Driven Strategy: Memahami Pasar dan Konsumen Dimasa Pandemi
Pada 15 Oktober 2020, Dr. Ir. Sri Hartono MM, CMA, CHRA berkenan sharing pengalaman beliau dengan mahasiswa Program Sarjana SB-IPB. Beliau merupakan CEO PT Catur Pilar Jaya dan CEO PT BMS Group, trainer dan konsultan manajemen serta mengajar di Pasca Sarjana SB-IPB, UMB dan UNPAK. Beliau berpengalaman bekerja di berbagai perusahaan multinasional seperti PT Meiji Indonesia, PT Sandoz Indonesia, PT Casana Prima, PT SLH Prima dan PT GlaxoSmithKline Indonesia. Beliau menyampaikan materi mengenai Market Driven Strategy: Memahami Pasar dan Konsumen Di Masa Pandemi.
Pasar pada masa Normal vs New Normal yang mana pada kondisi normal dituntut untuk fokus, konsisten, strategi pemasaran terbaik, keluwesan dan kompetisi yang tinggi. Pada masa New Normal terjadi empat mega shift yaitu stay at home lifestyle, bottom of the pyramid, go virtual dan empathic society. Dampak pandemi Covid-19 adalah perubahan perilaku konsumen, daya beli konsumen, sistem distribusi, variasi produk, akses kepada informasi dan isu harga. Ada empat karakteristik market-driven strategy, yaitu becoming market-orientation, determining distinctive capabilities, customer value/capabilities match, dan achieving superior performance.
Keempat hal tersebut seperti siklus yang berputar.
Enam langkah praktis mempertahankan pelanggan yang dapat dilakukan adalah ubah pola pikir, dengarkan pelanggan, ikuti jalan pikiran mereka, buat koneksi, rekomendasi anda sebagai solusi yang sesuai dan lampaui harapan di atas dan di luar perkiraan. Pertama, ubah pola pikir dapat dilakukan dengan fokus pada pelanggan, ciptakan nilai dan inovasi itu kebutuhan. Kedua, dengarkan pelanggan dengan menjadi pendengar yang baik, penolakan itu merupakan peluang dan ingat pelanggan itu unik. Ketiga ikuti jalan mereka dengan ikuti saja, perbaiki yang sudah ada dan lebih fleksibel.
Keempat buat koneksi dengan memanfaatkan semua akses, kreatif saja tidak cukup, pastikan kamu terhubung dan jangan malas. Kelima, rekomendasi anda sebagai solusi yang sesuai melalui jadilah ahlinya, kuasai product knowledge, dan penuhi harapan pelanggan. Terakhir, lampaui harapan di atas dan di luar perkiraan dengan memberikan yang terbaik, jadilah yang pertama dan jangan pelit.