Kurikulum Program Studi Sarjana Bisnis dirancang secara komprehensif untuk membekali para mahasiswa belajar bagaimana mengidentifikasi peluang pasar, strategi eksekusi solusi yang inovatif, pengelolaan sumberdaya perusahaan yang efisien,  mitigasi faktor risiko dan isu-isu kelayakan berdasarkan prinsip creating shared values.

Program Studi Sarjana Bisnis diselenggarakan selama delapan semester. Mahasiswa Program Sarjana Bisnis harus mengikuti kuliah sebanyak 144 SKS (Satuan Kredit Semester). Kurikulum Program Studi Sarjana Bisnis terdiri dari kelompok mata kuliah sebagai berikut:

  1. Kelompok Mata Kuliah Kemampuan Dasar Umum
  2. Kelompok Mata Kuliah Basic Analytical Skills (Kemampuan Dasar dalam Melakukan Analisis dan Pengambilan Keputusan)
  3. Kelompok Mata Kuliah Managerial Skills (Kemampuan dalam Melakukan Kegiatan Manajerial)
  4. Kelompok Mata Kuliah Leadership and Interpersonal Skills (Kepemimpinan dan Pengembangan Potensi Pribadi)
  5. Kelompok Mata Kuliah Praktek Bisnis
  6. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Khusus (Konsentrasi Kewirausahaan dan Konsentrasi Konsultansi Bisnis)
PROGRAM PENDIDIKAN KOMPETENSI UMUM (SEMESTER 1 DAN 2) : 32 SKS SKS
1. Pendidikan Pancasila 2
2. Pendidikan Agama 3
3. Pertanian Inovatif 2
4. Matematika dan Berpikir Logik 3
5. Biologi Umum 2
6. Fisika Humaniora 2
7. Sosiologi 2
8. Pendidikan Kewarganegaraan 1
9. Bahasa Indonesia 2
10. Bahasa Inggris 2
11. Olahraga dan Seni 1
12. Statistika dan Analisis Data 3
13. Ekonomi 2
14. Berpikir Komputasional 2
15. Instrumen Pengambilan Keputusan Bisnis 2
SEMESTER 3 (16 SKS)
1. Kreativitas dan Inovasi Bisnis 2
2. Analisis Peluang Bisnis 2
3. Inovasi Model Bisnis 2
4. Bisnis dan Kewirausahaan 3
5. Praktek Bisnis Komprehensif 1 3
6. Statistika Bisnis 3
7. Dinamika dan Transformasi Bio-Business 2
SEMESTER 4 (17-18 SKS)
1. Mikroekonomi Bisnis 3
2. Makroekonomi Bisnis 3
3. Bisnis Analitik dan Intelijen 3
4. Riset Bisnis 3
5. Mata Kuliah Konsentrasi 1
6. Mata Kuliah Konsentrasi 2
7. Mata Kuliah Konsentrasi 3
SEMESTER 5 (16-17 SKS)
1. Ekosistem dan Daya Saing Bisnis 2
2. Etika dan Hukum Bisnis 2
3. Praktek Bisnis Kompprehensif 2 3
4. Mata Kuliah Konsentrasi 4
5. Mata Kuliah Konsentrasi 5
6. Mata Kuliah Konsentrasi 6
SEMESTER 6 (16-17 SKS)
1. Negara, Bisnis dan Masyarakat 2
2. Analisis Risiko Bisnis 2
3. Mata Kuliah Konsentrasi 7
4. Mata Kuliah Konsentrasi 8
5. Mata Kuliah Konsentrasi 9
6. Mata Kuliah Konsentrasi 10
SEMESTER 7 (26 SKS)
  1. Mata Kuliah Pengayaan**
  2. Kuliah Kerja Nyata ***

Catatan:
** Siswa dapat mulai mengambil mata kuliah pengayaan mulai dari Semester 3 (secara online ataupun offline)
*** KKN antara semester 6 dan 7

SEMESTER 8 (20 SKS)
  1. Capstone
  2. Magang
  3. Presentasi Bisnis
  4. Skripsi

