CEO Forum: What Are Major Changes You Had to Make Since October 2011?

Berita

CEO Forum: What Are Major Changes You Had to Make Since October 2011?

(Ruang Mahoni, 25/10/11), CEO Forum kali ini kembali menghadirkan Amalia Susilowati, Managing Director EURO RSCG Indonesia sekaligus sebagai Mahasiswa Doktor Manajemen Bisnis-IPB (DMB-IPB). Kelahiran Malang ini bukanlah orang baru di periklanan. Lulus dari Fakultas Sosial Politik Universitas Gadjah Mada, ia bergabung dengan Nuvo Advertising sebagai Eksekutif Account. Kariernya terus menanjak. Di Lintas Advertising, ia menjabat Wakil Direktur Account, bahkan sempat ditugaskan di Sydney. Ia tercatat pernah merentas karier di Dentsu sebagai Direktur Account dan pernah ditugaskan di Dentsu Singapura. Taget bisa masuk di manajemen level perusahaan saat usia 30 tahun pun tercapai ketika ia bergabung dengan McKen Ericsson. Januari 2004, barulah ia bergabung dengan Euro RSCG.

Ada empat fakta yang dijabarkan tentang kondisi dunia sekarang ini, yaitu : fakta pertama convergence, dimana konvergensi secara sederhana adalah suatu perubahan dari vertikal menjadi horizontal, dimana seluruh informasi yang diinginkan dapat diakses hanya dengan satu proses. Bahkan semua orang bisa saling bertukar informasi dan pengetahuan dalam waktu cepat dan biaya yang rendah. Tidak dapat dipungkiri pemicu dari adanya konvergensi adalah kemajuan yang pesat dalam teknologi seperti meluasnya penggunaan internet, pertumbuhan internet dan VoIP yang menawarkan tarif yang rendah serta perkembangan layanan broadband internet yang sangat cepat sehingga memicu kebutuhan pelanggan akan layanan broadband multimedia yang lebih fleksibel. Fakta kedua, change, tidak dipungkiri dengan kondisi dunia yang semakin dinamis kita dipaksa untuk melakukan perubahan-perubahan dalam menghadapi tantangan global yang ada saat ini. Seperti taglinenya BarackObama pada saat inauguration speech 21 Januari 2009 “The World has changed and we must change with it”. Fakta keempat,conversation, komunikasi di masa depan mengarah kepada  create conversation and ask forengagementand give experiences. Fakta keempat,  In Par Position, tidak dipungkiri kita hidup pada kondisi brand dan konsumen berada pada tingkat yang sama, yaitu 1) Brand talk  to consumer:  people share to each other; 2) Brand gain  ROI : People create contact and  friendship; 3) Brand follows  process : People are flexible and adabtable; 4) Brand hide the negative infos : People value transparency; 5) Brand adhare to plan : People interact in the real time act and  friendship.Catatan penutup pada presentasi kali ini adalah bahwa iklan akan lebih efektif ketika menggunakan pendekatan emosional yang selalu direfresh dan pendekatan membangun sebuah struktur memori sehingga brand akan lebih mudah untuk diingat.