business nect draft

Rilis Majalah Business NextDraft

Bertepatan dengan momen Dies Natalis IPB University ke-57 pada 01 September 2020, Sekolah Bisnis IPB University secara perdana resmi merilis majalah BUSINESS NEXTDRAFT. Dr. Idqan Fahmi selaku pemimpin redaksi menuturkan bahwa kelembagaan Sekolah Bisnis sudah beberapa kali berubah dari awalnya Magister Manajemen Agribisnis (MMA-IPB) tahun 1992 menjadi Manajemen dan Bisnis (MB-IPB) tahun 2005 dan terakhir Sekolah Bisnis (SB-IPB) tahun 2015. Lingkungan bisnis memang terus berubah dengan kecepatan yang semakin tinggi sehingga dikenal dengan istilah Volatile, Uncertain, Complex dan Ambiguous (VUCA). Sehingga, sekedar berubah sudah tidak lagi memadai. Sebuah lembaga, termasuk bisnis, harus berubah lebih cepat daripada perubahan yang terjadi di lingkungannya agar dapat bertahan.

Majalah yang selama ini selalu digunakan oleh SB-IPB untuk berkomunikasi dengan para mitranya, AGRIMEDIA, tidak terkecuali dari tuntutan untuk bertransformasi. Setelah lama tidak menyapa para pembaca, kami hadir kembali dengan nama dan format baru. To keep relevant, merupakan alasan kenapa majalah lama AGRIMEDIA harus berevolusi menjadi BUSINESS NEXTDRAFT.

BUSINESS NEXTDRAFT tidak sekedar nama baru, tetapi juga membawa misi dan substansi yang berbeda. Kata NextDraft menunjukkan bahwa materi yang disajikan bersifat kekinian dan menginspirasi next practice dalam berbisnis. Tagline yang diusung adalah Shared Vision dan Beyond Business. SB-IPB berharap majalah ini tidak hanya menginspirasi, tetapi juga connecting ideas para stakeholders, connecting people untuk berkolaborasi, bahkan connecting present to the future. Pada gilirannya, semua ini diharapkan menjadi visi bersama (shared vision) SB-IPB, para pemangku kepentingannya dan masyarakat secara luas. SB-IPB juga ingin mengajak para pembaca untuk melihat bisnis sebagai sebuah aktivitas yang tidak hanya berorientasi keuntungan dan materi, tetapi juga peduli dengan dampaknya baik terhadap lingkungan masyarakat maupun alam tempat dia berada (beyond business).

Majalah Business Nextdraft edisi pertama hadir dengan mengangkat topik “DNA Bisnis Era Pandemi: Implikasi dan Strategi”. DNA bisnis diartikan sebagai materi genetik yang membangun nucleus bisnis menjadi tangguh, memiliki daya tahan tinggi dalam menghadapi berbagai ketidakpastian termasuk pada era pandemi. Dengan DNA bisnis tangguh dan agile, diharapkan dunia usaha mampu tumbuh dan berkembang menjadi mesin penggerak kehidupan dalam era yang penuh ketidakpastian di masa depan. Tulisan-tulisan dalam edisi ini ditujukan sebagai referensi dan inspirasi bagi pelaku bisnis agar mampu membangun optimisme saat era Pandemi dan mampu melihat peluang bisnis saat masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru.