Strategi Marketing Bank ANZ Bersama Jacking Wijaya

Announcement

Strategi Marketing Bank ANZ Bersama Jacking Wijaya

CEO Forum (Selasa, 9 Februari 2016)- Hadir pembicara dari industri jasa keuangan, yaitu seorang Head of Transaction Banking and Secured Lending dari Bank ANZ. Beliau adalah bapak Jacking Wijaya yang juga merupakan alumni IPB jurusan Teknologi Pangan. Ia mengungkapkan kesan serta pengalamannya ketika berkuliah di IPB dimana beliau sangat terinspirasi oleh dosen Prof. Dr. Andi Hakim Nasution. Hal ini ia buktikan dengan keberhasilannya untuk bisa masuk kejurusan teknologi pangan yang ketika itu adalah jurusan favorit di IPB pada zamannya. Selain itu beliau juga memperoleh gelar Master of International Management di Thunderbird School of Global Management. Dalam CEO Forum kali ini beliau menyapaikan materi mengenai produk dan perusahaan yang terlambat masuk ke pasar.

 “Bank ANZ pada tahun 2011 adalah bank asing  yang merupakan bank yang memiliki aset yang terendah dibandingkan bank lain”, ungkapnya. Hal ini beliau ungkapkan karena bank ANZ merupakan bank asing yang tergolong telat untuk masuk ke industry perbankan di Indonesia. Saat itu bank ANZ terdapat pada posisi terbawah. “Banyak produk ataupun perusahaan yang terlambat masuk ke pasar, tetapi bisa lebih berhasil”, kata pak Jacking.  Ia mencontohkan seperti google yang merupakan perusahaan search engine baru ketika itu bisa mengalahkan search engine yahoo ataupun pendahulunya alta vista. Seperti kasus yang telah ia sampaikan bahwa “Sebagai perusahaan yang telat masuk pasar, perlu adanya strategi khusus untuk bisa bersaing dengan para pesaing pedahulunnya”, Katanya, Ia menyebutkan strategi tersebut, yaitu memilih segmen yang tepat, melakukan deferensiasi produk, dan melakukan inovasi produknya.