International Agribusiness Field Trip to Taiwan

Announcement

International Agribusiness Field Trip to Taiwan

(24–29 Oktober 2011), Peserta MB-IPB mengadakan “InternationaAgribusiness Field Trip” ke Taiwan, khususnya peserta program Doktor Manajemen Bisnis (DMB),  peserta program MM (Kelas Pagi dan Kelas Sore), alumni dan mitra (stakeholder) MB-IPB. Tujuan dari International Agribusiness Field Trip ini adalah tidak lain menambah wawasan dan pengetahuan para peserta mengenai pengembangan dan penerapan manajemen dan bisnis, khususnya untuk floriculture di  Taiwan yang dapat dijadikan bahan kaji banding (benchmarking) bagi pengembangan agribisnis di Indonesia.

Objek kunjungan pada International Agribusiness Field Trip tersebut yaitu tempat-tempat yang representatif dengan kegiatan Manajemen dan Bisnis yang dapat dijadikan “pembanding” bagi pengembangan agribisnis dan aspek-aspek lainnya di Indonesia. Adapun objek kunjungan di Taiwan, anatra lain 1) Kaohsiung Agriculture Development Co, Ltd didirikan pada bulan Oktober 2002 dan mulai beroperasi resmi pada bulan April 2003 yang bergerak dalam bidang impor, ekspor, produsen, grosir dan pengecer. Ekspor utamanya adalah buah, sayur, produk pertanian, beras dan hasil perairan.  2) Love River yang merupakan salah satu landmark kota Kaohsiung yang saat ini menjadi tempat tujuan wisata terfavorit di kota Kaohsiung. Bagi masyarakat Kaohsiung, keberadaan Love River mempunyai arti penting terutama di bidang perekonomian dan pariwisata. 3) Taipei adalah merupakan kota terbesar di Taiwan. Banyak perusahaan industri dan jasa termasuk peralatan listrik dan elektronik, tekstil, logam, pembuatan kapal, dan motor yang menempatkan kantor pusatnya di kota ini. Selama di Taipei, peserta berkunjung  ke  Taiwan Floriculture Development Association. Taiwan Floriculture Development Association (TFDA) adalah sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk memajukan perluasan industri bunga di Taiwan. Selain itu juga, rombongan juga mengunjungi Wholesale Fruit & Vegetable Market dan Komite Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI). Taiwan memiliki sekitar 54 pasar grosir buah dan sayuran serta enam pasar grosir bunga.