CEO Forum: Berkomunikasi dan Mempengaruhi Secara Efektif

Memasuki tahun 2009, CEO Forum mengundang Muchlis Ahmady, SE, MM yang telah berkecimpung dalam dunia bisnis untuk memberikan penjelasan mengenai “Berkomunikasi dan Mempengaruhi secara Efektif” dalam berbisnis (Selasa, 13/01/09). Tidak dipungkiri komunikasi merupakan bagian terpenting dalam bisnis. Dengan makin meningkatnya arus informasi dan makin cepatnya perubahan, maka kesuksesan bergantung pada perkembangan strategi dalam menghadapi berbagai macam orang dan situasi. Dalam hal ini komunikasi mampu memberikan pangaruh yang luar biasa dalam menghadapi arus informasi yang selalu berkembang pesat. Kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain tidak lain hanya dapat dilakukan dengan berkomunikasi secara efektif. Kemampuan professional dan kompetensi teknis saja tidak cukup dalam lingkungan kerja masa kini karena kerja manajemen pada dasarnya adalah meraih sesuatu lewat orang lain dan cara paling mungkin untuk mencapainya dengan kemampuan mempengaruhi orang lain melalui komunikasi, “ujar Muchlis Ahmady”. Komunikasi yang efektif menurut beliau adalah berkomunikasi dengan “bahasa” yang sama, bahasa yang dapat dimengerti oleh seluruh lapisan apakah dalam kelompok, organisasi dan perorangan tanpa ada perbedaan kelas, profesi, tingkat manajerial dan lain sebagainya. Dalam sebuah kegiatan berkomunikasi yang paling mendasar adalah adanya rasa saling percaya dan efisiensi. Kalau sudah percaya, biasanya apapun yang dikatakan pastilah diterima! “ujar Bapak Muchlis”. Komunikasi yang efisien adalah komunikasi yang tidak membutuhkan upaya besar agar mencapai tujuannya. Rasa saling percaya dan efisiensi dalam berkomunikasi tersebut dapat dibangun melalui komunikasi empatik yaitu komunikasi dimana terlebih dahulu mengerti orang lain (lawan bicara) seperti memahami karakter dan maksud/tujuan atau peran orang lain. Kebaikan dan sopan santun yang sekecil apapun begitu penting dalam suatu hubungan.

Faktor lain yang penting dalam berkomunikasi adalah berusaha untuk menjadi pendengar yang baik karena dengan menjadi pendengar yang baik akan memperoleh umpan balik yang lebih jelas diterima, selain itu hubungan kerja akan semakin baik dan lawan berbicara kita akan lebih mudah dalam menyampaikan informasi. Intinya, jika dilakukan dengan tepat, baik dan efektif, komunikasi akan menjadikan salah satu item penting penentu sukses tidaknya sebuah perusahaan.