ghifari

CEO TALK – Building the Business Resilience: A Lessons to Sustain the Business Growth (Case Study of BUMD Transportation Jakarta)

CEO TALK pada Kamis (06/04) yang dilaksanakan secara daring mengangkat topik “Building the Business Resilience: A Lessons to Sustain the Business Growth. (Case Study of BUMD Transportation Jakarta)” dengan narasumber Dr. Ahmad Giffari, S. Sos, MSE, MBA selaku Senior Urban Economic Planner Bappeda Provinsi DKI Jakarta. Kegiatana ini dipandu oleh Dr Asep Taryana selaku dosen Sekolah Bisnis IPB University.

Pandemi covid-19 telah menyebabkan BUMD DKI Jakarta mengalami turbulensi. Turbulensi tersebut diantisipasi oleh BUMD DKI Jakarta dengan melakukan resiliensi bisnis. Terdapat 4 atribut yang digunakan dalam resiliensi di antaranya ialah Adaptabiity, Cohesion, Efficiency, dan Diversity. Keempat atribut tersebut dapat diimplementasikan di dalam business process BUMD DKI Jakarta.

Implementasi kombinasi atribut resiliensi dan business process dapat dilihat dengan adanya integrasi moda transportasi antara MRT dan TransJakarta (TJ) di halte CSW & stasiun MRT ASEAN, pembangunan MRT phase 2, penyediaan LRT, dan system feeder collaboration antar operator dan moda transportasi. Dengan begitu, tujuan BUMD sektor transportasi sebagai penyedia distribusi barang dan jasa serta pendukung perekonomian dapat tercapai.

Resilience sendiri merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dan diinginkan oleh seluruh pelaku bisnis. Tercapainya resilience tentu merupakan sebuah tantangan yang berat. Business resilience adalah kemampuan suatu perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap berbagai gangguan sembari mempertahankan operasi bisnis yang berkelanjutan serta menjaga aset dan ekuitas merek secara menyeluruh.

Dalam bisnis, ketahanan berarti menghadapi kesulitan dan guncangan serta terus beradaptasi untuk pertumbuhan bisnis process dalam menjalankan resilience bisnis meliputi sebagai berikut:
– Supply chain management (SCM)
– Human Resource Management (HRM)
– Capital Asst Management (CAM)
– Product & Service Develoment (PSD)
– Health, Safety & Environment (HSE)
– Financial Management (FM)
– Customer Relation Management (CRM)
– External Affairs Management (EAM)