BRI Sebagai Bank Sehat, Kuat dan Tumbuh Berkesinambungan

(Ruang mahoni MB-IPB, 12 Juli 2011), CEO Forum kali ini menghadirkan Susy Liestiowaty (Kepala Divisi Analisis Resiko Kredit Bank BRI) yang memaparkan tentang “BRI sebagai bank sehat, kuat dan tumbuh berkesinambungan”. Upaya yang dilakukan BRI untuk menjadi bank yang sehat, kuat dan tumbuh berkesinambungan adalah melalui sistem kelembagaan yang baik dan kuat dengan Direktorat-direktorat yang dimiliki BRI. Untuk mencapai tujuan tersebut, Direktorat-direktorat yang terdapat di BRI antara lain : 1) Direktorat MSDM; 2) Direktorat Bisnis UMKM; 3) Direktorat Jaringan dan Layanan; 4) Direktorat Konsumer BRI. Pada Direktorat MSDM, BRI berupaya selalu menjadi mitra manajemen dan pekerja dalam rangka membentuk SDM BRI yang profesional, produktif dan sejahtera dengan membangun kompetensi Pekerja melalui Sistem MSDM yang  terintegrasi dan komprehensif dan membangun lingkungan kerja yang kondusif dan kompetitif bagi Pekerja. Terkait dengan Direktorat UMKM, BRI sendiri tetap mempertahankan citranya sebagai perbankan yang terkemuka fokus dengan bisnis UKM. Tentunya visi tersebut harus dapat diimplementasi melalui berbagai misi yang ditetapkan, yaitu 1) mempertahankan Portofolio UMKM minimal 80%; 2) tetap Leading disektor mikro; 3) mengembangkan portofolio UMKM yang sehat dan memberikan kontribusi terbesar laba perusahaan; 4) menciptakan sinergi antar stakeholder dan 5) peduli pada masyarakat dan lingkungan.

 Direktorat Jaringan dan Layanan berupaya memiliki jaringan kerja terluas yang dekat dengan nasabah dan produktif dengan kualitas layanan terbaik. Adapun strategi untuk mencapai tujuan tersebut melalui perluasan jaringan Kanca, KCP, Kantor Kas, BRI Unit, Teras dan e-channel yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat sesuai potensi bisnis dan meningkatkan kualitas layanan pada setiap jaringan distribusi untuk menjadi bank terbaik di Indonesia. Untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen BRI pula, BRI membentuk Direktorat Konsumer BRI dengan visi  “Menjadi salah satu market leader (top 5) consumer banking dengan mutu layanan terbaik”. Hal ini dapat diwujudkan dengan empat misi yang dilakukan BRI yaitu 1)memberikan fasilitas perbankan terkini dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah; 2) mengoptimalkan kekuatan BRI dalam jaringan, basis nasabah, dan  loyalitas nasabah; 3) menjalankan bisnis consumer banking yang aman, terpercaya dan inovatif serta menerapkan tata kelola perusahaan yang baik; dan 4) memiliki komitmen kuat untuk menciptakan services dan kepuasan nasabah.