Orasi Guru Besar Tetap Sekolah Bisnis IPB: Prof. Dr. Ir. Mohammad Syamsul Marif, M.Eng, Dip.Ing, DEA

Berita

Orasi Guru Besar Tetap Sekolah Bisnis IPB: Prof. Dr. Ir. Mohammad Syamsul Marif, M.Eng, Dip.Ing, DEA

Bogor (16/12/17) Institut Pertanian Bogor kembali menyelenggarakan Orasi Ilmiah Guru Besar. Pada kesempatan ini tiga Guru Besar IPB yang terdiri dari Prof.Dr.Ir. Vincentius P Siregar (Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Prof.Dr.Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, MSc.FTrop (Guru Besar Tetap Fakultas Kehutanan) dan Prof.Dr.Ir. Mohamad Syamsul Maarif, MEng,Dipl.Ing,DEA (Guru Besar Tetap Sekolah Bisnis) memyampaikan pemikiran ilmiahnya.
Prof. Syamsul Maarif merupakan Guru Besar pertama yang orasi ilmiahnya diselenggarakan oleh Sekolah Bisnis IPB. Beliau menyampaikan materi tetang “Manajemen Perubahan dan Inovasi: Upaya Meningkatkan Daya Saing”.
Prof. Syamsul menjelaskan bahwa manajemen perubahan sangat penting bagi organisasi agar mampu menyesuaikan diri dan melayani berbagai kebutuhan yang selalu berubah dari pasar, pelanggan dan para pekerja itu sendiri. Paradigma organisasi juga harus berubah dari resources-based menjadi knowledge based. Pengelolaan pengetahuan (knowledge management) ditujukan agar organisasi belajar belajar (learning organization) sehingga bekerja dan belajar merupakan hal yang sama dalam suatu institusi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif.
Untuk mengakomodir atas ide-ide baru yang terus berkembang cepat dan dinamis, diperlukanlah manajemen inovasi. Manajemen inovasi adalah kegiatan mengelola inovasi agar dapat berdaya guna bagi penciptaan keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi organisasi. Lingkungan yang tepat akan menambah tumbuh suburnya inovasi pada suatu perusahaan/organisasi. Secara umum dapat dikatakan bahwa inovasi merupakan suatu hal yang penting untuk dapat terus meraih keberhasilan. Inovasi melindungi aset organisasi dari pengikisan perubahan lingkungan. Inovasi merupakan bagian dari integrasi organisasi sehingga harus dikelola.
Era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin cepat dan tumbuh semakin marak di dunia membawa dampak perubahan masif dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat. Kebutuhan manusia yang terus meningkat seiring dengan perkembangan jaman menjadikan masyarakat hidup di era disruption yaitu era dengan berbagai perubahan dinamis. Di era ini Inovasi menjadi hal yang sangat penting guna menciptakan penemuan yang dapat menghasilkan sesuatu yang kompetitif. Produk dan jasa yang menguasai pasar selalu memiliki kandungan inovasi yang tinggi, sehingga untuk dapat tetap menjadi market leaders harus tetap dan terus berinovasi. Hal ini penting karena secara natural disruption innovation akan selalu ada di setiap saat
Pemahaman atas teori dasar manajemen perubahan sebagai landasan fundamental dalam melaksanakan perubahan di dalam organisasi menjadi mutlak diperlukan agar tercipta inovasi-inovasi baru yang mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dan mampu bertahan dan bersaing di pasar dunia. Kemajuan dinamika yang begitu cepat yang ditandai dengan perkembangan teknologi menuntut manusia atau organisasi untuk senantiasa selalu belajar. Masalah baru yang muncul tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan struktur dan pola pikir yang sama atau yang telah dilakukan oleh organisasi pada masa lampau. Agar dapat memperoleh gambaran yang jelas bagaimana pelaksanaan inovasi dalam organisasi, maka diperlukan pengetahuan terkait manajemen inovasi untuk menjelaskan perubahan organisasi dan inovasi.
Manajemen inovasi adalah kegiatan mengelola inovasi agar dapat berdaya guna bagi penciptaan keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi organisasi. Lingkungan yang tepat akan menambah tumbuh suburnya inovasi pada suatu perusahaan/organisasi. Secara umum dapat dikatakan bahwa inovasi merupakan suatu hal yang penting untuk dapat terus meraih keberhasilan. Inovasi melindungi aset organisasi dari pengikisan perubahan lingkungan. Inovasi merupakan bagian dari integrasi organisasi sehingga harus dikelola.
Era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin cepat dan tumbuh semakin marak di dunia membawa dampak perubahan masif dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat. Kebutuhan manusia yang terus meningkat seiring dengan perkembangan jaman menjadikan masyarakat hidup di era disruption yaitu era dengan berbagai perubahan dinamis. Di era ini Inovasi menjadi hal yang sangat penting guna menciptakan penemuan yang dapat menghasilkan sesuatu yang kompetitif. Produk dan jasa yang menguasai pasar selalu memiliki kandungan inovasi yang tinggi, sehingga untuk dapat tetap menjadi market leaders harus tetap dan terus berinovasi. Hal ini penting karena secara natural disruption innovation akan selalu ada di setiap saat
Pemahaman atas teori dasar manajemen perubahan sebagai landasan fundamental dalam melaksanakan perubahan di dalam organisasi menjadi mutlak diperlukan agar tercipta inovasi-inovasi baru yang mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dan mampu bertahan dan bersaing di pasar dunia. Kemajuan dinamika yang begitu cepat yang ditandai dengan perkembangan teknologi menuntut manusia atau organisasi untuk senantiasa selalu belajar. Masalah baru yang muncul tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan struktur dan pola pikir yang sama atau yang telah dilakukan oleh organisasi pada masa lampau. Agar dapat memperoleh gambaran yang jelas bagaimana pelaksanaan inovasi dalam organisasi, maka diperlukan pengetahuan terkait manajemen inovasi untuk menjelaskan perubahan organisasi dan inovasi.