CEO Forum: Indonesia-Chinese Style Entrepreneur Overview

(Selasa, 7 February 2012), CEO Forum kali ini mengangkat topik terkait “Indonesia-Chinese Style Entrepreneur Overview” disampaikan oleh Calvin Andersen, MBA.  Tidak dapat dipungkiri, kesuksesan para wirausaha dari negeri tirai bamboo ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Kepiawan dalam menghasilkan berbagai produk inovatif mampu membanjiri negara-negara, termasuk Indonesia. Produk-produk Chinadapat kita temui hampir di seluruh negara di empat benua. Tidak heran, banyak wirausaha muda Indonesia belajar dari China.

China dapat melakukan efisiensi di berbagai lini produksi sehingga produk  yang “dilempar” ke pasaran dapat diperoleh dengan harga rendah. Saat ini di China berderet-deret pabrik yang merupakan pabrik milik pemerintah China sendiri, swasta, maupun investasi asing, begitu banyak orang asing yang mempercayakan pabriknya di China. Pemerintah sangat mendukung dunia industridi China melalui berbagai regulasi mendukung tercapainya industri yang sangat efisien ini.

Saat  ini Indonesia merupakan negara tujuan untuk menanam investasi setelah India dan China, sehingga tidak mengherankan bahwa hubungan Indonesia dan China sudah berlangsung selama 60 tahun. Business mind set  Indonesian-Chinese adalah fighting spirit (never give up), guan xi (team work), financial (short term profit), dan sustainable (long term security). Keempat hal tersebut merupakan pilar untuk mencapai goals. Ada beberapa prinsip yang harus dipegang oleh pengusaha dengan belajar dari China , yaitu: 1) do what you love and love what you do, 2) usaha terus meskipun situasi semakin sulit (never give up), 3) never blame any day in your life.