CEO Forum “Pemasaran Hijau melalui Inovasi”

(Ruang Mahoni, 9/10/2012), CEO Forum menghadirkan Dr. Ir. Judianto Hassan, MM (Direktur Operasi/ Pemasaran PT. Energy Management Indonesia (Persero)) dengan  mengangkat Topik “Pemasaran Hijau Melalui Inovasi”. Hal itu disampaikan karena Pemasaran Hijau yang semakin menjadi kebutuhan dalam dunia bisnis baik nasional maupun internasional. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan kenapa atau alasan green marketing itu perlu dan penting untuk tidak hanya dipahami namun harus dilakuakan. Konsep green marketing ini terbentuk terkait dengan pemanasan global yang sudah terjadi saat ini, hal tersebut bekaitan dengan perubahan iklim dan isu lingkungan lain dunia. Sehingga salah satu cara  untuk menjaga lingkungan ini adalah maka mengalakan dengan “Green Konsumerisme” dan menghimbau untuk perusahaan-perusahaan untuk menghasilkan produk ramah lingkungan.

Secara singkat Direktur Operasi/Pemasaran PT. Energy Management Indonesia menjelaskan green marketing Atau dikenal sebagai Pemasaran  Hijau, Ekologi Pemasaran atau Eco-Pemasaran. Dalam  istilah sederhana mengacu pada proses menjual produk dan / atau jasa berdasarkan manfaat lingkungan mereka (konsumen), Seperti produk ramah lingkungan itu sendiri atau diproduksi dan / atau dikemas dengan cara ramah lingkungan. Dalam prakteknya pemasaran hijau yang dilakukan oleh banyak perusahaan sangat beragam karena batasan tentang apa yang disebut hijau juga sangat luas. Pada intinya pemasaran hijau harus menjaga kelestarian lingkungan hidup dimana perusahaan harus menggunakan bahan yang tidak merusak lingkungan dalam setiap tahapan kegiatan produksi yang dilakukan. Jadi apa yang disebut pemasaran hijau mencakup banyak aspek sebelum produk itu ditawarkan kepada konsumen sebagai produk hijau.

The American Marketing Association (AMA) mendefinisiskan bahwa green marketing memiliki 3 difinisi khusus yaitu (retailing definition) The marketing of products that are presumed to be environmentally safe. (social marketing definition) The development and marketing of products designed to minimize negative effects on the physical environment or to improve its quality. (environment definition) The efforts by organizations to produce, promote, package, and reclaim products in a manner that is sensitive or responsive to ecological concerns.

Dengan dasar  hal itu Perusahaan yang menggunakan pemasaran hijau harus memastikan bahwa kegiatan mereka tidak menyesatkan  kepada konsumen atau industri, dan tidak melanggar salah satu peraturan atau undang-undang yang berhubungan dengan pemasaran lingkungan. syatat pemasaran hijau meliputi Clearly state environmental benefits; Explain environmental characteristics; Explain how benefits are achieved; Ensure comparative differences are justified; Ensure negative factors are taken into consideration; and Only use meaningful terms and pictures.