak-anak) serta penentuan life style  dari bisnis restoran tersebut seperti tempat nyaman, musik ataupun konsep baru yang diusung. Kaitan dengan lokasi, beliau memberikan penjelasan berupa aspek lokasi yang harus memperhatikan antara lain : sitting capacityaccess point (3 in 1, busway), trafficparking arealayout , fasum (pam, air tanah, pln, sampah), ownership (rental, joint operation, self ownership), competitor dan market.

Beliau juga memaparkan bahwa komposisi menu merupakan hal yang paling mendasar dalam bisnis restoran. Oleh karena itu, pemilihan menu utama, harga menu maupun proses produksi dan penyajian adalah unsur yang paling penting. Tidak ketinggalan bahan baku dan rantai pasok dalam pemenuhan menu utama juga perlu diperhatikan mulai dari availability of stocksuppliermanagement stockquality controlstorage serta fresh & live seafood. Beliau juga menekankan bahwa pelayanan merupakan unsur pemikat dalam menarik pangsa pasar bisnis restoran. Pelayanan ini tidak hanya mencakup good attitude namun mencakup juga kebersihan serta kecepatan (serving time (20 menit)). Bapak Bojono Indrajaya membangun bisnis restoran seafood dengan menerapkan konsep diferensiasi yang berarti memiliki ciri khas yang berbeda dari yang lain seperti menyajikan masakan kepiting asap & kangkung lombok. Tidak hanya penerapan diferensiasi produk, beliau juga menggunakan sistem promosi yang menarik, konsep yang baru (life style), lokasi yang lebih baik dan lebih luas, pengembangan outlet serta tidak lupa beliau menekankan perlunya partnership dalam berbisnis restoran.