(1) INTRAPRENEURSHIP

  1. Kepemimpinan dan Tata Kelola Perusahaan
  2. Ketidakpastian Bisnis dan Perencanaan Strategis
  3. Akuntansi untuk Bisnis Dinamis
  4. Bisnis Global
  5. Operasi dan Rantai Pasok Dinamis
  6. Intrapreneurship dan Keberlanjutan Organisasi
  7. Analisis Dampak Sosial
  8. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia
  9. Analisis Konsumen dan Pasar
  10. Organisasi Industri

(2) KEWIRAUSAHAAN

  1. Bisnis Digital
  2. Kepemimpinan Bisnis
  3. Keuangan dan Investasi Fundamental
  4. Perencanaan dan Pengembangan Produk
  5. Startup Usaha Mikro dan Kecil
  6. Pemasaran Inovatif
  7. Usaha keluarga
  8. Perencanaan Kinerja dan Pengambilan Keputusan
  9. Bisnis Sosial dan Kewirausahaan
  10. Mengelola Bisnis yang Berkembang

(3) MANAJEMEN INVESTASI DAN KEKAYAAN

  1. Bisnis Digital
  2. Kepemimpinan Bisnis
  3. Keuangan dan Investasi Fundamental
  4. Perencanaan dan Pengembangan Produk
  5. Startup Usaha Mikro dan Kecil
  6. Pemasaran Inovatif
  7. Usaha keluarga
  8. Perencanaan Kinerja dan Pengambilan Keputusan
  9. Bisnis Sosial dan Kewirausahaan
  10. Mengelola Bisnis yang Berkembang

(4) BISNIS DIGITAL

  1. Bisnis Digital
  2. Sistem Manajemen Data Bisnis dan Big Data
  3. Transformasi dan Valuasi Bisnis Digital
  4. TIK untuk Bisnis
  5. Pemasaran Inovatif
  6. Operasi dan Rantai Suplai Dinamis
  7. Pembelajaran Mesin untuk Bisnis
  8. Kewirausahaan Digital
  9. Pemasaran Media Digital dan Sosial
  10. Teknologi Keuangan
  1. Pengembangan Start-up (Ideal for Collaborative Capstone)
  • Start with Entrepreneurial (LH) activities at PPKU
  • Participating in various entrepreneurship competitions (PKM, KBMI and related)
  • Participating in SB-IPB small business accompaniment program
  • Join business mentoring in SB-IPB Creative Hub (alternative to Internships)
  • Leading to final project with the Start-up business model as the topic

 

  1. International Business Exposures
  • Start with English (LH) activities at PPKU
  • Participating in various international competitions, seminars and conferences
  • Participating in SB-IPB small business accompaniment program
  • Joining international student exchanges (1 semester)
  • Observing business and market in the destination countries
  • Internships leading to final project in developing or managing business in Indonesia (in comparison with or lesson learned from overseas)

 

  1. Leading Business and Innovation
  • Start with Sports and Arts (LH) activities at PPKU
  • Active in various students organizations, event committees and SB-IPB Creative Hub activities
  • Participating in SB-IPB small business accompaniment program
  • Participating in various competitions (PKM and KBMK for example)
  • Join structured internships in company with credits
  • Leading to final project in improving business management in a company (acting as business consultant)

 

  1. Business Competitions for Competitiveness
  • Start with Sports and Arts (LH) at PPKU
  • Participating in managing and active in various SB-IPB Creative Hub activities
  • Participating in SB-IPB small business accompaniment program
  • Active participations in various students competitions (more than other Capstone tracks)
  • Use one of his/her competitions outputs as final project

 

  1. Business for Society
  • Start with Entrepreneurial (LH) activities at PPKU
  • Participating in SB-IPB small business accompaniment program
  • Active in various SB-IPB Creative Hub activities (especially Business Development Services)
  • Active in various students competitions (especially related to community such as PKM-M or T)
  • Internships in implementing company SCR activities
  • Leading to final project in improving society’s welfare through business.