CEO and Entrepreneurial “Entrepreneurship Memberdayakan Setiap Orang”

(Mahoni,4/9/2012) Kesempatan kali ini CEO forum menghadirkan Ir. R. Rudy Irawan, MM (CEO PT. Mitra Stania Prima) dengan mengangkat tema “Entrepreneurship Memberdayakan Setiap Orang”. Rudy Irawan, MM dalam awal acara menjelaskan apa itu entrepreneur, beliau mendefinisikan entrepreneur   adalah orang yang memiliki usaha, perusahaan atau ide dan menggunakan sistem akuntabilitas dalam menjalakannya dengan mempertimbangkan resiko dan untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Entrepreneur berasal dari kata  loanword dari French (entreprende) yang berarti “to undertake”. Dengan memahami definisi tersebut maka kita mengetahui wujud nyata dari seorang entrepreneurship itu bagaimana? “Dengan menciptakan entrepreneurship Perekonomian akan cepat berubah lebih baik”. Tutur CEO PT. Mitra Stania Prima.

CEO PT. Mitra Stania Prima pada acara CEO Forum MB-IPB juga menjelaskan tahap-tahap menjadi calon entrepreneur yang meliputi Discovery (tahap dimana entrepreneur menghasilkan ide-ide, peluang dan pasar), Concept Development (tahap dimana entrepreneur merencanakan usaha, mengidentifikasi sumber daya, mengidentifikasi strategi ) Resourcing (tahap dimana entrepreneur mengidentifikasi sumber daya manusia, keuangan, modal yang dibutuhkan untuk start-up ) Actualization (tahap dimana entrepreneur mengjalankan usaha dan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai tujuan dan sasaran) dan Harvesting (tahap dimana entrepreneur memutuskan masa depan usaha (pertumbuhan, perkembangan, masa depannya).
Menjadi entrepreneur harus memiliki Skill Entrepreneurial dan Sikap Entrepreneurial karena hal tersebut tidak bisa dipisahkan dari seorang entrepreneur. Rudy Irawan, MM juga menyampaikan Konsep 5 N dalam mejadi entrepreneur yang sukses yaitu Nalar, Nalur, Nurani, Nyali dan Nekad. Sealain itu harus ditunjang dengan Kreativitas & Inovasi sehingga dapat berkompetisi dengan pesaing lainnya. Dalam akhir sesion beliau berpesan sebelum kita menjadi entepreneur/berusaha kita harus dapat menjawab maupun mengetahui 1) Segmen pasar apa yang disasar? 2)Apa model bisnis? 3)Seberapa besar pasar anda? 4)Bagaimana anda bisa melindungi bisnis anda? 5)Apa yang anda keluarkan (produk/jasa)?