SB-IPB Gelar CEO Forum tentang “Increase Employee Service Excellent for Customer Satisfaction”
SB-IPB Gelar CEO Forum tentang “Increase Employee Service Excellent for Customer Satisfaction”
(Bogor, 29 Agustus 2023) Sekolah Bisnis IPB menghadirkan Ahmat Setiabudi (GM HRD dari Hisana Group) dalam kegiatan CEO Forum. Kegiatan ini dimoderatori oleh Siti Jahroh, PhD dengan peserta mahasiswa magister SB-IPB.
Ahmat Setiabudi mengangkat topik tentang “Increase Employee Service Excellent for Customer Satisfaction”. Hisana berawal dari gerai kecil UMKM yang menjual ayam goreng tepung dan kemudian berkembang menjadi franchise yang besar di seluruh Indonesia. Menurut Ahmat Setiabudi, dalam bisnis food and beverage rasa merupakan faktor yang penting. Bumbu tepung dan ayam yang disajikan harus panas dan fresh. Hal ini membuktikan bahwa Hisana mementingkan rasa dan kualitas yang baik untuk memuaskan pelanggan agar dapat melakukan repeat order dan menjadi pelanggan setia Hisana. Hisana juga menyajikan produk mereka dengan inovasi menu makanan lainnya dengan menyajikan variasi berbagai macam saus dan olahan daging ayam lainnya.
Ahmat Setiabudi mengungkapkan Employee Service Excellent merupakan faktor penting yang menjadi kunci kesuksesan suatu bisnis fast food. Hisana menerapkan Employee Service Excellent dengan menjaga dengan ketat pelayanan karyawan Hisana di seluruh gerai di Indonesia. Dalam hal ini sebagai pelaku bisnis harus pintar memilih Customer Service Excellent yang ideal dengan model bisnis yang sedang dijalani. Hisana juga mengontrol kualitas rasa 6 bulan sekali dengan menggunakan blind test untuk memastikan rasa dari Hisana masih sesuai dengan konsumen dan bisa bersaing dengan kompetitor. Keunggulan Hisana di kelas bisnis menjadikan Hisana pelopor rasa yang paling enak dengan kombinasi yang varian.
Hisana Group berupaya untuk mengembangkan Hisana menjadi brand besar dengan beragam kuliner di Indonesia. Bapak Ahmat Setiabudi menjelaskan bahwa dalam menghadapi perkembangan, Hisana mengedepankan pemenuhan kebutuhan pelanggan. Meskipun beberapa gerai harus ditutup akibat pandemi COVID-19 pada tahun 2021-2022, Hisana tetap bertahan dengan memahami segmen pelanggan dan berinovasi dengan layanan delivery. Pelayanan yang baik dan rasa produk menjadi fokus penting dalam mempertahankan pelanggan, dan konsep Employee Service Excellence menjadi kunci utama kesuksesan Hisana dalam bisnis makanan cepat saji. Hisana menerapkan prinsip-prinsip seperti Keunggulan Layanan, Kualitas Produk, dan Kebersihan Gerai untuk mencapai hal ini. Melalui program-program seperti orientasi pegawai baru, pelatihan on-the-job, dan kompetisi antar gerai, Hisana berusaha membangun sumber daya manusia yang mendukung keunggulan layanan karyawan. (Edwin Adhiwena/Lisani Alhay Lusarno)